gejala endometriosis

Mengalami Gejala Endometriosis, Wanita Sulit Hamil?

Gangguan kesuburan atau gejala endometriosis merupakan masalah yang membuat wanita merasa khawatir, terutama bagi mereka yang ingin mempunyai keturunan. Nah dari banyaknya gangguan kesuburan endometriosis merupakan salah satu kondisi yang harus anda waspadai. Lantas seperti penyakit endometriosis yang bisa sebabkan gangguan kesuburan pada kalangan wanita?

Baca juga: Penyakit Endometriosis Sulit Disembuhkan, Namun Bisa Diatasi

konsultasi

Apakah Wanita Dengan Gejala Endometriosis Sulit Hamil?

Gejala endometriosis merupakan sebuah gangguan di bagian sistem reproduksi yang menimbulkan masalah dimana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim tidak normal, atau berada di luar rongga rahim. Padahal, dalam keadaan normal jaringan tersebut akan menebal, ketika seorang wanita mengalami ovulasi.

Kondisi tersebut merupakan menjadi persiapan agar janin dapat menempel pada rahim apabila ada proses pembuahan. Namun, jika tidak ada pembuahan, endometriosis yang sudah menebal akan mencair dan keluar dalam bentuk darah haid.

Nah ketika seorang wanita mengidap penyakit satu ini, jaringan yang sudah mengalami penebalan tersebut akan meluruh ketika siklus haid datang. Masalahnya, karena letaknya berada di luar rahim, darah tersebut akan mengendap dan tidak bisa keluar dari dalam tubuh.

Maka sia-sisa endometriosis akan mengendap di bagian organ reproduksi. Anda harus waspada dengan kondisi satu ini, sebab jika terjadi dalam jangka panjang akan menimbulkan jaringan parut, peradangan, iritasi, kista, hingga berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Nah yang harus anda pahami, penyakit ini merupakan salah satu penyebab wanita menjadi tidak subur. Menurut beberapa ahli medis, terdapat indikasi kemandulan terjadi kepada kalangan wanita yang mengidap gejala endometriosis.

konsultasi

gejala endometriosis

Kenali Gejala Endometriosis Pada Umumnya

Gejala umum dari penyakit endometriosis yakni timbulnya rasa nyeri dari pada umumnya ketika masuk siklus haid. Tidak hanya itu, beberapa kalangan wanita bahkan akan merasa sakit ketika buang air kecil atau besar dan berhubungan seksual.

Pada beberapa kasus, penyakit endometriosis bisa menyebabkan rasa nyeri yang menjalar pada perut bagian bawah, kaki, dan punggung. Bahkan beberapa kalangan akan mengalami gejala berupa kram yang disertai dengan mual, muntah dan diare.

Nah kondisi yang mengkhawatirkan lagi, gejala dari penyakit ini ditandai dengan perdarahan dalam siklus haid yang berlebihan, munculnya perdarahan pada urin dan kotoran. Yang perlu anda pahami, gejala dari penyakit ini berbeda antara satu wanita dengan kalangan lainnya.

Tidak hanya itu, kemungkinan besar masalah ini ditandai dengan gejala yang tidak kami sebutkan diatas. Jika anda merasa cemas, segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik di Klinik Apollo Jakarta.

konsultasi

Faktor Penyebab Penyakit Endometriosis

Lalu apa yang menyebabkan kondisi yang cukup meresahkan kaum wanita ini? Sayangnya sampai sekarang belum diketahui secara pasti mengenai penyebab tumbuhnya jaringan endometrium tidak normal tersebut.

Namun terdapat dugaan jika kondisi ini terjadi karena dinding rahim yang luruh ketika menstruasi gagal dikeluarkan dari tubuh, sehingga akan melekat pada organ panggul.

Walaupun begitu, sebuah teori tidak menjelaskan bahwa endometriosis yang terjadi pada kalangan wanita yang sudah menjalankan proses pengangkatan rahim. Selain itu, beberapa masalah seperti bekas operasi dan perubahan sel embrio juga dapat memicu gejala endometriosis.

Jika anda ingin tahu masalah ini lebih lanjut atau mempunyai keluhan kesehatan lainnya bisa segera diskusikan bersama dokter kami di Klinik Apollo terbaik jakarta.

Semua proses penanganan akan dijalankan dengan metode modern dan terjamin. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai gejala endometriosis, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.