keputihan abnormal

Bagaimana Tanda-Tanda Keputihan Abnormal

Keputihan merupakan sebuah kondisi normal yang pastinya akan dialami semua kalangan wanita yang memasuki usia subur, lalu bagaimana dengan keputihan abnormal?. Namun pada beberapa kasus, kondisi tersebut terjadi karena tidak normal atau ada akibat lain yang mendasarinya.

Baca juga: Atasi Keputihan Berlebihan Saat Hamil

konsultasi

Bagaimana Keputihan Bisa Dikatakan Normal?

Menurut ahli medis, keputihan merupakan keluarnya sekresi dari dalam vagina, dimana cairan tersebut membawa sejumlah sel mati dan bakteri. Maka dari itu, kondisi tersebut sering dianggap sebagai salah satu mekanisme pembersihan sistem reproduksi pada kalangan wanita.

Sekresi merupakan sebuah momok yang menyeramkan bagi beberapa kalangan wanita. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, sekresi tersebut sering membuat kepercayaan diri menurun, terutama pada kalangan wanita yang sudah menikah. Keputihan bisa digolongkan menjadi dua bagian, yakni keputihan normal dan keputihan yang harus Anda waspadai atau abnormal.

Jadi keputihan normal merupakan sebuah cairan yang mempunyai warna bening hingga putih keruh, tidak menimbulkan bau, dan tidak akan ada keluhan gatal atau rasa tidak nyaman. Ketika seorang wanita mengalami peningkatan gairah seksual, masuk pada masa ovulasi, sedang hamil atau menyusui, sekresi keputihan yang keluar memang cenderung lebih kental.

konsultasi

keputihan abnormal

Bagaimana Tanda-Tanda Keputihan Abnormal

1.Menggumpal

Sekresi keputihan akan menggumpal dan menjadi salah satu tanda adanya infeksi jamur. Pada kasus yang parah, gumpalan yang terjadi dapat menyerupai lelehan keju, menimbulkan gatal, sensasi panas, dan terasa nyeri setelah buang air kecil atau berhubungan seksual.

2.Berbau

Penyakit menular seksual, infeksi jamur atau bakteri bisa menyebabkan cairan keputihan yang keluar dalam vagina mempunyai bau menyengat. Keputihan akibat kondisi tersebut bisa menimbulkan keluhan lainnya seperti perih, gatal, kemerahan hingga bengkak pada bagian vagina.

3.Mengalami perubahan warna

Pada kasus keputihan abnormal, cairan yang keluar dari dalam vagina bisa berubah menjadi kuning, coklat, hijau, bahkan merah muda. Pada beberapa kondisi yang mendasari kondisi ini yakni infeksi bakteri, gangguan di bagian rahim hingga adanya sel kanker.

konsultasi

4.Mencegah Keputihan Tidak Normal

Beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya keputihan abnormal, yakni:

•Sering ganti pakaian dalam Anda, terutama jika mengeluarkan banyak keringat atau terasa lembab di sekitar vagina

•Hindari penggunaan celana yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat

•Anda bisa menggunakan pantyliner jika perlu, jangan lupa untuk mengantinya setiap beberapa jam sekali.

•Ketika membasuh vagina, lakukan dari arah depan kebelakang, kemudian seka dengan handuk yang bersih hingga benar-benar kering

•Jauhi produk pembersih vagina yang bisa mengubah tingkat keasaman serta struktur bakteri di area tersebut.

Jika Anda sudah menjalankan tindakan diatas, namun masih mengalami keputihan tidak normal, jangan ragu untuk konsultasi bersama dokter, jangan anggap masalah ini sepele. Sebab kondisi tersebut akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

Apabila Anda memperoleh tanda-tanda keputihan abnormal tersebut, saran terbaik kami yakni segera periksakan kondisi ke dokter atau ahli kesehatan. Terlebih jika sekresi yang Anda alami sering terjadi atau berulang-ulang.

Percayakan kesehatan organ intim Anda kepada ahli medis yang tepat. Tips dan cara mencegah keputihan telah kami uraian secara singkat dan jelas untuk menjauhkan Anda dari berbagai penyakit yang berbahaya. Walaupun tidak terlihat serius, selalu rawat dan sayangi organ genital Anda sebaik mungkin.

Jika Anda mengalami masalah di atas, segera lakukan konsultasi bersama dokter terbaik kami di Klinik Apollo untuk memperoleh penanganan yang tepat. Lakukan reservasi bersama kami sekarang di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai keputihan abnormal, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.