sistitis

Kecenderungan Sistitis Pada Wanita Apakah Bisa Diobati?

Sistitis adalah radang kandung kemih yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Kemungkinan besar mempengaruhi wanita, akan tetapi pria dan anak-anak juga bisa terkena. Kondisi ini adalah jenis umum infeksi saluran kemih (ISK) bagian bawah. Saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter (tabung yang menghubungkan setiap ginjal dengan kandung kemih), kandung kemih dan uretra. Penularan kondisi ini ketika bakteri masuk ke kandung kemih melalui uretra, saluran yang membawa urine keluar dari tubuh.

konsultasi

Apa Itu Sistitis?

Sistitis adalah infeksi kandung kemih yang selalu mengikuti infeksi bakteri dalam urine. Ini adalah jenis ISK yang paling umum pada wanita. Kandung kemih adalah organ berotot yang menyimpan urine dari ginjal. Urine meninggalkan tubuh melalui tabung yang disebut uretra. Kondisi ini terjadi ketika bakteri melakukan perjalanan ke uretra, menginfeksi urine dan lapisan kandung kemih.

Pada kebanyakn wanita akan mengalami kondisi ini setidaknya 1 kali dalam hidupnya. Meskipun menyakitkan dan menjengkelkan namun tidak berbahaya atau menular dan infeksi tidak dapat ditularkan pada pasangan seksual saat berhubungan seksual. Jika tidak segera diobati, infeksinya dapat masuk lebih dalam ke sistem urine dari kandung kemih dan mencapai ginjal. Infeksi ginjal serius memerlukan perhatian medis sesegera mungkin karena dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau bahkan gagal ginjal.

Apa Yang Menjadi Penyebab Kondisi Ini?

Bakteri yang paling umum yang menyebabkan ISK adalah Escherichia Coli (E. Coli). Bakteri sering ditemukan ketika urine dilakukan pemeriksaan di bawah mikroskop. Tes atau pengujian ini disebut mikroskop dan kultur urine. E. Coli umumnya ditemukan di saluran pencernaan dan usus. Dalam kondisi yang normal tidak berbahaya. Namun E. Coli tumbuh subur di lingkungan asam kandung kemih dimana dapat menggandakan dan menggelembungkan lapisan kandung kemih.

Baca Juga : Cystitis Adalah Peradangan Yang Terjadi Pada Kandung Kemih

konsultasi

Apa Saja Gejala Sistitis Pada Wanita?

Kondisi ini bisa ringan hingga berat, gejalanya dapat meliputi:

• Sering kencing jika hanya beberapa tetes.
• Rasa sakit yang membakar atau sensasi panas saat kencing.
• Urine yang berbau kuat.
• Urine yang keruh atau berdarah.
• Nyeri di perut bagian bawah.
• Darah di urine.
• Ketidaknyamanan saat kencing.
• Kencing yang terdesak.
• Kelelahan atau tidak sehat.
• Demam.
• Kebingungan.

Terkadang gejalanya muncul sangat tiba-tiba. Sensasi terbakar atau menyengat ketika kencing. Kondisi ini bisa ringan atau sangat buruk sehingga mempengaruhi aktifitas setiap harinya. Gejala kemih juga dapat disebabkan oleh kondisi selain kondisi ini terutama pada orang dewasa dan perokok aktif. Jika gejalanya tidak membaik setelah beberapa hari, dan jika adanya darah dalam urine maka harus mengkonsultasikan dengan dokter.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?

Sistitis bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi jika gejalanya memburuk atau tidak sembuh, maka harus mengkonsultasikannya dengan dokter. Biasanya dengan mengesampingkan kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala. Jika seorang pria dan anak-anak memiliki gejala kemih, ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter.

Dengan mengkonsultasikannya dan dilakukan pemeriksaan, selain itu riwayat kesehatan secara umum juga. Diagnosis kondisi ini dari gejala tanpa melakukan tes atau pengujian apapun. Akan tetapi kemungkinan sampel urine dilakukan untuk memeriksa tanda-tanda infeksi bakteri. Tergantung pada hasilnya, sampel dianalisis di laboratorium lebih lanjut. Jika menderita kondisi ini tanpa gejala apapun terutama jika berusia diatas usia 65 tahun. Maka dapat dilakukan dengan menjalani tes atau pengujian urine karena alasan lain atau jika mengalami komplikasi lain.

sistitis

Cara Ampuh Mengobati Sistitis Wanita

Gejala awal sistitis biasanya berupa perasaan tegang yang samar saat kencing. Kemungkinan untuk menyingkirkan kondisi yang ringan setelah itu dengan mengambil tindakan. Beberapa saran berikut ini dapat meringankan gejala yang dialami, seperti:

• Mengkonsumsi banyak cairan.
• Hindari makanan atau minuman asam karena dapat memperparah rasa terbakar saat kencing.

Jika pengobatannya tidak berhasil, maka bisa dilakukan dengan pengobatan lain. Dengan tes atau pengujian urine untuk memeriksa mikroorganisme yang ada. Kondisi ini dapat diobati dengan pengobatan antibiotik (lebih dari 1 pengobatan). Gejala kondisi ini yang teratur atau berat memerlukan penangan yang serius karena gangguan mendasar seperti batu ginjal atau infeksi ginjal bisa menjadi pemicunya.

Namun Anda tidak perlu khawatir mengenai pengobatan untuk kondisi ini. Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau bisa juga dengan melakukan konsultasi secara online seperti dibawah ini. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo. Klinik dengan peralatan medis yang sudah canggih dan modern.

Baca Juga : Sistitis Adalah Radang Pada Organ Kemih

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.