orkitis pada pria

Tanda Dan Penyebab Orkitis Pada Pria

Pembengkakan pada skrotum merupakan kelainan yang menimbulkan benjolan, pembengkakan atau pembesaran kantung buah zakar atau orkitis pada pria. Skrotum sendiri dalam dunia medis dikenal dengan testis, yakni kantong kulit yang bertugas untuk memproduksi, mengatur, dan menampung sperma serta berbagai jenis hormone pria lainnya.

Kelainan skrotum ini bisa terjadi karena sekresi yang menumpuk, pertumbuhan berbagai jaringan hormone tidak normal dan kandungan skrotum yang mengeras, bengkak, dan menimbulkan peradangan. Dalam beberapa kasus, pembengkakan testis tidak akan berkembang menjadi kanker. Namun penyakit ini bisa menimbulkan resiko menjadi tumor jinak atau kanker testis.

Baca juga: Orchitis Adalah Peradangan Pada Testis Dalam Skrotum

konsultasi

Apa Penyebab Orkitis Pada Pria

Pembengkakan skrotum lebih banyak menyerang kalangan pria dewasa dibandingkan anak-anak. Mereka terlahir dengan kelainan di bagian testis, skrotum dan ginjal lebih beresiko terserang kondisi tersebut. Namun pada dasarnya penyakit ini bisa menyerang siapa pun, karena berbagai penyebab.

Penyakit menular seksual seperti klamidia dapat mengakibatkan peradangan di saluran sperma yang akan memicu penyakit massa skrotum. Penimbunan cairan atau hidrokel memungkinkan terjadi masa skrotum. Dalam keadaan normal, skrotum hanya menampung cairan dalam jumlah rendah, sehingga akan terjadi pembengkakan jika terlalu banyak cairan yang menumpuk.

Kanker testis pada umumnya muncul karena pertumbuhan sel tidak normal pada testis yang kemudian berubah menjadi jaringan kanker. Sel tersebut yang menyebabkan pembengkakan orkitis pada pria.

konsultasi

Tanda-Tanda Apa Yang Perlu Anda Waspadai?

•Munculnya benjolan yang tidak wajar

•Rasa nyeri di bagian abdomen, tulang ekor yang menyerang secara tiba-tiba dan selangkangan

•Kulit skrotum yang memerah

•Munculnya benjolan tidak wajar

•Penanganan serta pengobatan di bagian skrotum

•Demam jika pembengkakan pada skrotum disebabkan oleh infeksi

•Mual dan muntah

konsultasi

orkitis pada pria

Kebanyakan kasus orkitis pada pria bisa disembuhkan hanya dengan penanganan yang tepat. Tindakan yang dilakukan untuk menangani dan mengobati kondisi ini berbeda antara satu dengan lainnya, tergantung pada penyebab penyakit itu sendiri.

Jika pembengkakan disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, dokter akan memberi resep antibiotik dan obat pereda rasa nyeri. Anda juga kami sarankan untuk beristirahat dan menjaga pola makan yang seimbang setiap waktunya.

Apabila ditemukan tumor di bagian skrotum, biasanya pengobatan yang ditawarkan berupa operasi untuk mengangkat dan pengeringan tumor. Tindakan ini dipengaruhi berbagai jenis faktor seperti adanya resiko kemandulan dan berbagai jenis infeksi.

Untuk masa skrotum yang terjadi karena tumbuhnya sel kanker di bagian testis, Anda bisa memilih jalankan beberapa pengobatan seperti kemoterapi, radioterapi, atau operasi untuk pengangkatan sel kanker. Pilihan ini bergantung pada kondisi sel kanker itu sendiri, apakah hanya tumbuh di bagian testis atau menyebar ke bagian organ lainnya.

Pada beberapa kasus orkitis pada pria, skrotum Anda bahkan tidak memerlukan pengobatan. Apabila hasil diagnosis menunjukan bahwa pembengkakan skrotum tidak terlalu besar dan tidak menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman, dokter Anda mungkin akan membiarkan hal tersebut terjadi.

Cara Mencegah Orkitis Pada Pria

Kondisi ini bisa dicegah dari awal, Anda harus memastikan menggunakan pengaman ketika berhubungan seksual untuk mencegah serangan infeksi seks tersebut. Anda bisa menggunakan pelindung penis ketika berolahraga untuk hindari cedera yang tidak diharapkan.

Anda bisa lakukan sebuah pemeriksaaan mandiri selama sebulan agar bisa mendeteksi masa skrotum atau penyakit lainnya sedari dini. Lakukan pemeriksaan ini setelah Anda mandi menggunakan air hangat dan berdiri di depan kaca. Perhatikan dengan baik, apakah muncul ruam atau kemerahan di pada kulit penis.

Untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut Anda bisa lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi segera hubungi kami di nomor 081233881616 ini. Demikian mengenai penyakit orkitis pada pria, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.