buang air kecil sakit

Alami Buang Air Kecil Sakit Apakah Bahaya?

Buang air kecil sakit dan menyakitkan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab umum adalah infeksi saluran kemih (ISK) atau infeski kandung kemih. Buang air kecil bisa terasa sakit jika kandung kemih meradang Peradangan dapat terjadi bahkan jika tidak memiliki infeksi. Beberapa pengobatan dapat mengobarkan kandung kemih. Sesuatu yang menekan kandung kemih seperti kista atau batu ginjal yang menempel di dekat lubang kandung kemih juga dapat menyebabkan buang air kecil yang menyakitkan.

Mengapa Bisa Terjadi Buang Air Kecil Sakit?

Buang air kecil mengacu pada rasa sakit atau ketidaknyamanan yang terkait dengan buang air kecil (kencing). Ini tidak merujuk pada frekuensi kemih (seringnya kencing). Meskipun gangguan frekuensi sering kali disertai dengan disuria. Buang air kecil yang menyakitkan dapat memiliki penyebab lain seperti infeksi atau peradangan pada vagina atau kelenjar prostat dan kemungkinan merasakan sakit ketika urine melewati jaringan yang meradang. Jika uretra meradang, maka biasanya merasakan sakit ketika urine melewatinya (uretra adalah tabung yang membawa urine dari kandung kemih keluar dari tubuh).

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Buang Air Kecil Sakit?

Buang air kecil sakit bagi wanita dapat terjadi dari hasil:

• Infeksi vagina.
• Infeksi saluran kemih (ISK).
• Peradangan uretra (tabung yang menghubungkan kandung kemih dan alat kelamin) atau vagina yang kemungkinan terkait dengan faktor makanan.

Peradangan juga dapat disebabkan oleh hubungan seksual, douches, sabun, tissue toilet yang beraroma, spons kontrasepsi atau spermisida. Buang air kecil yang menyakitkan untuk pria kemungkinan akibat dari:

• Infeksi saluran kemih (ISK).
• Penyakit prostat.
• Kanker.

Buang air kecil yang menyakitkan untuk ke 2 jenis kelamin dapat disebabkan oleh IMS atau efek samping dari obat-obatan. Pengobatan kanker kemoterapi atau pengobatan radiasi ke area panggul (pelvic) dapat mengobarkan kandung kemih dan dapat menyebabkan buang air kecil yang menyakitkan.

konsultasi

Buang Air Kecil Sakit Dan Tanda Gejala Lainnya

Gejala buang air kecil yang menyakitkan dapat bervariasi antara pria dan wanita, akan tetapi ke 2 jenis kelamin biasanya mengalami sebagai perasaan terbakar, menyengat atau terasa gatal. Rasa sakitnya bisa di awal buang air kecil atau setelah buang air kecil. Nyeri pada awal buang air kecil sering merupakan gejala ISK.

Nyeri setelah buang air kecil dapat menunjukkan masalah dengan kandung kemih atau prostat. Bagi kebanyakan penderita pria, rasa sakit dapat bertahan di penis sebelum dan sesudah buang air kecil. Gejala untuk penderita wanita bisa internal atau eksternal. Rasa sakit di luar area vagina dapat disebabakn oleh peradangan atau iritasi pada kulit sensitif ini. Nyeri internal dapat menjadi gejala ISK.

konsultasi

Bagaimana Kondisi Ini Didiagnosis?

Baik pada pria maupun pada wanita yang mengalami buang air kecil sakit dan menyakitkan maka harus melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Disuria dapat menjadi gejala kondisi fisik yang lebih luas yang kemungkinan harus diobati. Dokter biasanya akan mendiagnosis penyebab buang air kecil yang menyakitkan dengan deskripsi gejala dan analisis sampel urine.

Sampel ini akan dianalisis untuk sel darah putih, sel darah merah atau bahan kimia asing. Kemunculan sel darah putih akan memberi tahun jika adanya peradangan pada saluran kemih. Kultur urine dalam 2 hari akan mendapatkan hasil akhir dan mengungkapkan jika adanya infeksi dan bakteri yang menyebabkan ISK.

Selain itu juga mengetahui pengobatan antibiotik yang bekerja dalam mengobati bakteri. Jika tidak adanya tanda-tanda infeksi yang ditemukan dalam sampel urine, kemungkinan disarankan untuk melakukan tes atau pengujian tambahan untuk melihat kandung kemih atau prostat. Untuk penderita wanita, dokter dapat mengambil sampel swab dari lapisan vagina atau uretra untuk melakukan pemeriksaan tanda-tanda infeksi.

Dengan mengambil riwayat medis termasuk menanyakan mengenai kondisi medis yang kemungkinan dimiliki seperti diabetes mellitus atau gangguan imunodefisiensi. Kemungkinan juga menanyakan mengenai riwayat seksual untuk menentukan IMS penyebab rasa sakit. Tes atau pengujian untuk menyaring IMS juga diperlukan.

buang air kecil sakit

Apa Pengobatan Yang Tepat Untuk Kondisi Ini?

Pengobatan untuk buang air kecil sakit tergantung pada penyebab rasa sakitnya. Dengan menentukan buang air kecil sakit disebabkan oleh infeksi, peradangan, faktor makanan atau masalah dengan kandung kemih atau prostat adalah langkah pertama dalam pengobatan. ISK paling sering diobati dengan pengobatan antibiotik.

Peradangan yang disebabkan oleh iritasi pada kulit biasanya diobati dengan menghindari penyebab iritasi. Disuria yang disebabkan oleh kondisi kandung kemih yang mendasari atau prostat diobati dengan mengatasi kondisi yang mendasarinya. Ada beberapa langkah dapat diambil untuk mengurangi ketidaknyamanan buang air kecil yang menyaktkan termasuk meminum lebih banyak air untuk mengobati buang air kecil yang menyakitkan.

Pengobatan lain membutuhkan pengobatan sesuai resep dokter. Jika sering menderita ISK, lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk memeriksa penyebab yang mendasarinya dari kondisi ini. Namun kini ada salah 1 klinik yang menangani penyakit kelamin yaitu Klinik Apollo. Hanya dengan menghubungi kami melalui nomor 081233881616 Anda sudah dapat melakukan pengobatan di klinik kami atau dengan layanan dibawah ini.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.