anyang anyangan pada wanita

Mengapa Anyang Anyangan Pada Wanita Dapat Terjadi?

Anyang anyangan pada wanita terjadi ketika uretra meradang (memerah dan membengkak). Urertra adalah tabung yang mengeluarkan urine dari kandung kemih ke luar tubuh. Uretra bisa menjadi bengkak dan menyebabkan rasa sakit yang membakar ketika kencing. Kemungkinan juga merasa sakit saat berhubungan seksual. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit di perut atau di panggul (pelvic). Keputihan uretra atau keputihan vagina juga dapat terjadi.

Apa Itu Anyang Anyangan?

Anyang anyangan pada wanita adalah perasaan sakit, terbakar atau ketidaknyamanan saat kencing. Meskipun anyang anyangan sering menunjukkan adanya infeksi saluran kemih (ISK), namun dapat memiliki berbagai penyebab. Anyang anyangan harus selalu memicu pemeriksaan dengan dokter untuk evaluasi dan diagnosis.

Anyang anyangan adalah hal biasa yang merupakan persentase signifikan dari dokter. Gejalanya lebih sering terjadi pada wanita terutama pada wanita remaja dan orang-orang yang aktif secara seksual. Sebagian besar waktu, anyang anyangan akan disebabkan oleh infeski saluran kemih (ISK) yang sederhana, akan tetapi evaluasi lengkap oleh dokter diperlukan untuk mendiagnosis yang tepat terutama jika gejalanya muncul kembali (kekambuhan).

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Anyang Anyangan?

Anyang anyangan pada wanita disebabkan oleh infeksi bakteri atau infeksi virus. Infeksi semacam itu dapat menyebabkan kondisi seperti ISK atau penyakit menular seksual (PMS). Anyang anyangan juga dapat disebabkan oleh cedera atau sensitifitas atau alergi terhadap bahan kimia dalam lotion dan produk lainnya. Pada kebanyakan hal yang dapat menyebabkan anyang anyangan pada orang yang memiliki vagina. Beberapa penyebab umumnya adalah:

• Vaginitis : ketika vagina atau culva mengalami infeksi atau iritasi.
• Infeksi saluran kemih (ISK) : infeksi pada saluran kemih termasuk kandung kemih dan uretra.
• Penyakit menular seksual (PMS) tertentu seperti klamidia, gonore (kencing nanah) dan herpes.
• Masalah dengan ginjal seperti infeksi atau batu ginjal.
• Reaksi terhadap sabun, parfum dan produk pribadi lainnya.

Jika merasa sakit atau terasa terbakar ketika kencing. Lakukan pemeriksaan dengan dokter. Salah 1 cara untuk mengetahui kondisi yang terjadi, sehingga bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

konsultasi

Anyang Anyangan Pada Wanita Dan Gejala Lainnya

Beberapa gejala anyang anyangan pada wanita meliputi:

• Terasa nyeri, terbakar atau menyengat saat kencing.
• Kondisi yang sering terjadi pada wanita.
• Rasa sakitnya biasanya terjadi pada anak kecil saat mengeluarkan air seni.
• Perasaan tidak sabar untuk kencing dapat terjadi yang disebut urgensi.
• Urine yang mengalir sedikit (hanya beberapa tetes) sekaligus juga dapat terjadi dan disebut frekuensi kencing.
• Tidak disebabkan oleh cedera pada alat kelamin.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Anyang Anyangan?

Dokter biasanya akan meninjau riwayat yang akan mencakup mengenai kesehatan secara keseluruhan dan episode riwayat anyang anyangan. Frekuensi anyang anyangan dan riwayat seksual dan riwayat sosial akan sering dilakukan pemeriksaan. Tingkat pemeriksaan fisik akan tergantung hingga batas tertentu pada riwayatnya.

Pemeriksaan biasanya akan meliputi pemeriksaan perut dan seringnya pemeriksaan genitalia ekternal dan pemeriksaan ginekologis untuk wanita. Sampel urine akan diperoleh. Tes atau pengujian dipstick pada urine sering dapat dilakukan dan memberikan informasi lebih lanjut mengenai penyebab anyang anyangan.

Tes atau pengujian dipstick ini dapat menunjukkan adanya bakteri dan darah (ke 2 nya umum pada penderita dengan ISK). Sampel dianalisis di laboratorium dimana dilakukan pemeriksaan dibawah mikroskop (untuk mengkonfirmasi keberadaan darah atau sel darah putih). Kultur urine dilakukan untuk melihat adanya bakteri yang tumbuh (ke 2 nya mengkonfirmasi infeksi bakteri serta mengindentifikasi bakteri yang menyebabkan infeksi).

anyang anyangan pada wanita

Cara Tepat Mengobati Anyang Anyangan Pada Wanita

Penyebab paling umum dari anyang anyangan pada wanita adalah ISK. Infeksi diobati dengan pengobatan antibiotik. Berdasarkan pola ISK, dokter dapat merekomendasikan pengobatan yang optimal. Jika dibiakan menunjukkan bakteri resisten terhadap pengobatan awal. Dokter kemungkinan mengganti pengobatan begitu hasil biakannya diketahui.

Jika penyebab anyang anyangan tidak menular, dokter dapat melakukan tes atau pengujian dan pengobatan lebih lanjut. Pengobatan tergantung pada penyebab anyang anyangan. Jika itu karena infeksi bakteri, pengobatan antibiotik (pengobatan yang melawan infeksi) akan diberikan. Dokter dapat memberikan pengetahuian tentang pemilihan pengobatan yang terbaik.

Gejalanya dapat diobati untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak, pengobatan antiinflamasi dapat diberikan. Jika tidak segera diobati, gejalanya kemungkinan memburuk. Ini juga dapat menyebabkan jaringan parut terbentuk di uretra dan menyebabkan menyempit serta bisa memicu penyakit radang panggul (PID).

Pengobatan lebih lanjut bisa dilakukan di Klinik Apollo. Hubungi kami segera di nomor 081233881616 atau bisa juga dengan melakukan konsultasi online seperti dibawah ini. Pengobatan yang dilakukan sangat aman dan efektif. Pelayanan yang dilakukan juga sangat baik. Begitupun biaya pengobatannya sangat terjangkau.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.