sistitis kronis

Pencegahan Termudah Bagi Penderita Sistitis Kronis

Sistitis yakni inflamasi atau sebuah peradangan pada kandung kemih yang penyebab utama tidak lain bakteri dan dapat menyebabkan sistitis kronis. Sistitis merupakan jenis infeksi saluran kemih yang umum terjadi pada kalangan wanita. Ini terjadi disebabkan ukuran uretra atau saluran utama kencing keluar dari tempatnya. Penyakit tersebut biasanya terjadi kepada wanita, sebab saluran milik wanita lebih pendek apabila dibandingkan dengan pria. Maka dari itu anus menjadi lebih mudah pindah dan masuk kedalam saluran kemih.

konsultasi

Terdapat Beberapa Tanda Dan Gejala Sistitis Kronis

Terdapat tanda dan gejala dari penyakit ini, tidak hanya tak merasa nyaman ketika berkemih, sistitis kronis dapat menimbulkan infeksi saluran kemih yang mengakibatkan berbagai macam jenis gejala diantaranya :

● Tubuh terasa kurang sehat dan menimbulkan demam.
● Warna urine berubah menjadi lebih keruh dan berbau.
● Penderita akan mengalami demam ringan.
● Sakit atau nyeri pada perut bagian bawah.
● Timbul rasa perih dan sakit atau sensasi terbakar ketika buang air kecil.
● Proses berkemih melebihi batas normal atau dalam jumlah sedikit.
● Kasus sistitis pada anak-anak, gejala sedikit berbeda seperti pada umumnya. Biasanya mereka akan mengalami demam dengan suhu melebihi 38 derajat, nafsu makan menjadi berkurang, sering mengompol, muntah, dan lemas.

konsultasi

Penyebab Dan Faktor Risiko Sisititis

Sistitis disebabkan ketika infeksi terjadi saat bakteri yang biasanya hidup dalam usus atau kulit, masuk dan berkembang biak dalam saluran kemih. Bakteri tersebut masuk kedalam uretra dengan berbagai proses. Mulai dari berhubungan seksual, kebiasaan menyeka anus ke arah vagina atau menggunakan kateter.

Pada kebanyakan masalah tersebut, Escherichia coli menjadi bakteri yang sebabkan timbulnya penyakit tersebut. Infeksi bakteri dalam saluran kemih tersebut kian meningkat ketika seseorang memperoleh gangguan mengosongkan kandung kemih, mengidap diabetes, atau mengalami menopause. Selain itu, resiko terserangnya sistitis kronis menjadi semakin tinggi karena berbagai faktor penyebabnya.

● Menerapkan proses radioterapi.
● Menggunakan obat kemoterapi.
● Menggunakan bahan kimia berlebihan seperti sabun sirih pada area intim.
● Mempunyai penyakit tertentu seperti peradangan kronis pada saluran kemih, pembesaran pada prostat, dan batu ginjal.

sistitis kronis

Tips Mencegah Penyakit Sistitis

Terdapat satu hal yang perlu dipahami dari keluhan penyakit sistitis kronis. Dalam beberapa jenis kasus, sistitis menimbulkan komplikasi jika penggunaannya tidak tepat atau dibiarkan berlarut-larut. Misalnya akan menimbulkan pendarahan pada saluran kemih atau infeksi ginjal.

Riwayat kesehatan serta catatan mengenai kandung kemih akan diminta oleh dokter untuk mengetahuinya gejala yang terjadi. Anda harus jelaskan mengenai kegiatan kandung kemih, seperti cairan yang diminum dan di keluarkan.

Ketika memeriksa pinggul, dokter akan periksa bagian luar kelamin Anda, seperti vagina dan serviks serta perut akan ditahan untuk mengetahui organ internal yang ada pada pinggul. Dokter pun akan memeriksa anus dan kemaluan pasiennya.

konsultasi

Melakukan tes urin, sampel tersebut akan dianalisis sebagai bukti terjadinya infeksi pada urin.

Penderita pun akan memperoleh tes kesensitifan kepada potassium. Dalam proses tersebut, dokter akan memberi dua solusi air dan potassium ke dalam kandung kemih, hanya dalam satu waktu. Anda akan diminta untuk menilai tingkat keparahan serta desakan untuk buang air kecil menggunakan potassium dengan air, dokter akan mendiagnosa sistitis kronis. Kalangan dengan kandung kemih normal tidak akan merasakan perbedaan dalam dua solusi tersebut.

Ketika proses anetesia cystoscopy dokter akan mengambil sampel pada jaringan kandung kemih atau uretra untuk melakukan pemeriksaan menggunakan mikroskop. Hal tersebut dilakukan untuk cek adanya kanker kandung kemih serta masalah langka lain yang sering menyerang bagian tersebut.

Jika Anda sudah tidak nyaman dengan keadaan tersebut dapat segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut bersama dokter di Klinik Apollo yang akan memberi penanganan professional kepada semua pasien. Segera lakukan reservasi dengan mudah bersama kami sekarang di nomer 081233881616, demikian ulasan mengenai sistitis kronis, semoga berikan banyak manfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.