cystitis adalah

Cystitis Adalah Peradangan Yang Terjadi Pada Kandung Kemih

Cystitis adalah radang kandung kemih yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Kemungkinan besar mempengaruhi wanita akan tetapi pria dan anak-anak juga bisa mendapatkannya. Cystitis adalah jenis umum infeksi saluran kemih (ISK) bagian bawah. Saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter (tabung yang menghubungkan setiap ginjal dengan kandung kemih), kandung kemih dan uretra. Terkena cystitis saat bakteri ke kandung kemih melalui uretra atau saluran yang membawa urine keluar dari tubuh.

Pengertian Cystitis Adalah

Cystitis adalah infeksi kandung kemih sama dengan infeksi bakteri dalam urine. Cystitis adalah jenis ISK yang paling umum terutama pada wanita. Kandung kemih adalah kantong berotot yang menyimpan urine dari ginjal. Urine meninggalkan tubuh melalui tabung yang disebut uretra. Cystitis terjadi ketika bakteri melakukan perjalanan ke uretra dan menginfeksi urine serta mengobarkan lapisan kandung kemih.

Pada kebanyakan wanita akan mengalami cystitis setidaknya 1 kali dalam hidupnya. Meskipun menyakitkan dan menjengkelkan namun tidak terlalu berbahaya dan tidak menular, infeksinya tidak dapat ditularkan pada pasangan seksualnya saat berhubungan seksual. Jika tidak segera diobati, infeksinya dapat mencapai lebih dalam ke sistem urine dari kandung kemih dan mencapai ginjal. Infeksi ginjal serius memerlukan pengobatan medis sesegera mungkin karena dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal atau bahkan gagal ginjal.

konsultasi

Penyebab Utama Cystitis Adalah

Penyebab utama cystitis adalah bakteri Escherichia Coli (E. Coli). Bakteri ini biasanya hidup di kulit dan di usus serta tidak bermasalah. Akan tetapi jika masuk ke uretra atau tabung yang membawa kenicng keluar dari tubuh, maka bakterinya dapat berakhir di kandung kemih dan dapat menyebabkan masalah. Kondisi ini tidak biasa, akan tetapi juga bisa tertular dari:

• Bahan kimia dalam produk pengobatan pribadi seperti busa, sabun dan spermisida.
• Pengobatan kemoterapi.
• Kerusakan akibat operasi kandung kemih atau kateter yaitu tabung yang membantu kencing dari kandung kemih.
• Radiasi untuk mengobati kanker di sekitar panggul (pelvic).

Beberapa orang yang memiliki kondisi ini disebut cystitis interstitial dimana kandung kemih terus membengkak. Dokter tidak yakin akan penyebabnya dan jauh lebih sulit untuk diobati daripada cystitis biasa.

Baca Juga : Sistitis Adalah Radang Pada Organ Kemih

konsultasi

Pengaruh Gejala Cystitis Pada Umumnya

Beberapa hal yang harus diperhatikan dari cystitis adalah:

• Terasa terbakar, menyengat atau sakit saat kencing.
• Keinginan untuk kencing yang konsisten.
• Merasa sakit (pegal dan lelah serta demam).
• Sering kencing akan tetapi hanya sedikit yang keluar.
• Rasa sakit atau tekanan di perut bagian bawah.
• Kencing yang gelap, keruh atau memiliki bau yang kuat.

Pada anak kecil, mengompol di siang jari biasanya tidak terjadi namun ini bisa menjadi tanda pertama. Mengompol di malam hari biasanya tidak berhubungan dengan cystitis. Konsultasikan dengan dokter jika memiliki:

• Darah dalam urine.
• Tanda dan gejala yang berlangsung lebih dari beberapa jam.
• Gejala yang muncul kembali (kambuh) setelah selesai pengobatan antibiotik.

Segera lakukan pemeriksaan dengan dokter jika adanya tanda-tanda infeksi ginjal seperti:

• Demam tinggi.
• Rasa sakit di sisi atau di punggung.
• Gemetar dan menggigil.
• Muntah.
• Sakit perut.

konsultasi

Bagaimana Cystitis Didiagnosis?

Dokter melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan mengenai gejalanya, kemungkinan bisa mendapatkan tes atau pengujian seperti:

• Analisis Urine
Untuk memeriksa bakteri, darah atau nanah di kencing.

• Kultur Urine
Untuk mengetahui jenis bakteri apa yang dimiliki.

Seringkali penyebabnya adalah infeksi kandung kemih dan semua tes atau pengujian sangat dibutuhkan. Metode, tes dan pengujiannya dapat termasuk:

1. Sistoskopi
Dengan memasukkan Cystoscope yaitu tabung yang tipis ke dalam uretra untuk mencari masalah atau untuk mendapatkan sampel jaringan untuk tes atau pengujian lebih lanjut (biopsi).

2. Imaging
USG, CT scan dan MRI bisa menunjukkan tumor, batu ginjal dan lainnya.

3. Urogram Intravena (IVU)
Rontgen untuk mengambil gambar dari ginjal, ureter dan kandung kemih.

4. Cystourethrography
Memasukkan zat ke dalam kandung kemih untuk melihat adanya urine yang mengalir mundur dari kandung kemih menuju ginjal.

5. Retrograde Urethrography
Tes atau pengujian ini untuk menemukan masalah di uretra.

cystitis adalah

Cara Mengobati Cystitis Pada Remaja Muda

Pengobatan cystitis dibutuhkan tergantung pada penyebabnya, berikut pengobatan untuk cystitis tergantung penyebabnya.

• Bakteri
Dokter menyarankan pengobatan antibiotik. Biasanya mulai merasa lebih baik dalam 1 hari atau lebih akan tetapi selalu pastikan pengobatan dilakukan sesuai resep dari dokter. Pengobatan dilakukan berdasarkan tingkat keparahannya. Jika seorang wanita telah melewati masa menopause, dokter menyarankan pengobatan vagina yang mengandung hormon estrogen.

• Cystitis Interstitial
Pengobatan ini lebih sulit karena tidak diketahui penyebabnya, akan tetapi pengobatan ini dapat melegakan seperti menghindari makanan pedas dan makanan tinggi kalium, hindari merokok dan meminum alkohol yang berlebihan.

• Jenis Lain Cystitis
Jika menderita cystitis yang dipicu oleh sabun, busa dan sejenisnya sebaiknya hindari produk-produk tersebut. Jika menggunakan kemo atau radiasi, dokter biasanya memberikan pengobatan penghilang rasa sakit dan mengkonsultasikan cara yang lebih banyak mengambil cairan untuk mengeluarkan kandung kemih.

Pengobatan ini lebih baik dilakukan secara langsung di Klinik Apollo. Anda bisa mengkonsultasikan dan melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter yang bersangkutan. Sudah banyak penderitanya yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Untuk info hubungi kami di 081233881616 atau dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.