susah buang air kecil

Cara Menangani Susah Buang Air Kecil

Obat susah buang air kecil diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Ada beberapa jenis obat yang digunakan untuk atasi masalah ini. Maka dari itu, penting untuk mengenal cara kerja obat susah buang air kecil dan berbagai efek samping yang mempengaruhinya.

Frekuensi normal buang air kecil yakni 3 sampai 6 kali dalam sehari. Menahan kencing terlalu lama atau sering dapat melemahkan otot pada kandung kemih. Susah buang air kecil umumnya berkembang secara perlahan seiring berjalannya waktu dan bisa terjadi pada semua kalangan di berbagai usia.

Meski lebih sering terjadi pada kalangan lansia, karena adanya pembesaran kelenjar prostat, namun masalah ini juga bisa terjadi pada wanita. Sulit buang air kencing disertai dengan gejala lain seperti aliran urin yang menetes sangat lemah, nyeri ketika berkemih dan rasa tidak tuntas setelah selesai berkemih.

Baca juga: Penyebab Sering Buang Air Kecil Secara Terus Menerus

konsultasi

Bagaimana Cara Menangani Susah Buang Air Kecil

Beberapa hal yang bisa menyebabkan sulit buang air kencing yakni adanya peradangan dan infeksi pada prostat, saluran kemih, berbagai jenis obat, efek samping dari operasi, terbentuknya jaringan parut yang menyumbat saluran kemih, batu ginjal, gonore, dan berbagai jenis kondisi lainnya.

Obat sulit buang air kencing bisa diberikan sesuai dengan penyebab yang menjadi dasarnya. Obat antibiotic akan diberikan apabila terdapat infeksi dan obat untuk menangani pembesaran prostat jika ada keluhan tersebut.

1.Pemasangan kateter urine

Susah buang air kecil bisa menimbulkan rasa nyeri karena ada timbunan urin di kandung kemih yang tidak bisa dikeluarkan, masalah ini seringkali harus ditangani dengan berbagai prosedur pemasangan kateter urin.

Jika ditemukan sumbatan pada saluran kemih karena adanya pembesaran prostat, struktur, atau tumor, pemasangan kateter urin bisa dilakukan melalui lubang yang sudah dibuat dibagian bawah perut. Tindakan ini akan didahului dengan proses bius.

konsultasi

susah buang air kecil

2.Prosedur operasi

Prosedur operasi bisa menjadi pilihan untuk menangani kasus prostat yang membesar, karena tidak ada kemajuan setelah penderita mengkonsumsi obat sebelumnya. Proses operasi operasi bisa berupa pembedahan melalui saluran kemih, uretrotomi internal yakni pembedahan untuk mengatasi penyumbatan saluran kemih yang diakibatkan striktur.

Tindakan ini mempunyai beberapa resiko dan efek samping kepada penderitanya, mulai dari infeksi saluran kemih, perdarahan, kerusakan kandung kemih, ginjal, dan inkontinensia urin.

Kompres bagian perut bawah menggunakan air hangat, proses ini akan membantu merelaksasi otot kandung kemih dan membantu melancarkan buang air kecil penderitanya. Jika ada keluhan sulit buang air kecil, segera periksakan kondisi diri Anda ke dokter merupakan langkah paling tepat untuk dapatkan obat serta penanganan yang tepat.

konsultasi
Ketika berkonsultasi, dokter akan telusuri riwayat keluhan dan penyakit yang mengintai Anda. Kemudian melakukan pemeriksaan secara fisik dan mereka akan menyarankan pemeriksaan penunjang yang tepat untuk menentukan diagnose. Setelah itu, dokter akan memberi penanganan yang paling tepat untuk Anda.

Jika Anda benar-benar merasa tidak nyaman dengan kondisi kesulitan buang air kecil, segera periksakan masalah tersebut bersama kami Klinik Apollo untuk dapatkan penganan terjamin dan terjangkau. Semua proses di jalankan menggunakan alat yang canggih dan modern.

Dokter yang akan menangani sudah berpengalaman dalam bidangnya, maka Anda akan segera sembuh dari masalah ini. Semua pasien akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang berkualitas. Lakukan reservasi sekarang juga dengan hubungi 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai susah buang air kecil, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.