Fungsi kandung kemih

Jenis-Jenis Fungsi Kandung Kemih

Kandung kemih merupakan organ seperti kantong yang terletak dibagian pinggul dan di belakang tulang kemaluan, lalu apa saja jenis jenis fungsi kandung kemih?. Sebagai sistem sekresi mempunyai fungsi utamanya yakni menyimpan urin dan ginjal hingga siap dikeluarkan. Organ tersebut terdiri dari berbagai jenis lapisan jaringan yang bisa menampung urin dalam jumlah besar kurang lebih 600 ml.

Ketika volume urin di kandung kemih sudah mencapai sekitar 400 ml, respon sistem saraf pusat akan segera terpicu dan merasakan sensasi penuh. Ketika masa itu terjadi, otot kandung kemih perlahan berkontraksi dan katup internal tersebut terbuka, lalu urin akan keluar sebagai uretra.

konsultasi

Jenis-Jenis Fungsi Kandung Kemih

1.Infeksi saluran kemih atau sistitis

Kondisi tersebut ditandai dengan adanya infeksi kandung kemih. Gejalanya yakni sering buang air kecil, rasa tidak nyaman ketika buang air kecil, demam tinggi, munculnya darah dalam urin. Masalah tersebut dialami oleh banyak kalangan dan mudah diobati dengan terapi antibiotic.

2.Sistitis interstisial

Kondisi tersebut dikenal sebagai sindrom kandung kemih yang menimbulkan gejala nyeri dan ditandai dengan nyeri kronis di bagian panggul. Masalah tersebut menjadi semakin buruk ketika ada jumlah urin dalam kandung kemih meningkat. Bahkan ini menjadi sistitis yang lebih buruk dari pada biasanya. Pada umumnya masalah tersebut disebabkan oleh kerusakan kandung kemih dan infeksi kemih yang cukup kronis.

3.Inkontinensia urin

Biasanya masalah ini dialami oleh kalangan berusia lanjut. Kondisi tersebut ditandai dengan hilangnya control pada kandung kemih, bisa terjadi sekali atau berulang-ulang. Disebabkan oleh melemahnya otot yang bertanggung jawab menahan urin di kandung kemih, namun bisa juga disebabkan oleh prolaps kandung kemih.

konsultasi

Fungsi kandung kemih

4.Retensi urin

Sebuah kondisi abnormal di mana urin menumpuk di kandung kemih lebih daripada jumlah seharusnya. Biasanya disebabkan oleh kerusakan saraf, pembesaran prostat, atau diabetes. Hal ini menyebabkan urin kembali ke ginjal dan memicu kerusakan yang berakhir pada gagal ginjal.

5.Batu kandung kemih

Kondisi tersebut ditandai dengan penumpukan benjolan keras yang terbuat dari mineral pada kandung kemih. Batu-batu tersebut bisa menimbulkan iritasi organ dan menghalangi aliran urin

6. Kanker kandung kemih

Kondisi tersebut terjadi ketika adanya pertumbuhan abnormal di sel kanker pada lapisan dalam kandung kemih. Bagi kalangan yang merokok, mempunyai resiko besar terkadap kondisi tersebut. Selain itu, resiko juga akan meningkat bagi mereka yang terkena bahan kimia tertentu dan mempunyai infeksi fungsi kandung kemih yang cukup kronis.

konsultasi

Jenis-Jenis Operasi Kandung Kemih

Operasi kandung kemih

Prosedur ini dijalankan untuk mengobati kebocoran urin. Ini merupakan sebuah prosedur untuk mengatasi masalah fungsi kandung kemih, dengan memasukan alat sling melalui proses pembedahan dan ditempatkan dibagian bawah uretra untuk mengembalikan posisi normal.

Transurethral cystolitholapaxy

Ini merupakan proses atau prosedur untuk mengangkat batu kandung kemih yang kecil. Sebuah tabung kecil bisa Anda masukan dalam uretra lalu laser digunakan untuk memecahkan batu menjadi beberapa bagian kecil. Sehingga bisa keluar bersamaan dengan cairan.

Reseksi transuretral untuk tumor kandung kemih

Prosedur ini menjadi pilihan pertama pada pengobatan kanker kandung kemih dengan mengangkat tumor melalui uretra. Hal tersebut pada umumnya dilakukan dengan biopsy, dimana ahli patologi akan memeriksa massa untuk aplikasikan staging dan grading pada tumor.

Ulasan diatas merupakan fungsi kandung kemih yang perlu Anda pahami dengan baik. Untuk informasi lebih lanjut lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo terbaik Jakarta. Lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 081233881616. Demikian mengenai fungsi kandung kemih, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.