keputihan coklat

Kenapa Terjadi Kondisi Keputihan Coklat?

Keputihan merupakan hal wajar yang dialami wanita dalam berbagai jenis usia, lalu bagaimana dengan keputihan coklat?. Namun bisa berbeda artinya jika keputihan yang terjadi dengan perubahan warna. Keputihan berwarna coklat misalnya, baik coklat muda atau gelap, bisa menjadi salah satu tanda kondisi darurat pada tubuh Anda.

Keputihan dengan perubahan warna, termasuk coklat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan. Apalagi jika keputihan disertai dengan bau, berlebih dan terasa gatal. Mengetahui penyebab keputihan coklat, penting agar Anda bisa menanganinya sejak dini.

Baca juga: Komplikasi Penyakit Keputihan Pada Wanita

konsultasi

Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Coklat?

Keputihan dengan warna coklat pada umumnya terjadi di masa akhir periode haid atau masa kehamilan. Jika keputihan Anda tidak hanya berwarna, bau atau disertai gejala gatal, maka bisa jadi ini merupakan tanda adanya gangguan kesehatan.

Normalnya, keputihan dengan warna coklat terjadi di akhir periode haid atau masa kehamilan. Selain terjadi di akhir menstruasi dan pada kehamilan, keputihan dengan warna coklat juga terjadi di beberapa kondisi tertentu seperti:

konsultasi
1.Pendarahan disebabkan implantasi janin

Proses pelekatan telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim bisa menyebabkan keluarnya bercak darah yang dikenal dengan implantasi. Bercak implantasi janin bisa hadir dengan warna merah, merah muda atau coklat muda.

2.Atrofi vagina

Kondisi yang dikenal sebagai vaginitis atrofi ini terjadi karena kekurangan hormone jenis estrogen dan sering terjadi setelah wanita masuk masa menopause. Pada vaginitis jenis ini, vagina mengalami peradangan dan produksi lubrikasi menjadi turun.

3.Polip rahim

Polip rahim bisa menjadi penyebab kemunculan sekresi berwarna coklat, tidak hanya keputihan saja, gejala lain seperti pendarahan setelah berhubungan seksual atau menstruasi yang banyak, bisa terjadi jika Anda alami polip rahim.

4.Servisitis

Walaupun pada umumnya penderita radang leher rahim tidak memperoleh tanda dan gejala apapun, beberapa penderita mungkin akan alami keputihan coklat atau mengandung darah.

5.Kanker serviks

Keputihan dengan warna coklat bisa menjadi tanda adanya kanker serviks, tanda lain dari kanker yakni nyeri dibagian bawah perut atau panggul, nyeri ketika berhubungan seksual, pendarahan pada vagina di luar siklus haid atau menopause dan ketika berhubungan seksual.

konsultasi

keputihan coklat

Cara Mengobati Keputihan Berwarna Coklat

Penanganan keputihan coklat perlu disesuaikan dengan kondisi atau penyakit yang menjadi dasarnya. Berikut merupakan beberapa cara atasi keputihan dengan warna coklat sesuai penyebabnya.

Implantasi janin

Pada umumnya keputihan dengan warna coklat disebabkan karena implantasi janin akan berhenti dengan sendirinya. Namun apabila sekresi berwarna ini terus datang atau disertai dengan bercak darah dalam jumlah banyak, kami sarankan Anda konsultasi bersama dokter segera.

Atrofi vagina

Anda kami sarankan untuk menggunakan pelembab khusus, menggunakan pelumas ketika berhubungan seksual, hingga terapi hormone.

Polip rahim

Polip rahim terkadang bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu menjalankan pengobatan. Namun tindakan operasi mungkin akan direkomendasikan oleh dokter, agar polip yang bersarang pada rahim bisa diangkat sebelum menimbulkan keluhan lainnya.

Servisitis

Jika servisitis yang terjadi disebabkan oleh reaksi alergi, maka hindari paparan penyebab alergi tersebut. Namun jika servisitis disebabkan oleh penyakit menular seksual, maka dokter akan memberi pengobatan yang sesuai.

Kanker serviks

Apabila keputihan yang Anda alami disebabkan oleh kanker serviks, maka pilihan pengobatan bisa dilakukan dengan kemoterapi, operasi atau radioterapi. Pengobatan yang dijalankan akan disesuaikan dengan kondisi fisik dan tingkatan kanker yang menyerang Anda.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, Anda bisa lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Untuk reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai keputihan coklat, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.