penyakit keputihan pada wanita

Komplikasi Penyakit Keputihan Pada Wanita

Keputihan merupakan sebuah cairan yang keluar dari vagina, lalu apa saja penyakit keputihan pada wanita?. Sekresi terdiri dari dua macam jenis yakni alami dan kelainan. Keputihan yang alami merupakan sekresi yang masih bersifat normal. Karakter dari sekresi ini diantaranya berjumlah tidak berlebihan, bening, tidak berbau, cair, dan tidak menyebabkan gatal.

Keputihan alami bisa terjadi karena perubahan hormonal pada siklus haid, kehamilan, menggunakan alat kontrasepsi, dan kegiatan seksual. Sementara itu, keputihan tidak normal merupakan cairan yang abnormal. Keputihan ini mempunyai sifat bau, gatal, dan jumlahnya berlebihan. Penyebabnya karena proses infeksi, adanya benda asing, alergi, atau tumor di saluran reproduksi wanita.

Baca juga: Jenis Dan Ciri Keputihan Pada Wanita

konsultasi

Bagaimana Komplikasi Penyakit Keputihan Pada Wanita

Jika tak segera ditangani secara maksimal, keputihan bisa menyebabkan radang panggul yang cukup kronis. Hal tersebut akan berpengaruh kepada kesuburan Anda dan kemudian hari bisa membuat sel telur yang dibuahi menempel pada organ selain rahim.

Jika Anda menderita keputihan selama masa kehamilan dan tidak diatasi dengan cepat, maka akan berisiko mengalami keguguran, ketuban pecah, dan kelahiran secara premature.

Dokter akan melakukan diagnosis penyebab keputihan ketika Anda konsultasi, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan yang menunjang. Pada diskusi tersebut, dokter akan menanyakan gejala yang dirasakan, kapan keputihan mulai di rasakan, sifat keputihan yang Anda alami, penggunaan KB, hubungan seksual, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, riwayat menstruasi dan pertanyaan lainnya.

Pada pemeriksaan fisik, dokter akan cek area panggul dan genital Anda. Setelah itu, dokter bisa melakukan pemeriksaan secara penunjang, seperti pemeriksaan PH sekresi keputihan dan pemeriksaan usap vagina. Jika terdapat indikasi khusus, pemeriksaan lainya seperti USG atau darah bisa Anda lakukan.

konsultasi
Pada umumnya penyakit keputihan pada wanita akan menimbulkan gejala berupa perubahan cairan yang keluar. Kondisi ini bisa disertai dengan salah satu tanda seperti nyeri pada vagina, gatal, adanya sensasi nyeri ketika buang air kecil, pendarahan ketika menstruasi, serta pendarahan setelah hubungan intim bersama pasangan.

Selain itu, tanda keputihan bisa dibedakan berdasarkan beberapa penyebabnya. Keputihan yang timbul karena jamur biasanya tidak mempunyai bau, bersifat gatal dan menyebabkan kemerahan di luar vagina. Keputihan yang disebabkan oleh vaginosis bakterialis biasanya mempunyai cairan yang berwarna abu-abu serta menimbulkan bau amis.

Sekresi yang disebabkan oleh infeksi menular seksual seperti klamidia menyebabkan rasa nyeri di bagain tulang panggul atau ketika buang air kecil. Cairan yang disebabkan oleh penyakit keputihan pada wanita trikomoniasis biasanya berwarna kuning kehijauan,berbau, berbusa, disertai rasa perih ketika buang air kecil.

konsultasi

 penyakit keputihan pada wanita

Pengobatan Penyakit Keputihan Pada Wanita

1.Keputihan akibat jamur candida

Dokter akan berikan obat antijamur dalam bentuk gel yang dimasukan kedalam vagina, atau antijamur tablet yang diminum

2.Keputihan akibat vaginosis bakterial

Obatnya tidak lain yakni antibiotic, bisa diberikan melalui vagina atau diminum

3.Keputihan akibat klamidia

Bisa diobati dengan antibiotik satu kali minum atau selama 7 hari berrurut-turut.

4.Keputihan akibat trikomoniasis

Dokter akan memberi obat, pada penyakit keputihan pada wanita klamidia dan trikomonas, pasangan seksual juga harus mendapatkan penanganan yang sama.

Keputihan bisa disebabkan oleh proses normal pada tubuh atau adanya infeksi. Keputihan akibat infeksi paling sering disebabkan oleh beberapa jenis masalah seperti jamur, bakteri dan protozoa. Infeksi pada vagina bisa disebabkan oleh kurangnya kebersihan pada area vagina, ketidakseimbangan kuman pada vagina, dan hubungan seksual yang terjadi.

Bagi Anda yang mengalami tanda dan gejala diatas bisa lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan terbaik dan akurat. Lakukan reservasi sekarang di 081233881616. Demikian mengenai penyakit keputihan pada wanita, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.