sering buang air kecil

Ini Dia Kondisi Penyebab Sering Buang Air Kecil

Anda tentunya memahami jika manusia harus minum banyak air dalam sehari, namun banyak minum akan membuat Anda sering buang air kecil. Jadi sebenarnya berapa kali seseorang mengeluarkan air seni dan dinyatakan sebagai kondisi normal?

Seperti yang sudah kita ketahui, tubuh manusia sebagian besarnya terdiri dari air. Tubuh mempunyai kemampuan untuk mengatur keseimbangan cairan pada tubuh. Tubuh akan mengatur banyaknya air yang harus dikeluarkan untuk menciptakan sebuah keseimbangan.

Jika Anda merasa sangat haus, maka Anda membutuhkan cairan, hal tersebut pada umumnya dinamakan dehidrasi. Maka Anda harus mengisi cairan kembali, misalnya dengan air putih. Sebaliknya, jika cairan tubuh sudah cukup, tubuh akan membuang cairan segera. Salah satunya melalui urin atau air kencing.

Baca juga: Cystitis Adalah Peradangan Yang Terjadi Pada Kandung Kemih

konsultasi

Beberapa Sebab Seseorang Sering Buang Air Kecil

Menurut beberapa sumber, normalnya manusia akan buang air kecil sebanyak 7 kali dalam sehari. Namun pada beberapa kalangan dengan berbagai kondisi, angka ini bisa lebih atau kurang. Misalnya anak-anak yang mempunyai ukuran dengan kantong kemih yang kecil, maka mereka akan membuang air kecil jauh lebih sering dibandingkan kalangan dewasa.

Makanan dan minuman yang Anda makan juga akan mempengaruhi seberapa sering membuang air seni. Jika Anda minum teh, kopi, atau susu tentunya menjadi lebih sering buang air kecil. Obat-obatan yang anda minum juga akan menjadi salah satu penentuan. Lalu apa saja faktor yang menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil?

Seperti yang sudah banyak diketahui, berapa kali buang air kecil ditentukan oleh kondisi tubuh seseorang. Urin mengandung air, asam, urea, hingga zat racun sisa yang telah disaring oleh tubuh untuk dibuang.

Beberapa organ memang dibutuhkan pada proses ini, ginjal akan berperan paling penting untuk menyaring darah, protein dan lain sebagainya. Setelah itu, urin akan melewati uretra untuk berjalan menuju kantung kemih. Jadi kantung kemih akan menampung urin untuk sementara waktu sampai mencapai titik penuh, hingga pada akhirnya harus segera dikeluarkan melalui proses ureter. Berikut akan kami jelaskan mengenai penyebab anda sering buang air kecil, diantaranya:

konsultasi

 sering buang air kecil

1.Infeksi saluran kemih

Ketika kantung kemih atau saluran kemih anda mengalami infeksi, Anda menjadi lebih sering buang air kecil. Bahkan terkadang disertai dengan sensasi nyeri. Pasalnya kantung kemih yang terserang infeksi tidak akan bekerja secara maksimal dalam menampung urin dalam jumlah banyak.

2.Diabetes

Bagi kalangan penderita diabetes, Anda akan mengalami sering buang air kecil. Hal ini sering terjadi karena penderita diabetes mempunyai dorongan minum yang tinggi akibat tingginya gula darah penderita. Karena banyak minum, maka tubuh akan berusaha keluarkan cairan dalam jumlah berlebihan. Namun terkadang ketika menyaring darah untuk membuat urin, gula akan tersaring dan menarik lebih banyak air.

konsultasi

3.Gangguan kelenjar prostat

Bagi kalangan yang terserang gangguan kelenjar prostat, anda akan memperoleh kesulitan untuk buang air kecil walaupun rasa tersebut seringkali muncul. Hal tersebut terjadi karena adanya pembengkakan prostat yang menekan uretra, sehingga menutup jalan atau aliran urin.

4.Hamil

Biasanya kehamilan akan membuat kalangan wanita menjadi lebih sering buang air kecil, karena rahim yang membesar akibat pertumbuhan bayi dalam kandungan akan menekan kantung kemih Anda. Maka dari itu, kantung kemih menjadi semakin sempit, sehingga Anda lebih sering ke toilet.

Bagi Anda yang mengalami tanda dan gejala diatas, segera lakukan konsultasi bersama kami Klinik Apollo untuk memperoleh penanganan terjamin dan terjangkau. Untuk reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai sering buang air kecil, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.