selaput dara wanita

Fakta Hubungan Keperawanan Dan Selaput Dara Wanita

Sampai sekarang keperawanan wanita masih menjadi pembahasan yang cukup rumit, apa hubungannya dengan selaput dara wanita?. Banyak pro dan kontra yang disampaikan pada berbagai sumber media mengenai masalah ini. Sejak dulu kita sering mendengar bahwa seorang wanita bisa diketahui keperawanannya pada malam pertama.

Jika setelah berhubungan seksual untuk pertama kalinya dan terdapat noda darah, berarti wanita tersebut masih perawan. Darah tersebut disebabkan karena robeknya selaput darah atau hymen. Untuk menjawab beberapa pertanyaan yang cukup menganggu, kami sudah merangkum mengenai fakta hubungan selaput dara wanita dan keperawanan seorang wanita.

Baca juga: Proses Hymenoplasty Aman Di Klinik Operasi Keperawanan

konsultasi

Mengulik Fakta Hubungan Keperawanan Dan Selaput Dara Wanita

Perawan merupakan seseorang yang belum pernah menjalankan hubungan seksual sama sekali. Definisinya tergantung dari pemahaman masing-masing individu. Banyak yang beranggapan bahwa seseorang kehilangan keperawanan setelah menjalankan proses penetrasi penis. Namun sebenarnya kegiatan seksual bisa dijalankan, meski tanpa penetrasi misalnya seks oral dan anal.

Selaput dara merupakan lapisan kulit tipis yang ada pada bibir vagina. Lapisan ini bisa berubah karena hubungan penetrasi seksual dan proses persalinan. Perlu Anda pahami, selaput dara wanita mempunyai bentuk yang berbeda. Ada yang terlahir dengan selaput dara tipis dan sebagian kalangan lainnya tidak mempunyai selaput dara sama sekali.

Selain penetrasi penis bersama vagina, robeknya selaput dara wanita bisa disebabkan oleh berbagai kegiatan seperti naik sepeda, olahraga, cedera, atau melakukan pemeriksaan pada vagina. Lalu ada juga masalah yang membuat wanita tak sadar jika selaput daranya sudah robek, sebab terkadang tidak menimbulkan sensasi sakit atau pendarahan.

konsultasi

selaput dara wanita

Darah yang keluar ketika pertama kali berhubungan seksual bukan disebabkan oleh selaput dara robek, melainkan karena kurangnya pelumas pada vagina sehingga membuat beberapa jaringan di dalamnya terluka.

Berdasarkan beberapa uraian diatas, bisa disimpulkan bahwa keperawanan sama sekali tidak ada hubungannya dengan selaput dara. Dengan istilah lain, utuh atau tidaknya selaput darah tidak bisa menjadi tolak ukuran untuk menentukan keperawanan seseorang.

Selaput dara mempunyai berbagai macam jenis dan bentuk. Selaput dara yang sangat tipis ini belum tentu mengeluarkan dara pada hubungan seksual untuk pertama kalinya. Nah buat Anda yang penasaran mengenai jenis selaput dara, simak sampai selesai.

konsultasi

Bagaimana Bentuk Selaput Dara Wanita

1.Annular hymen

Selaput dara yang paling umum dimiliki beberapa kalangan wanita yakni bentuk seperti bulan sabit. Biasanya, selaput ini akan menutupi bagian bibir vagina. Bentuk seperti ini akan membuat darah haid bisa keluar dengan lancar.

2.Imperforate hymen

Ini merupakan sebuah kondisi yang jarang terjadi, selaput dara menutupi semua pintu vagina. Masalahnya, darah haid tidak bisa keluar. Pada umumnya, hal tersebut membuat darah menstruasi kembali masuk dalam vagina dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri dibagian punggung dan perut bagian bawah.

Sebagian kalangan remaja yang mempunyai selaput dara ini menjadi kesulitan membuat air kecil. Jika kondisinya begini, Anda harus segera periksa ke dokter dan akan dilakukan operasi untuk membuka celah, agar darah haid bisa keluar kembali.

3.Septate hymen

Selaput satu ini terdapat pada semua sisi bibir vagina. Namun pada bagian tengahnya terdapat dua jenis lubang yang membuat darah haid bisa keluar. Pada umumnya, tampon menjadi susah masuk atau keluar. Sehingga dokter biasanya akan melakukan operasi.

4.Microperforate

Tidak jauh berbeda dengan imperforata, selaput dara jenis ini akan menutupi semua bibir vagina. Namun terdapat satu lubang kecil, sehingga darah menstruasi bisa keluar.

Jika Anda mempunyai keluhan mengenai masalah diatas, lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo sekarang. Untuk reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai selaput dara wanita, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.