keputihan bau amis

Gejala Dan Penyebab Keputihan Bau Amis

Keputihan merupakan hal normal yang dialami kalangan wanita, bagaimana dengan keputihan bau amis. Namun ada beberapa kondisi sekresi yang sebaiknya Anda waspadai. Salah satunya yakni keputihan dengan berbau.

Sekresi atau cairan dari vagina mempunyai fungsi untuk menjaga organ intim agar tetap lembab dan bersih. Pasalnya cairan ini akan membawa bakteri atau sel mati keluar dari organ intim seorang wanita.

Dalam kondisi yang normal, cairan vagina mempunyai warna seperti putih susu, tidak berbau dan mempunyai konsistensi kental serta terasa lebih basah daripada biasanya.

Jumlah keputihan sangat beragam, tergantung kondisi tubuh, mulai dari hubungan seks, kehamilan hingga menggunakan alat kontrasepsi. Jika begitu, kapan seorang wanita dikatakan mengalami sekresi yang abnormal?

Baca juga: Cara Mencegah Keputihan Berbau Amis

konsultasi

Bagaimana Gejala Dan Penyebab Keputihan Bau Amis

Ketika keputihan berubah konsistensi, bau, warna, ini merupakan tanda tidak normal dalam tubuh Anda. Masalah utama pada keputihan bau amis pada umumnya karena infeksi bakteri. Vaginosis bakteri dan trikomoniasis menjadi salah satu contohnya.

Ketika bakteri dalam vagina semakin berkembang secara berlebih, vaginosis bisa memicu abnormal lendir pada vagina. Secara keputihan bau amis atau adanya vaginosis bakteri akan menyebabkan lendir hadir dengan warna putih susu, kehijauan, gatal pada vagina disertai rasa panas seperti terbakar ketika buang air kecil.

Sementara penyakit trikomoniasis biasanya akan ditandai dengan munculnya sekresi dengan bau menyengat dan konsistensi yang kental, berbusa, cair, dan berwarna kuning kehijauan. Infeksi menular seksual ini akan memicu gatal dan pembengkakan pada vagina, serta munculnya nyeri ketika berhubungan intim atau buang air kecil.

konsultasi

keputihan bau amis

Cara Mengatasi Keputihan Bau Amis

Jika Anda menemukan keputihan tidak normal seperti munculnya bau amis, segera periksakan diri dan konsultasi ke dokter. Langkah ini akan membantu Anda untuk mendeteksi penyebabnya dengan jelas, sehingga pengobatan akan dilakukan secara tepat.

Keputihan bau amis akibat vaginosis bakteri dan trikomoniasis hanya bisa diatasi dengan cara konsumsi antibiotik. Maka dari itu, Anda harus ke dokter untuk mendapatkan resep obat tersebut.

Dokter akan memberi jenis dan dosis antibiotik yang sesuai dengan kondisi serta tingkat keparahan yang Anda alami. Pastikan Anda selalu mematuhi semua anjuran dokter mengenai takaran durasi konsumsinya.

Jangan berhenti minum obat tanpa anjuran dokter walaupun kondisi Anda sudah semakin membaik. Hal ini akan menyebabkan kekambuhan serta resistensi bakteri pada obat tersebut.

konsultasi

Tips Menghilangkan Keputihan Bau Amis

Pada kondisi normal, Anda sebenarnya cukup menjaga kebersihan organ intim untuk mencegah munculnya infeksi bakteri di balik keputihan abnormal tersebut. Dimulai dari membasuh vagina dengan lembut setiap selesai mandi atau seka setelah buang air kecil.

Namun perlu diingat untuk memilih jenis produk pembersih dengan kandungan kimia yang ringan. Jangan pernah menggunakan produk wangi walaupun diklaim produk tersebut terbuat khusus perawatan kewanitaan. Sebab kandungan alkohol berpotensi memicu iritasi pada vagina Anda.

Anda juga bisa melakukan langkah-langkah mudah berikut ini di rumah untuk mempercepat kesembuhan sekaligus menghindari infeksi pada vagina:

1.Memakai celana dalam katun

Bahan katun mempunyai sifat menyerap keringat secara maksimal dan tidak menimbulkan rasa pengap. Karena celana dalam dengan bahan katun akan menghindarkan vagina Anda dari kondisi lembab. Anda harus menghindari pakaian dalam yang terlalu ketat ini.

2.Jangan menggunakan produk douching

Douching merupakan salah satu proses membasuh vagina dengan alat khusus yang dinamakan douche dan pada umumnya menggunakan campuran cuka dan air. Padahal cara ini dapat melukai vagina dan menghilangkan bakteri baik dalam vagina Anda.

Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa konsultasikan bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai informasi lebih lanjut anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai keputihan bau amis, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.