gejala infeksi saluran kencing

Inilah Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Kencing Secara Umum

Infeksi saluran kencing atau ISK sering terjadi pada anak-anak. Gejala infeksi saluran kencing dapat terjadi ketika bakteri atau kuman masuk ke kandung kemih atau ginjal. Bayi dengan ISK dapat mengalami demam, muntah atau rewel. Pada remaja kemungkinan mengalami demam, sakit saat kencing, banyaknya kencing sakit perut bagian bawah.

Seseorang dengan ISK harus segera melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Infeksi ini tidak akan membaik dengan sendirinya. ISK mudah diobati dan biasanya sembuh dalam 1 minggu atau lebih. Mengobati dengan pengobatan antibiotik dapat membunuh kuman dan membantu penderitanya sembuh kembali. Untuk memastikan pengobatan antibiotik bekerja, maka harus menyelesaikan semua dosis yang ditentukan oleh dokter bahkan ketika mulai merasa lebih baik.

konsultasi

Infeksi Saluran Kencing Adalah

Infeksi saluran kencing atau ISK sangat umum terutama pada wanita, bayi dan orang tua. Sebagian wanita dan sebagian pria akan mendapatkan ISK seumur hidupnya. Ginjal dapat mengendalikan jumlah air dalam darah dan menyaring kotoran untuk membentuk urine. Setiap ginjal memiliki tabung yang disebut ureter yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih.

Urine meninggalkan ginjal melalui ureter dan memasuki kandung kemih. Kandung kemih menandakan keinginan untuk kencing dan urine meninggalkan tubuh melalui tabung yang disebut uretra. Sistem kemih dirancang untuk meminimalkan risiko infeksi serius pada ginjal. Ini dilakukan untuk mencegah urine mengalir kembali ke ginjal dari kandung kemih. Sebagian besar infeksi saluran kencing terbatas pada kandung kemih dan sementara menyebabkan gejala infeksi saluran kencing atau dapat juga mengancam jiwa.

konsultasi

Penyebab Utama Infeksi Saluran Kencing

Ketika bakteri memasuki saluran kemih dan berkembang biak, maka dapat menyebabkan ISK. Untuk menginfeksi sistem kemih, mikroorganisme biasanya harus masuk melalui uretra atau melalui aliran darah. Bakteri yang paling umum untuk menyebabkan ISK adalah Escherichia Coli (E. Coli). Biasanya menyebar atau menular ke uretra dari anus.

Mikroorganisme lain seperti mikoplasma dan klamidia dapat menyebabkan uretritis pada pria dan wanita. Mikroorganisme ini ditularkan secara seksual sehingga ketika infeksi ini terdeteksi, ke 2 pasangan seksual harus melakukan pengobatan medis untuk menghindari infeksi ulang (kekambuhan).

Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Kencing

Sebagian besar ISK terjadi di bagian bawah saluran kemih, uretra dan kandung kemih. Jenis ISK ini disebut sistitis. Berikut ini beberapa gejala infeksi saluran kencing diantaranya:

• Rasa sakit, terbakar atau sensasi menyengat saat kencing.
• Dorongan yang meningkat atau kebutuhan kencing yang lebih sering (meskipun hanya sedikit kencing yang keluar).
• Demam.
• Kencing di malam hari (nocturia).
• Sakit perut di area kandung kemih (umumnya di bawah pusar).
• Kencing berbau busuk yang kemungkinan terlihat keruh atau mengandung darah.

Infeksi yang menjalar ke ureter ke ginjal disebut Pielonefritis dan biasanya lebih serius. Ini menyebabkan banyak gejala infeksi saluran kencing yang sama, akan tetapi sering terlihat lebih sakit dan lebih cenderung mengalami demam (terkadang dengan menggigil), rasa sakit, kelelahan yang parah atau muntah.

konsultasi

Bagaimana Infeksi Saluran Kencing Didiagnosis?

Untuk mendiagnosis ISK, dokter mengajukan pertanyaan mengenai gejala infeksi saluran kencing yang terjadi, melakukan pemeriksaan fisik dan mengambil sampel kencing untuk dilakukan tes atau pengujian. Kateter terjadi ketika tabung yang tipis dimasukkan ke dalam uretra hingga ke kandung kemih untuk mendapatkan sampel urine yang bersih.

Sampel dapat digunakan untuk urinalisis (tes atau pengujian yang secara mikroskopis memeriksa urine untuk kuman atau nanah) atau kultur urine (untuk menumbuhkan dan mengidentifikasi bakteri di laboratorium). Dengan mengetahui bakteri yang menyebabkan infeksi dapat direkomendasikan pengobatan terbaik untuk kondisi ini.

gejala infeksi saluran kencing

Pengobatan Ampuh Untuk Infeksi Saluran Kencing

Sangat penting untuk mencari pengobatan medis jika menderita ISK terutama jika kemungkinan memiliki gejala infeksi saluran kencing, infeksi kandung kemih dan ginjal yang merupakan kondisi yang sangat serius. Pengobatan dini infeksi saluran kencing dapat membantu mencegah infeksi menyebar atau menular ke kandung kemih atau ginjal.

Dokter akan menguji urine untuk memeriksa mikroorganisme yang ada. Infeksi saluran kencing biasanya merespon dengan cepat terhadap pengobatan antibiotik. ISK diobati dengan pengobatan antibiotik. Setelah beberapa hari melakukan pengobatan antibiotik, dokter dapat mengulangi tes atau pengujian urine untuk memastikan bahwa infeksinya sudah hilang.

Sangat penting untuk memastikan hal ini karena ISK yang tidak lengkap dapat kambuh kembali atau menyebar dan menular. Jika seseorang memiliki rasa sakit yang parah ketika kencing, kemungkinan juga diresepkan pengobatan yang dapat mematikan lapisan saluran kemih. Pengobatan antibiotik yang diresepkan sesuai dengan resep dokter.

Jika merasakan adanya gejala infeksi saluran kencing segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Anda bisa melakukan ini di Klinik Apollo. Setelah dilakukan konsultasi dan pemeriksaa biasanya disarankan tes atau pengujian yang di analisis di laboratoriun untuk menghasilkan diagnosis.

Setelah hasil dari diagnosis diketahui, maka pengobatan terbaik dapat direkomendasikan. Melakukan pengobatan di Klinik Apollo sangat aman dan terpercaya. Karena dilakukan secara langsung oleh dokter yang bersangkutan yang sudah ahli dalam bidangnya dan berpengalaman. Dibantu dengan peralatan medis yang canggih dan modern.

Anda tidak perlu khawatir, biaya melakukan pengobatan di Klinik Apollo sangatlah terjangkau. Dengan pelayanan yang sangat baik dan sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya. Segera hubungi kami di nomor 081233881616 atau melakukan konsultasi online seperti dibawah ini.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.