keputihan berlebihan

Atasi Keputihan Berlebihan Saat Hamil

Di masa kehamilan banyak sekali hal yang dikhawatirkan oleh kalangan wanita, termasuk keputihan berlebihan. Kondisi kesehatan ibu hingga bayi dalam kandungan, pada umumnya menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Terdapat beberapa kondisi yang mencemaskan bagi mereka wanita hamil. Salah satunya masalah, sebenarnya keputihan pada masa kehamilan merupakan hal wajar. Namun pada beberapa kalangan, masalah ini membuat mereka merasa tidak nyaman.

Baca juga: Apa Penyebab Keputihan Berwarna Kuning?

konsultasi

Penyebab Keputihan Berlebihan Pada Masa Kehamilan

Ketika hamil, leher rahim serta dinding vagina menjadi lembut daripada biasanya. Itu yang menyebabkan vagina Anda mengeluarkan cairan berlebihan. Tak hanya itu saja, produksi cairan yang banyak juga akan mempengaruhi hormone estrogen tubuh wanita hamil. Selama keputihan berwarna bening atau putih susu dan tidak menimbulkan bau, Anda tidak perlu khawatir.

Masalah yang perlu diwaspadai yakni keputihan berlebihan berwarna putih susu cenderung abu-abu, kuning, dan kehijauan. Hal tersebut bisa menjadi tanda adanya gangguan kehamilan atau gejala infeksi di sekitar vagina. Tidak hanya dari warna, jika keputihan mempunyai bau menyengat dan membuat vagina terasa gatal, sebaiknya segera atasi dengan penanganan medis.
konsultasi

 keputihan berlebihan

Mengatasi Keputihan Berlebihan Pada Masa Kehamilan

Walaupun masalah yang wajar, ternyata mengalami keputihan berlebihan membuat beberapa wanita tidak merasa nyaman. Tak hanya itu saja, apabila keputihan tidak ditangani dengan baik tentu akan membawa penyakit baik pada sang ibu atau bayi dalam kandungan. Karena vagina yang lembab menjadi lebih mudah terserang bakteri. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keputihan di masa kehamilan.

1.Membersihkan vagina dengan tepat

Membersihkan area vagina pasti dilakukan semua kalangan wanita. Namun, Anda harus memahami dengan baik cara membersihkan vagina dengan tepat. Sebaiknya bersihkan dari arah depan ke belakang. Hal tersebut akan menghindari resiko vagina terserang bakteri pada saluran kantung kemih atau anus.

konsultasi

2.Bawa selalu celana cadangan

Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan celana dalam cadangan ketika akan bepergian. Jika keputihan yang keluar dalam jumlah banyak, sebaiknya Anda mengganti celana dalam dengan yang bersih, agar vagina tidak lembab dan kesehatan terus terjaga. Ini merupakan salah satu cara yang mudah dan efektif demi terhindari dari berbagai masalah pada vagina.

3.Jaga vagina anda selalu bersih dan kering

Setelah buang air kecil, mandi, dan berolahraga, usahakan untuk membersihkan area vagina Anda dengan lap atau tisu. Jangan menggosok bagian intim. Anda hanya perlu menepuk ares yang basah tersebut agar tetap kering.

4.Hindari toilet yang kotor

Sebaiknya cari toilet yang kebersihannya selalu terjaga. Menggunakan toilet yang kotor bisa menyebabkan keputihan bertambah banyak. Bakteri dan air yang kotor dari toilet tersebut dapat membahayakan kondisi kesehatan vagina Anda.

5.Mengatur gaya hidup menjadi lebih sehat

Menjaga pola hidup sehat akan membantu Anda untuk atasi keputihan berlebihan di masa kehamilan. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan minum air putih yang cukup akan membantu Anda kurangi keputihan berlebihan ketika sedang mengandung. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan secara rutin agar kesehatan Anda tetap terjaga dengan baik.

Kami Klinik Apollo akan membantu atasi semua masalah yang Anda alami. Lakukan reservasi sekarang untuk memperoleh penanganan yang tepat dan akurat di 081233881616. Tenaga medis yang bekerjasama dengan kami berpengalaman dan ahli dalam bidangnya. Demikian kami sampaikan mengenai keputihan berlebihan, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.