gejala infeksi saluran kemih

Gejala Infeksi Saluran Kemih Biasa Dialami Remaja

Apa saja gejala infeksi saluran kemih atau ISK yang paling umum? Saluran kemih meliputi kandung kemih, ureter, uretra dan ginjal. Ketika bakteri menjalar ke uretra, maka dapat bergerak ke kandung kemih atau ke ginjal dan menyebabkan infeksi. Infeksi kandung kemih disebut sistitis. Dan dalam kebanyakan kasus, pengobatan antibiotik digunakan. Pengobatan antibiotik yang biasa diresepkan untuk mengobati infeksi saluran kemih bakteri dan infeksi kandung kemih. Sistitis juga dapat diobati dengan pengobatan penghilang rasa sakit.

Apa Itu Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah apa yang terjadi ketika bakteri atau kuman masuk ke sistem kemih dan berkembang biak. Gejala infeksi saluran kemih dapat meliputi kemerahan, bengkak dan rasa nyeri. Jika infeksinya tidak segera diobati, maka bakteri dapat melakukan perjalanan ke ginjal dan dapat menyebabkan jenis infeksi yang lebih serius yang disebut Pielonefritis.

Infeksi saluran kemih atau ISK lebih sering terjadi pada wanita terutama karena uretra pendek dan dekat dengan anus. Bakteri dari buang air besar (BAB) adalah penyebab sebagian besar infeksi saluran kemih. Bakteri dapat ditransfer ke area uretra saat menyeka setelah buang air besar (BAB) atau setelah berhubungan seksual. Kemungkinan juga penularan infeksi saluran kemih (ISK) terjadi saat hamil atau saat memiliki penyakit menular seksual (PMS). Jika struktur saluran kemih tidak teratur, maka dapat juga membuatnya lebih mungkin tertular infeksi saluran kemih (ISK).

konsultasi

Penyebab Umum Infeksi Saluran Kemih

Beberapa orang kemungkinan lebih rentan terhadap gejala infeksi saluran kemih atau ISK. Infeksi saluran kemih (ISK) bagian atas adalah Pielonefritis yang lebih serius dari ke 2 nya. Dalam hal ini bakteri telah berhasil mencapai tabung yang menghubungkan kandung kemih (ureter) ke ginjal. Jika infeksi bakteri mencapai ginjal (Pielonefritis akut) masalahnya menjadi serius dan pengobatan sangat diperlukan. Infeksi saluran kemih atau ISK bagian bawah (sistitis) dapat mempengaruhi kandung kemih dan pipa dari kandung kemih ke penis atau vagina (uretra). Meskipun tidak terlalu berbahaya dibandingkan dengan ISK bagian atas, ISK yang lebih rendah harus segera ditangani lebih awal untuk mencegah infeksi mencapai ureter.

konsultasi

Tanda Dan Gejala Infeksi Saluran Kemih Secara Umum

Tanda dan gejala infeksi saluran kemih atau ISK yang paling umum dapat meliputi:

• Nyeri, terbakar atau menyengat saat kencing.
• Dorongan mendadak atau konstan untuk kenicng atau harus lebih sering kencing.
• Rasa sakit di perut bagian bawah dan punggung bagian bawah.
• Adanya darah atau nanah dalam urine.
• Hanya beberapa tetes air seni yang bisa dikeluarkan.
• Urine yang keruh.
• Bau yang kuat pada urine.
• Demam.
• Menggigil.
• Mual dan muntah.

Beberapa orang kemungkinan tidak merasakan tanda infeksi saluran kemih apa pun. Namun, kebanyakan orang akan memiliki beberapa tanda infeksi saluran kemih tersebut. Berikut ini beberapa tanda infeksi saluran kemih pada anak-anak dan pada orang dewasa (orang tua), meliputi:

1. Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Anak-Anak
• Merasa tidak tenang.
• Demam.
• Mengalami sakit perut.
• Mengalami muntah atau diare.

Jika seorang anak-anak mengompol di siang hari bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih (ISK). Ini juga dapat menyebabkan seorang anak tidak ingin kencing (karena sakit).

2. Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Dewasa (Orang Tua)
• Perubahan kondisi mental seperti kebingungan atau terasa lesu.
• Gejala seperti diare atau ketidaknyamanan pada perut.

konsultasi

Bagaimana Infeksi Saluran Kemih Didiagnosis?

Beberapa tes atau pengujian di laboratorium umum untuk infeksi saluran kemih meliputi:

• Urinalisis, sebagian besar ISK dideteksi dengan melakukan urinalisis yang mencari bukti infeksi seperti bakteri dan sel darah putih dalam sampel urine.
• Kultur urin untuk orang-orang yang memiliki ISK berulang (kekambuhan) dan yang diobati, hasil urinalisis dikonfirmasi dengan kultur urine.
• Pengujian kerentanan ini dilakukan jika adanya mikroba yang diidentifikasi oleh kultur untuk menentukan antibiotik mana yang akan menghambat pertumbuhan bakteri atau ragi yang menyebabkan infeksi. Hasilnya akan membantu dokter untuk menentukan pengobatan yang paling efektif dalam mengobati ISK seseorang.

gejala infeksi saluran kemih

Mengobati Infeksi Saluran Kemih Dengan Tepat

Jika memiliki gejala infeksi saluran kemih, maka segera lakukan konsultasti dan pemeriksaan dengan dokter untuk dilakukan pengobatan secepatnya. Infeksi saluran kemih biasanya diobati dengan pengobatan antibiotik. Dokter dapat meresepkan pengobatan antibiotik atau jika seorang wanita pada usia 16 tahun hingga 65 tahun terakreditasi kondisi ini maka segera lakukan pengobatan antibiotik.

Pengobatan ini harus sesuai dengan resep dari dokter. Oleh karena itu lakukan konsultasi dan pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter untuk melakukan pengobatan infeksi saluran kemih. Agar hasil pengobatannya efektif Anda bisa melakukan pengobatan hanya di Klinik Apollo yang sudah bantak merekomendasi pengobatan infeksi saluran kemih.

Percayakan pengobatan infeksi saluran kemih Anda hanya di Klinik Apollo. Karena ditangani secara langsung oleh dokter yang sudah berpengalaman didalam bidangnya. Serta biaya pengobatan yang harus dikeluarkan juga sangat terjangkau. Tidak hanya itu, pelayanan yang dilakukan juga sangat baik. Karena melakukan pengobatan di Klinik Apollo sangat mengutamakan kesembuhan dan kepuasan setiap pasiennya.

Hubungi kami segera di nomor 081233881616 atau bisa juga dilakukan melalui konsulasi terlebuh dahulu melalui layanan konsultasi online seperti dibawah ini. Guna menghemat waktu saat Anda melakukan reservasi di Klinik Apollo. Selain itu juga lebih di prioritaskan karena bisa bertemu langsung dengan dokter.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.