cara mengatasi keputihan

Ketahui Berbagai Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Keputihan bisa abnormal (tidak normal) atau normal. Namun harus tetap mencari cara mengatasi keputihan sesegera mungkin jika mengalaminya. Meskipun dalam kebanyakan kasus tidak menandakan masalah. Keputihan normal jernih kemungkinan tebal atau tipis dan biasanya tidak berbau.

Jumlah yang dihasilkan dan konsistensi dapat berubah pada waktu yang berbeda selama siklus menstruasi setiap bulannya seorang wanita. Misalnya keluarnya cairan biasa menjadi lebih berat, lebih tebal dan lebih terlihat ketika seorang wanita berovulasi. Kemungkinan juga dapat berwarna putih. Jumlah cairan yang keluar juga dapat berubah karena aktifitas seksual dan penggunaan alat kontrasepsi.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Keputihan?

Keputihan adalah cairan yang mengandung campuran sekresi vagina dan lendir serviks (leher rahim). Jumlah keputihan yang diproduksi bervariasi dari wanita ke wanita akan tetapi seringkali normal dan sehat. Kehamilan, perubahan hormon atau adanya infeksi juga dapat mempengaruhi konsistensi dan jumlah keputihan.

Biasanya keputihan muncul setelah seseorang mengalami periode menstruasi pertamanya dan memiliki beberapa fungsi. Secara alami menjaga kebersihan vagina, memberikan pelumasan selama hubungan seksual dan dapat membantu mencegah infeksi. Namun harus tetap mencari cara mengatasi keputihan dengan tepat.

Apa Yang Menyebabkan Keputihan?

Keputihan normal adalag fungsi tubuh yang sehat. Ini cara tubuh membersihkan dan melindungi vagina. Misalnya, sangat normal untuk pengeluaran cairan pada saat gairah seksual dan pada saat ovulasi meningkat. Olahraga, penggunaan pil KB dan stress emosional juga dapat menyebabkan keluarnya cairan.

Keputihan adalah bagian yang sepenuhnya normal dari cara tubuh mempertahankan vagina yang sehat. Akan tetapi perubahan bisa terjadi jika keseimbangan normal bakteri sehat (kuman) di vagina terganggu. Banyak hal yang dapat mengganggu keseimbangan vagina yang sehat termasuk beberapa hal sebagai berikut:

• Douching.
• Spray kebersihan wanita.
• Sabun mandi atau busa tertentu.
• Antibiotik.
• Kehamilan.
• Infeksi.

konsultasi

Apa Saja Gejala Pada Keputihan?

Keputihan biasanya jernih atau seperti susu dan tidak berbau. Warna dan ketebalan perubahan debit dengan siklus setiap bulannya. Cairan lebih tebal ketika berovulasi (ketika salah 1 ovarium melepaskan sel telur), saat menyusui atau ketika sangat bersemangat secara seksual. Selain itu juga harus mewaspadai gejala infeksi jamur, vaginosis bakteri dan trikomoniasis, 3 infeksi ini yang dapat menyebabkan perubahan pada keputihan.

1. Gejala Infeksi Ragi
• Berwarna putih seperti keju.
• Pembengkakan dan rasa sakit di sekitar vulva.
• Terasa gatal-gatal yang hebat.
• Hubungan seksual yang menyakitkan.

2. Gejala Vaginosis Bakteri
• Keputihan berwarna putih, abu-abu dan kekuningan.
• Bau amis yang paling kuat setelah berhubungan seksual atau setelah mencuci degan sabun.
• Terasa gatal atau seperti terbakar.
• Kemerahan dan pembengkakan pada vagina atau pada vulva.

3. Gejala Trikomoniasis
• Cairan berwarna kekuningan atau kehijauan.
• Bau yang tidak menyenangkan.
• Terasa nyeri dan terasa gatal saat kencing.
• Terlihat jelas setelah haid.

konsultasi

Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mendiagnosisnya

Jika keputihan meningkat, berubah warna atau berbau atau tiba-tiba terasa gatal dan iritasi, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter dan segera mencari cara mengatasi keputihan dengan cepat. Kemungkinan adanya infeksi jamur, vaginosis bakteri atau trikomoniasis. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk membuat diagnosis. Tes atau pengujian akan mencakup menanyakan mengenai gejalanya. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan panggul (pelvic) untuk mencari pembengkakan dan keputihan lalu dilakukan beberapa cara mengatasi keputihan dengan benar.

cara mengatasi keputihan

Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cepat?

AdA Berbagai metode pengobatan atau cara mengatasi keputihan, tergantung pada apa yang menyebabkan keputihan abnormal (tidak normal). Berikut ini beberapa cara mengatasi keputihan berdasarkan penyebabnya, diantaranya:

• Pengobatan Infeksi Jamur
Infeksi ragi biasanya diobati dengan pengobatan yang dimasukkan ke dalam vagina. Infeksi ragi juga dapat diobati dengan pengobatan oral. Jika sering mengalami infeksi jamur, dokter kemungkinan menyarankan untuk menggunakan pengobatan lain. Akan tetapi jika penyebabnya berkaitan dengan vaginitis maka lakukan konsultasi ulang dengan dokter. Banyak hal lain selain infeski jamur dapat menyebabkan vaginitis.

• Pengobatan Bakteri Vaginosis
Vaginosis bakteri diobati dengan pengobatan antibiotik.

• Pengobaan Trichomoniasis
Biasanya dengan pengobatan antibiotik oral.

Pasangan seksual Anda juga harus dilakukan pengobatan. Konsultasikan dengan dokter jika aktif secara seksual. Kemungkinan harus menghindari hubungan seksual atau dengan menggunakan kondom hingga pengobatannya selesai. Pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Dengan menghubungi nomor kami di 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.