jenis keputihan

Jenis Keputihan Berbahaya Pada Wanita

Keputihan sudah menjadi masalah sejak lama yang cukup kompleks dialami oleh sebagian kalangan wanita, lalu apa saja jenis keputihan?. Masalah ini sering menjadi hal yang mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri pada seorang wanita yang sudah menikah.

Jadi kehadiran cairan keputihan seringkali menimbulkan aroma bau yang tidak sedap, belum lagi jumlahnya cukup banyak, yang sering menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi penderita. Akibatnya banyak kalangan wanita yang mengeluhkan keluarnya sekresi dari bagian organ kewanitaannya.

Namun tahukah Anda, bahwa keputihan sebenarnya hal wajar dan normal terjadi pada kalangan wanita. Bahkan kondisi tersebut bisa terjadi secara berkala setiap tahunnya. Sama halnya dengan masa menstruasi, keputihan bisa keluar setiap bulan secara berkala.

Hanya saja keputihan yang keluar setiap bulan jenisnya normal dan tidak menimbulkan bahaya. Bahkan jenis keputihan ini sering menjadi tanda bahwa seorang wanita sedang menjalani masa subur, yakni dimana sel telur dilepaskan dan siap untuk dibuahi.

Baca juga: Komplikasi Penyakit Keputihan Pada Wanita

konsultasi

Bagaimana Jenis Keputihan Berbahaya Pada Wanita

Keputihan abnormal pada umumnya disebabkan oleh adanya infeksi yang menyerang dibagian organ genital. Kondisi ini terkadang menjadi indikasi adanya penyakit tertentu yang menyerang bagian tersebut, dimana hal ini harus Anda perhatikan dengan baik. Berikut beberapa jenis keputihan abnormal dan berbahaya:

1.Keputihan coklat dengan cairan disertai darah

Salah satu tanda keputihan yang abnormal yakni datangnya dengan menunjukan perubahan warna, karena dengan perubahan tersebut, Anda menjadi lebih mudah untuk memahami kondisi tidak normal ini. Pada keputihan yang normal, umumnya keluar dalam bentuk lendir putih atau bening. Namun pada beberapa kasus, ada juga sekresi yang muncul dengan warna coklat disertai darah.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh siklus menstruasi yang tidak berjalan teratur. Namun tetap saja kondisi ini harus Anda waspadai, karena bisa saja kondisi ini menimbulkan kanker serviks yang berbahaya jika tidak segera ditangani sedini mungkin.

konsultasi

 jenis keputihan

2.Keputihan berwarna merah

Jenis keputihan ini pada umumnya akan keluar pada wanita yang baru menjalankan proses persalinan. Hal ini disebabkan oleh proses peluruhan dinding rahim setelah wanita melakukan persalinan.

Kondisi yang sama pun biasanya terjadi ketika proses menstruasi, hal ini umumnya tidak menimbulkan bahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya atau menggunakan obat-obatan yang dianjurkan dokter.

3.Keputihan disertai rasa nyeri atau pendarahan

Sensasi nyeri yang timbul di bagian panggul, ketika buang air kecil mengalami pendarahan di luar siklus haid atau setelah berhubungan seksual yang menyertai keputihan berlebihan merupakan masalah yang harus Anda waspadai. Sebab kondisi ini bisa jadi tanda adanya penyakit klamidia atau gonore.

konsultasi

4.Keputihan berwarna hijau dan disertai dengan busa

Ciri keputihan lain yang berbahaya selain berwarna coklat, akan ditandai dengan munculnya cairan berwarna hijau. Keputihan dengan warna hijau timbul dengan kontras dan jelas. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, keputihan normal akan berwarna bening atau putih.

Pada keputihan berwarna hijau, kondisi ini mengindikasikan adanya penyakit gonore atau kelamin jenis lain yang bersifat menular. Kondisi ini pada umumnya terjadi setelah Anda berhubungan seksual. Selain itu ciri keputihan abnormal jenis ini bisa menyebabkan penderita mengalami vagina gatal yang sangat mengganggu.

Bagi Anda yang mengalami tanda dan gejala diatas, bisa segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan terbaik dan terjangkau. Lakukan reservasi sekarang juga di 08123388161. Demikian mengenai jenis keputihan, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.