keputihan adalah

Keputihan Adalah Cairan Untuk Menjaga Kebersihan Wanita

Keputihan adalah sebagai cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar di vagina dan serviks (leher rahim). Cairan membawa sel-sel mati dan bakteri keluar dari tubuh dan keputihan membantu menjaga vagina agar tetap bersih dan mencegah infeksi. Keputihan normal bervariasi dalam jumlah dan rentang warna. Keputihan kemungkinan memiliki sedikit bau juga, bau amis adalah tanda infeksi.

Ada kalanya jumlah debit dapat berubah. Dalam 2 hari hingga 3 hari setelah periode berakhir, ada cairan yang berwarna putih dan tebal. Beberapa hari kemudian, keputihan berubah menjadi lebih mirip lendir. Sebelum ovulasi, keputihan menjadi bening dan lengket dan sebelum periode berikutnya, keputihan sangat kental dan berwarna putih. Keputihan selama kehamilan itu tipis, berwarna putih susu dan berbau ringan. Jumlah keputihan juga dapat meningkat selama kehamilan. Namun, selama pra menopause dan menopause, debit menurun karena kadar hormon estrogen yang rendah.

konsultasi

Pengertian Umum Keputihan Adalah

Keputihan adalah kombinasi cairan dan sel-sel yang terus menerus mengalir melalui vagina. Keputihan normal dapat membantu menjaga jaringan vagina tetap sehat, memberikan pelumasan, dan melindungi dari infeksi dan iritasi. Jumlah, warna dan konsistensi keputihan normal bervariasi dari keputihan yang lengket hingga bening dan berair tergantung pada tahap siklus reproduksi (menstruasi).

Keputihan yang tidak normal (abnormal) misalnya cairan dengan bau yang tidak biasa atau penampilan atau keputihan yang terjadi secara bersamaan dengan rasa gatal atau nyeri yang kemungkinan merupakan tanda bahwa adanya sesuatu yang salah. Keputihan adalah cairan yang dikeluarkan dari kelenjar yang kecil di vagina dan di serviks (leher rahim).

Cairan ini keluar dari vagina setiap hari untuk mengangkat sel-sel tua dan puing-puing, menjaga vagina dan saluran reproduksi tetap bersih dan sehat. Jumlah keputihan dapat sangat bervariasi dari orang ke orang. Warna, konsistensi dan jumlah juga dapat berubah dari hari ke hari, tergantung di mana seseorang berada dalam siklus menstruasinya.

konsultasi

Penyebab Dasar Keputihan Adalah

Sebagian besar penyebab keputihan adalah seperti infeksi ragi, vaginosis bakteri atau gejala menopause yang relatif tidak berbahaya, akan tetapi bisa menjadi tidak nyaman. Keputihan adalah gejala infeksi tertentu. Karena ini dapat menyebar atau menular untuk melibatkan rahim, indung telur dan saluran tuba serta dapat diteruskan ke pasangan seksual. Keputihan berwarna kecoklatan atau bernoda seperti darah bisa menjadi tanda kanker serviks (leher rahim).

Vagina adalah organ yang membersihkan dan melindungi. Ada berbagai mikroorganisme (misalnya, bakteri dan ragi) yang secara alami hidup didalamnya. Bakteri ini dapat bekerja sama secara seimbang untuk melindungi dari infeksi. Terkadang keseimbangan ini dapat berubah dan menyebabkan keputihan abnormal (tidak normal). Kemungkinan berbau berbeda dari biasanya dan kemungkinan terasa gatal dan merah.

Penyebab ketidakseimbangan ini tidak selalu dipahami, akan tetapi termasuk reaksi alergi, kesehatan dan diet secara keseluruhan, serta beberapa pengobatan. Pengobatan antibiotik dapat membunuh bakteri baik di vagina sehingga memungkinkan ragi dan bakteri jahat tumbuh terlalu cepat. Seringkali ketidakseimbangan ini melibatkan perubahan pada pH vagina. Perubahan hormon, darah menstruasi, aktifitas seksual, douching, menggunakan sabun atau bahan kimia lain di dalam tubuh adalah semua faktor yang dapat mengubah pH vagina.

Infeksi atau ketidakseimbangan vagina yang sangat umum adalah Bacterial Vaginosis (BV). Gejalanya jika ada termasuk keputihan dengan cairan ekstra dan bau yang berbeda. Sementara BV tidak dianggap sebagai infeksi menular seksual (IMS), aktifitas seksual dapat berperan dalam menyebabkan BV.

konsultasi

Apa Saja Tanda Dan Gejala Keputihan Pada Wanita

Tanda dan gejala keputihan adalah:

• Keputihan berwarna kekuningan, tebal atau seperti keju.
• Bau vagina yang kuat.
• Kemerahan, gatal, terbakar atau iritasi pada vagina atau area kulit yang mengelilingi vagina dan uretra (vulva).
• Perdarahan atau bercak tidak terkait dengan menstruasi.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Keputihan

Konsultasikan dengan dokter jika keputihan memiliki bau atau penampilan yang tidak biasa. Lakukan pemeriksaan jika mengalami rasa gatal, rasa sakit atau ketidaknyamanan, debit yang berbusa atau seperti keju, perdarahan diantara periode atau setelah menopause, bercak setelah berhubungan seksual secara teratur, debit berwarna abu-abu, hijau atau kuning, bau yang sangat kuat, sensasi terbakar saat kencing. Dokter akan melakukan pemeriksaan panggul (pelvic). Selain itu juga dengan mengambil sampel keputihan untuk dilakukan tes dan pengujian.

keputihan adalah

Cara Atasi Keputihan Pada Wanita

Pengobatan akan tergantung pada penyebab keputihan. Mulai pengobatan atau alat pencegah kehamilan hingga pengobatan antibiotik. Dokter akan menjelaskan mengenai pengobatan nya. Terkadang tidak memerlukan pengobatan karena debitnya normal. Pengobatan untuk keputihan akan tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Untuk infeksi jamur, bisa mendapatkan pengobatan anti jamur akan tetapi harus mengkonsultasikannya dengan dokter sebelum melakukan pengobatan yang lainnya. Untuk vaginosis bakteri memerlukan pengobatan resep dari dokter. Pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Apollo yang ditangani secara langsung oleh dokter ahli yang sudah banyak berpengalaman didalam bidangnya. Hubungi kami di nomor 081233881616 atau dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.