keputihan yang berbahaya

Ciri-Ciri Keputihan Yang Berbahaya

Setiap kalangan wanita wajar mengalami keputihan, apalagi jika masuk masa subur dan menjelang siklus haid, bagaimana dengan keputihan yang berbahaya?. Cairan kental yang keluar dari vagina ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Namun Anda dianjurkan untuk perhatikan cairan keputihan yang keluar dari vagina. Jika mempunyai tekstur kental, berbau, dan berwarna, Anda harus waspada. Ini menjadi tanda keputihan yang berbahaya.

Baca juga: Ini Dia Jenis Makanan Penyebab Keputihan

konsultasi

Bagaimana Ciri-Ciri Keputihan Yang Berbahaya

Namun tidak perlu cemas jika menemukan cairan berwarna putih pada celana dalam yang Anda kenakan. Sekresi merupakan masalah normal dan biasanya muncul ketika penderita sedang kelelahan, stress, masa subur, ketika menjalankan hubungan seksual, menyusui atau hamil.

Sekresi yang berasal dari kelenjar dalam vagina dan leher rahim justru mempunyai fungsi membawa keluar sel mati dan bakteri yang ada dalam tubuh. Dengan istilah lain, sekresi keputihan akan membuat vagina Anda terjaga kebersihannya dan terhindar dari berbagai jenis infeksi.

Namun Anda juga harus memahami bahwa ada jenis sekresi yang tidak normal. Beberapa kebiasaan seperti mengenakan celana dalam yang terlalu ketat, membersihkan vagina menggunakan sabun pembersih kewanitaan yang mengandung pewangi, dan menggunakan pantyliners. Ini menjadi penyebab munculnya sekresi tidak normal.

Jika sekresi yang keluar dari vagina menunjukan ciri ciri abnormal, bisa jadi ini merupakan tanda adanya infeksi tertentu, mulai dari jamur sampai kanker serviks. Ini dia ciri keputihan yang akan kami ulas pada kesempatan kali ini.

konsultasi

 keputihan yang berbahaya

1.Terjadi perubahan tekstur

Keputihan yang normal berwarna putih bening, tidak mempunyai bau, lengket, atau tebal menjaleng menstruasi. Sedangkan menjelang masa subur mempunyai beberapa ciri seperti berwarna bening, licin, dan sedikit basah. Namun jika cairan yang keluar dari vagina berwarna kekuningan dan menimbulkan bau tidak sedap, mungkin Anda terserang infeksi akibat jamur atau bakteri.

2.Vagina gatal dan terasa nyeri

Selain tekstur, warna, dan bau, jika cairan keputihan menimbulkan rasa gatal dan sakit yang mengganggu, bisa jadi Anda mempunyai masalah yang serius pada vagina. Infeksi jamur misalnya, masalah ini bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal, bengkak, dan nyeri di sekitar vulva. Vagina yang terserang infeksi jamur akan menimbulkan nyeri ketika penderita berhubungan seksual.

3.Menimbulkan busa

Keputihan yang berbahaya pada umumnya tidak menimbulkan busa. Namun jika cairan sekresi sampai berbusa bahkan baunya tidak sedap, berarti Anda sedang terserang trikomoniasis. Penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit dengan nama trichomonas vaginalis.

Bakteri tersebut membuat cairan warna putih menjadi kuning kehijauan, berbau busuk, berbusa, dan membuat vagina menjadi nyeri dan gatal ketika buang air kecil.

konsultasi

4.Vagina membengkak

Keputihan yang normal tidak akan menimbulkan rasa gatal sama sekali. Saat terjadinya keputihan yang berbahaya, muncul rasa perih, gatal, kemerahan, bahkan pembengkakan pada vagina, ini tandanya Anda terserang vaginosis bakteri.

Infeksi ringan ini terjadi pada vagina disebabkan oleh bakteri yang merugikan dan membuat cairan berubah menjadi putih, kuning, abu-abu disertai dengan bau amis dan rasa gatal. Segera periksakan kondisi Anda ke dokter jika mengalami kondisi ini.

5.Terdapat bercak darah

Jika cairan terdapat bercak darah, padahal Anda tidak sedang menstruasi. Hati-hati kemungkinan Anda mengidap penyakit menular seksual. Cirinya yakni keputihan berwarna kuning atau keruh disertai nyeri pada panggul, keluarnya urin tanpa disadari, dan terjadi perdarahan di luar siklus haid.

Jika Anda mengalami beberapa tanda dan gejala diatas, segera lakukan konsultasi bersama kami Klinik Apollo untuk dapatkan penanganan terbaik. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa reservasi di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai keputihan yang berbahaya, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.