prostatitis adalah

Prostatitis Adalah Terjadinya Peradangan Pada Kelenjar Prostat

Prostatitis adalah kondisi yang sangat menyakitkan dimana prostat meradang, bengkak dan lunak. Ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau hanya meradang. Prostatitis adalah peradangan atau pembengkakan kelenjar prostat. Bisa sangat menyakitkan dan menyusahkan akan tetapi bisa membaik seiring waktu.

Prostat adalah kelenjar yang kecil yang ditemukan pada pria yang terletak diantara penis dan kandung kemih. Ini menghasilkan cairan yang dicampur dengan sperma untuk membuat air mani. Tidak seperti kondisi prostat lainnya seperti pembesaran prostat atau kanker prostat yang biasanya menyerang pria dewasa, prostatitis dapat berkembang pada pria dari segala usia. Akan tetapi biasanya dapat mempengaruhi pria yang berusia antara 30 tahun hingga 50 tahun.

Pengertian Prostatitis Adalah

Prostatitis adalah kondisi yang sering menyakitkan yang melibatkan peradangan pada prostat dan terkadang di area sekitar prostat. Pria dengan prostatitis inflamasi asimtomatik tidak memiliki gejala. Dokter dapat mendiagnosis prostatitis inflamasi asimtomatik saat melakukan pengujian gangguan saluran kemih atau saluran reproduksi lainnya. Jenis prostatitis ini tidak menyebabkan komplikasi dan tidak memerlukan pengobatan.

konsultasi

Penyebab Utama Prostatitis Adalah

Penyebab prostatitis adalah penyebab yang berbeda tergantung pada jenisnya:

1. Prostatitis Kronis Atau Sindrom Nyeri Panggul (Pelvic) Kronis
Penyebab pasti dari prostatitis kronis atau sindrom nyeri panggul (pelvic) kronsi tidak diketahui. Kemungkinan mikroorganisme meskipun bukan infeksi bakteri yang dapat menyebabkan kondisi tersebut. Jenis prostatitis ini kemungkinan berhubungan dengan bahan kimia dalam urine, respons sistem kekebalan terhadap infeksi saluran kemih (ISK) atau kerusakan saraf di area panggul (pelvic).

2. Prostatitis Bakteri Akut Dan Kronis
Infeksi bakteri pada prostat dapat menyebabkan prostatitis bakteri. Tipe akut terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam waktu yang singkat sedangkan tipe kronis berkembang perlahan dan berlangsung lama seringkali bertahun-tahun. Infeksi ini dapat terjadi ketika bakteri melakukan perjalanan dari uretra ke prostat.

Baca Juga : Tanda Dan Penyebab Orkitis Pada Pria

konsultasi

Simak, Tanda-Tanda Prostatitis Pada Pria

Tanda dan gejala prostatitis adalah tanda dan gejala yang tergantung pada jenisnya, meliputi:

1. Prostatitis Akut
Gejala prostatitis akut meliputi:

• Rasa sakit yang kemungkinan parah didalam atau disekitar penis, testis, anus, perut bagian bawah atau punggung bawah yang menyakitkan.
• Gejala kemih seperti rasa sakit ketika kencing, sering kencing (terutama di malam hari), masalah kencing yang tidak henti, kebutuhan mendesak untuk kencing dan terkadang adanya darah dalam urine.
• Tidak bisa kencing yang menyebabkan penumpukan urine dalam kandung kemih atau retensi urine akut yang membutuhkan pengobatan.
• Umumnya merasa tidak enak badan dengan rasa sakit dan nyeri yang kemungkinan demam.
• Sejumlah kecil cairan yang kental dapat keluar dari penis dari uretra atau tabung yang membawa urine keluar dari kandung kemih.

Konsultasikan dengan dokter secara langsung jika memiliki gejala ini, sehingga penyebabnya dapat diselidiki dan pengobatan yang tepat dapat direkomendasikan.

2. Prostatitis Kronis
Kemungkinan menderita prostatitis kronis jika memiliki gejala setidaknya 3 bulan:

• Rasa sakit di dalam dan disekitar penis, testis, anus, perut bagian bawah atau punggung bagian bawah.
• Rasa sakit saat kencing, kebutuhan yang sering atau mendesak untuk kencing terutama di malam hari atau terhentinya kencing.
• Prostat yang membesar atau lunak pada pemeriksaan dubur meskipun dalam beberapa kasus kemungkinan normal.
• Masalah seksual seperti disfungsi ereksi, nyeri saat ejakulasi atau nyeri panggul (pelvic) setelah berhubungan seksual.

Gejala-gejala ini dapat berdampak signifikan pada kualitas hidup. Akan tetapi dalam kebanyakan kasus, secara signifikan akan membaik seiring waktu dan dengan pengobatan.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Prostatitis?

Prostatitis adalah kondisi yang biasanya didiagnosis dengan menganalisis sampel urine dan menjalani pemeriksaan kelenjar prostat oleh dokter. Pemeriksaan ini melibatkan pemeriksaan colok dubur untuk meraba kelenjar prostat dan merasakan adanya kelainan pada kelenjar tersebut. Terkadang dokter juga dapat mengumpulkan dan menguji sampel cairan prostat.

Terkadang pijat prostat dilakukan untuk membandingkan sampel cairan prostat sebelum dan sesudah intervensi ini dilakukan. Untuk melakukan prosedur ini, dokter memijat kelenjar prostat selama pemeriksaan dubur secara digital. Karena adanya kekhawatiran prosedur ini dapat melepaskan bakteri ke dalam aliran darah, tes atau pengujian ini dikontraindikasikan dalam kasus prostatitis bakteri akut.

prostatitis adalah

Bagaimana Cara Mengobati Pria Dengan Prostatitis

Pengobatan untuk prostatitis tergantung pada penyebab dan jenis prostatitis yang mendasarinya. Pengobatan antibiotik diresepkan jika penyebabnya adalah infeksi bakteri. Semua bentuk prostatitis memerlukan kontrol rasa nyeri jika diperlukan, pengobatan, penyembuhan komplikasi dan efek samping di pantau secara ketat oleh dokter. Dalam kasus tertentu, beberapa orang dengan prostatitis kemungkinan memerlukan pengobatan seperti:

• Pengobatan antibiotik untuk menentukan antibiotik spesifik dan lamanya pengobatan.
• Pengobatan antiinflamasi dapat membantu mengelola rasa sakit.
• Pengobatan dengan mengendurkan serat otot di sekitar kandung kemih dan kelenjar prostat, pengobatan ini dapat mengurangi gejala kemih dan membantu mengosongkan kandung kemih.

Untuk lebih jelas mengenai info pengobatan ini. Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081233881616 atau bisa juga dengan melalui layanan konsultasi online seperti dibawah ini. Pengobatan di Klinik Apollo sangat terjangkau dengan ditangani secara langsung oleh dokter.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.