endometriosis adalah

Endometriosis Adalah Jaringan Yang Tumbuh Di Luar Rahim

Endometriosis adalah ketika jaringan yang membentuk lapisan rahim muncul pada organ lain di dalam tubuh. Endometriosis biasanya ditemukan di perut bagian bawah atau di panggul (pelvic), akan tetapi dapat muncul di bagian tubuh mana saja. Wanita dengan endometriosis sering memiliki sakit perut bagian bawah, nyeri saat menstruasi atau nyeri saat berhubungan seksual dan kemungkinan mengalami kesulitan untuk hamil. Di sisi lain, beberapa wanita dengan endometriosis kemungkinan tidak memiliki gejala sama sekali.

Pengertian Endometriosis Adalah

Endometriosis adalah kondisi umum pada wanita. Kondisi ini kronis, menyakitkan dan seringkali semakin parah. Biasanya, jaringan yang melapisi rahim wanita yang dikenal sebagai endometrium, hanya ditemukan di dalam rahim. Akan tetapi ketika seorang wanita menderita endometriosis, potongan-potongan mikroskopis dari jaringan ini terlepas dari uterus dan tumbuh pada organ-organ lain seperti ovarium, dinding luar rahim, tuba falopii, ligamen yang menopang uterus, ruang antara uterus dan ruang rahim. Rektum dan ruang antara rahim dan kandung kemih .

Dalam kasus yang jarang terjadi, ini dapat menyebar atau menular ke luar perut dan tumbuh pada organ lain, seperti paru – paru. Sama seperti endometrium, jaringan yang lepas merespons hormon estrogen dan hormon progesteron dengan penebalan dan kemungkinan berdarah setiap bulan. Akan tetapi karena jaringan yang lolos tumbuh di jaringan lain, darah yang dihasilkannya tidak dapat keluar.

Endometriosis adalah kondisi yang dapat menyebabkan iritasi pada jaringan di sekitarnya yang menyebabkan kista, bekas luka dan penggabungan jaringan tubuh. Lalu pada akhirnya dapat mengikat organ reproduksi bersama dan menyebabkan infertilitas atau kemandulan. Kasus endometriosis diklasifikasikan sebagai kondisi yang ringan, sedang atau berat, tergantung pada ukuran luka dan seberapa dalam mencapai ke organ lain.

konsultasi

Penyebab Utama Endometriosis Adalah

Ada beberapa penyebab yang berbeda mengenai endometriosis. Ketika seorang wanita mengalami menstruasi, sebagian darah dan jaringan dari rahimnya keluar melalui saluran tuba dan masuk ke rongga perut. Ini disebut menstruasi retrograde. Beberapa sel dalam tubuh di luar rahim dapat berubah menjadi jenis sel yang sama yang melapisi rahim.

Endometriosis adalah kondisi yang tidak biasa. Sel-sel dari lapisan rahim berjalan melalui pembuluh darah atau melalui sistem limfatik untuk mencapai organ lain atau area tubuh. Endometriosis juga dapat menyebar atau menular pada saat operasi. Hampir semua wanita mengalami beberapa tingkat menstruasi retrograde, akan tetapi hanya sedikit wanita yang akan mengalami endometriosis. Ini kemungkinan disebabkan oleh perbedaan dalam sistem kekebalan tubuh wanita. Endometriosis jauh lebih umum jika keluarga juga menderita endometriosis, jadi kemungkinan ada gen yang dapat mempengaruhi endometriosis.

konsultasi

Tanda Dan Gejala Endometriosis

Tanda dan gejala endometriosis adalah nyeri, termasuk nyeri panggul (pelvic) atau nyeri perut bagian bawah dan nyeri saat menstruasi. Wanita juga kemungkinan merasakan sakit saat berhubungan intim. Gejala-gejalanya seringkali bersiklus yang berarti bahwa rasa sakitnya lebih buruk tepat sebelum atau selama periode tersebut dan kemudian membaik.

Wanita kemungkinan memiliki rasa nyeri panggul (pelvic) atau perut bagian bawah yang konstan juga. Gejala lain termasuk subfertilitas atau gejala usus dan kandung kemih (seperti nyeri dengan buang air besar atau BAB, kembung, sembelit, darah dalam urine atau rasa sakit saat kencing) dan kemungkinan perdarahan pada vagina yang tidak normal (abnormal).

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Endometriosis?

Untuk mendiagnosis endometriosis adalah dengan melakukan laparoskopi (operasi dimana dokter melihat ke dalam perut) dan mengambil sampel dari luka endometriosis. Beberapa dokter dan penderita ini kemungkinan mencoba untuk mengobati endometriosis dengan pengobatan tertentu untuk melihat gejalanya membaik tanpa harus menjalani operasi.

Meskipun bisa jadi endometriosis tidak dapat didiagnosis dengan perbaikan gejala dengan pengobatan saja. Selama operasi, luka endometriosis sering digambarkan tampak seperti luka bakar bekas rokok di dalam perut, meskipun ada banyak variasi bagaimana luka endometriosis dapat muncul. Endometriosis dapat ditemukan di dalam ovarium, menyebabkan endometrioma atau kista endometriosis. Kista ini sering disebut sebagai kista coklat karena bahan di dalam kista terlihat seperti cokelat.

endometriosis adalah

Cara Tepat Mengobati Endometriosis

Terapi yang paling observatif untuk endometriosis adalah dengan pengobatan. Pengobatan anti inflamasi non steroid, dapat membantu rasa sakit yang terkait dengan endometriosis. Beberapa dokter kemungkinan meresepkan pengobatan yang dapat mempengaruhi hormon wanita untuk membantu mengatasi nyeri endometriosis.

Beberapa contoh adalah pil kontrasepsi oral dan agonis hormon pelepas gonadotropin (GnRH) yang belakangan menempatkan wanita dalam keadaan seperti menopause sementara. Pembedahan tidak hanya dapat membantu mendiagnosis endometriosis, akan tetapi juga dapat digunakan untuk mengobati endometriosis.

Pembedahan juga dapat digunakan untuk menghilangkan endometriosis atau untuk membakar luka endometriosis di luar rahim untuk membuatnya hilang. Ini juga digunakan untuk menyingkirkan jaringan parut sehingga ovarium dan tabung dapat kembali ke area normal di panggul (pelvic). Pembedahan telah terbukti dapat meningkatkan gejala nyeri yang berhubungan dengan endometriosis dan juga dapat membantu wanita untuk hamil.

Jika seorang wanita dengan endometriosis tidak ingin untuk hamil, kemungkinan dokter menyarankan untuk mengangkat ovarium dan kemungkinan mengangkat rahim. Seorang wanita tidak bisa hamil jika dia tidak memiliki rahim. Jika seorang wanita dengan endometriosis mengalami kesulitan untuk hamil, ada berbagai pengobatan yang dapat membantu untuk hamil.

Untuk lebih jelas melakukan pengobatan untuk endometriosis, Anda bisa melakukan pengobatatan di Klinik Apollo. Dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kondisi yang Anda alami. Hubungi kami jika ingin melakukan pengobatan di Klinik Apollo di nomor 081233881616 atau bisa juga melalui layanan online dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.