keputihan berwarna kuning

Apa Penyebab Keputihan Berwarna Kuning?

Keputihan berwarna kuning merupakan salah satu kondisi yang banyak dikeluhkan oleh kalangan wanita. Keputihan yang mengalami perubahan warna memang harus diwaspadai. Apabila keputihan berwarna kuning, kemungkinan sebagai tanda adanya infeksi dan Anda perlu mencari tahu penyebabnya. Cairan dalam vagina yang normal mempunyai warna jernih, putih atau kekuningan. Sedangkan teksturnya beragam, mulai dari elastis, lengket, encer, rekat dan tampak lebih kental.

Baca juga: Penyakit Yang Menimbulkan Keputihan Berwarna Hijau

konsultasi

Apa Saja Penyebab Keputihan Berwarna Kuning?

1.Infeksi jamur

Infeksi jamur bisa menyebabkan keputihan berwarna kuning pucat seperti halnya keju dengan konsistensi yang padat. Kemungkinan akan disertai rasa gatal, nyeri, dan pembengkakan di sekitar vulva, dan terasa nyeri saat melakukan hubungan seksual.

2.Gonore

Penyakit menular seksual yang ditandai dengan keputihan berwarna kuning atau keruh bisa disebabkan oleh gonore. Gonore dapat disertai dengan pendarahan di luar siklus haid, nyeri panggul, nyeri ketika buang air kecil, dan tidak bisa menahan buang air kecil.

3.Trikomoniasis

Kondisi tersebut memungkinkan keputihan berwarna hijau kekuningan dan menimbulkan busa. Gejala lain dari penyakit seksual jenis ini biasanya disertai dengan bau tak sedap seperti rasa nyeri di bagian vagina, gatal, atau sakit ketika buang air kecil.

4.Bakteri vaginosis

Kondisi seperti ini memungkinkan keputihan berwarna kuning, abu-abu, dan berbau amis. Penderitanya juga kemungkinan besar akan merasa perih dan gatal di area kemaluan. Selain itu, daerah di sekitar vagina memerah dan menimbulkan bengkak.

konsultasi

keputihan berwarna kuning

Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan Berwarna Kuning?

Untuk mengatasi keputihan berwarna kuning, tergantung dari penyebabnya. Infeksi jamur pada umumnya diobati dengan antijamur dalam bentuk gel atau krim yang dioleskan pada vagina. Sedangkan penanganan keputihan akibat bacterial vaginosis dan trikomoniasis hampir sama yakni menggunakan antibiotik yang dikonsumsi menggunakan mulut atau produk krim dengan cara dioles pada vagina.

Keputihan berwarna kuning yang disebabkan oleh gonore membutuhkan pengobatan menggunakan antibiotik. Kemungkinan obat yang akan diberikan melalui suntikan atau dikonsumsi secara oral. Untuk mengobati keputihan berwarna kuning yang disebabkan oleh penyakit menular seksual, tidak hanya penderitanya yang perlu memperoleh pengobatan, pasangan seksual penderitanya juga perlu diobati agar tidak terjadi penularan berluang.

konsultasi

Tips Mencegah Keputihan Berwarna Kuning

Sebenarnya vagina tidak perlu dibasuh menggunakan produk khusus, sebab vagina mempunyai mekanisme untuk menjaga kebersihannya. Justru, keputihan atau iritasi pada vagina kerap dipicu penggunaan sabun yang berlebihan. Ini dia beberapa metode yang bisa di jalankan untuk mencegah terjadinya keputihan:

•Cuci vagina Anda menggunakan sabun dengan tekstur lembut. Hindari penggunaan sabun dengan kandungan pengharum, produk pembersih khusus vagina serta semprotan khusus wanita

•Keringkan vagina Anda baik bagian depan dan belakang, guna mencegah berpindahnya bakteri dari anus ke vagina yang bisa sebabkan infeksi.

•Sangat penting bagi wanita untuk memperhatikan perubahan pada sekresi atau keputihan yang dialaminya, termasuk ketika terjadi perubahan warna, tekstur, dan bau. Anda pun harus mewaspadai timbulnya gejala jenis lain seperti kemerahan, bengkak, gatal, atau pendarahan di luar siklus haid.

Jika keputihan berwarna kuning menyebabkan perubahan atau gangguan di bagian organ intim, segera temui dokter. Hindari penggunaan obat antibiotik di luar anjuran dokter. Jika masalah tak kunjung usai, Anda bisa segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Lakukan reservasi dengan mudah bersama kami di nomor 081233881616. Demikian ulasan singkat kami mengenai keputihan berwarna kuning semoga memberi banyak informasi bermanfaat kepada Anda. Sekian terima kasih.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.