fungsi serviks

Apa Saja Penyebab Fungsi Serviks Terjadi?

Leher rahim termasuk salah satu organ penting bagi kalangan wanita yang harus dijaga kesehatannya, lalu apa itu fungsi serviks?. Hal tersebut disebabkan leher rahim rentan terserang penyakit yang harus diwaspadai. Salah satu penyakit yang bisa terjadi pada leher rahim yakni servisitis.

konsultasi

Bagaimana Penyebab Seseorang Terkena Gangguan Fungsi Serviks?

Serviks atau leher rahim merupakan lorong yang membatasi vagina dan rahim di area kelamin wanita. Mulut rahim berfungsi sebagai pertahanan pertama rahim. Sedangkan serviks mempunyai fungsi untuk melepaskan lendir dan membantu sperma agar bisa masuk kedalam uterus dan membuahi sel telur.

Fungsi serviks lainnya yakni untuk melindungi rahim dari berbagai bakteri yang bisa masuk kedalam rahim. Itu sebabkan fungsi serviks harus Anda jaga dengan baik, terutama menjelang proses persalinan. Serviks yang sehat bisa membantu mempermudah proses persalinan secara normal dengan bayi yang sehat.

Penyakit servisitis merupakan infeksi serviks atau leher rahim. Leher rahim sangat rentang terserang infeksi akibat persalinan atau hubungan seksual dengan penderita infeksi kelamin. Infeksi tersebut dapat bertahan lama, jika tak diobati dan berisiko menimbulkan kerusakan pada serviks. Servisitis dapat terjadi akibat berbagai penyebab, diantaranya:

konsultasi

fungsi serviks

1.Infeksi menular seksual

Infeksi ini disebabkan oleh penyakit yang ditularkan secara seksual meliputi area gonore, virus herpes, Hpv, serta infeksi bakteri jenis lainnya sepert trikomoniasis dan bakterial vaginosis. Wanita dengan usia muda beresiko terserang servisitis akibat berhubungan seksual yang tidak aman atau menjalankan seks bebas.

2.Menggunakan kondom

Alat kontrasepsi yang tidak bersih bisa berisiko memicu timbulnya infeksi, peradangan dan reaksi alergi pada mulut rahim. Penyebab paling umum yakni penggunaan kondom pada kalangan wanita.

3.Setelah melahirkan

Mengalami trauma, seperti saat melahirkan atau adanya komplikasi pasca lahir bisa memudahkan infeksi bakteri masuk dan berkembang di mulut rahim atau serviks.

konsultasi

4.Gangguan hormone

Gangguan hormonal pada kalangan wanita seperti halnya estrogen pada masa kehamilan, pubertas, menopause akan memicu infeksi bakteri dalam leher rahim.

•Adanya kanker

•Pertumbuhan bakteri flora yang tidak bisa dikendalikan

5.Pencegahan penyakit servisitis

Selalu jaga kebersihan alat kelamin menjadi cara pencegahan paling utama agar terhindar dari penyakit jenis ini. Memberi edukasi mengenai seks sedini mungkin merupakan hal penting untuk mencegah pergaulan bebas. Salah satu faktor resiko yang dapat memicu infeksi menular seksual dan peradangan fungsi serviks itu sendiri.

Jalakan terapi setelah proses persalinan, seperti memberi antibiotik dan istirahat yang cukup, akan membantu menjaga daya tahan leher rahim. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan secara rutin, terutama pada penderita diabetes, sebab mereka sangat rentan terserang penyakit kandidiasis.

6.Pengobatan penyakit servisitis

Sangat penting bagi kalangan wanita untuk memahami gejala dan tanda penyakit servitis sedini mungkin. Semakin cepat gejala diketahui, maka penyakit tersebut bisa diobati dengan segera. Dokter akan menanyakan keluhan serta riwayat medis yang berhubungan dengan infeksi pada alat kelamin. Untuk memastikan diagnosis, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang diantaranya:

•Inspeksi, merupakan pemeriksaan dengan alat bantu spekulum untuk melihat perubahan patologis pada leher rahim, seperti warna.

•Pap smear, merupakan pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendeteksi adanya resiko kanker serviks. Pemeriksaan ini sangat penting dilakukan wanita dengan usia 40 tahun keatas.

•Endoskopi merupakan pemeriksaan yang lebih jelas mengenai keadaan vagina dan leher rahim yang abnormal

•Biopsi dilakukan dengan mengambil sampel jaringan serviks untuk dideteksi jenis bakteri yang menimbulkan peradangan pada serviks.

Kami Klinik Apollo akan membantu semua masalah Anda dengan sepenuh hati. Lakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai fungsi serviks pada kalian semua, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.