phimosis adalah

Phimosis Adalah Infeksi Karena Tidak Sunat?

Menurut beberapa sumber, sunat merupakan prosedur penting yang harus dijalankan anak laki-laki, phimosis adalah resiko yang bisa diperoleh?. Ini disebabkan ada banyak faktor kesehatan yang akan menyerang anak-anak ketika ia dewasa jika tidak disunat.

Menurut ahli medis salah satu manfaat dari sunat yakni melindungi anak laki-laki dari infeksi saluran kemih yang nantinya bisa mengakibatkan masalah pada salah satu organ yakni ginjal.

Baca juga: Proses Dan Manfaat Khitan Dewasa

konsultasi

Phimosis Adalah Infeksi Karena Tidak Sunat?

Dari informasi yang sudah kami sebutkan, beberapa dari penderita yakni kalangan pria yang tidak disunat mengalami masalah di kemudian hari. Adapun pendapat yang mengatakan bahwa sunat membawa dampak buruk pada masalah fungsi seksual, kesenangan ketika dewasa, dan sensitivitas, jadi semua itu hanya mitos belaka.

Seluruh kalangan, baik ahli medis, memang perlu promosikan sunat untuk semua jenis kalangan pria, sebab jika tidak akan menimbulkan masalah atau penyakit yang berbahaya. Walaupun khitan bukan tindakan yang diwajibkan, namun Anda harus memahami resiko yang ditimbulkan karena masalah sepele tersebut.

Memang tidak ada aturan kapan seorang anak harus disunat. Sebagian besar kalangan masyarakat Indonesia menyunatkan anak laki-lakinya ketika sudah menginjak sekolah dasar, ketika berumur 8-12 tahun. Hal tersebut untuk memberikan waktu kepada jaringan penis yang masih luka, agar tidak rusak ketika menyatu atau berkembang.

konsultasi

phimosis adalah

Melakukan proses sunat di bawah usia juga diperbolehkan. Walaupun begitu, pada umumnya dokter melakukan sunat pada anak di bawah 5 tahun. Bagaiamana jika anak disunat ketika ia masih bayi? Seorang anak laki-laki diperbolehkan disunat, namun hal tersebut tidak sembarangan dilakukan. Kondisi bayi harus benar-benar sehat serta organ vitalnya dalam keadaan stabil.

Sunat disarankan kepada bayi, apabila mereka mengalami kondisi tertentu seperti kelainan pada kulup penis, khususnya fimosis atau kelainan pada laki-laki yang belum disunat, dimana kulup melekat kencang pada kepala penis dan tidak bisa ditarik kebagian belakang. Gangguan tersebut biasanya dialami bayi laki-laki, sehingga ia bisa disunatkan ketika masih bayi.

Anda sebaiknya hindari bayi disunat jika dalam kondisi seperti berikut:

•Bayi yang dilahirkan secara prematur

•Bayi yang mengalami masalah tertentu ketika dilahirkan, misalnya cacat bawaan

•Bayi yang mengalami kelainan pada darahnya

•Bayi yang sensitif pada perubahan tertentu, sebab sunat bisa memperburuk kondisi bayi tersebut. Bayi hanya bisa disunat ketika keadaanya sudah stabil dengan pengawasan dokter.

konsultasi

Bagaimana Manfaat Sunat Bagi Kaum Pria

Manfaat utama dari sunat yakni membersihkan diri dari berbagai jenis kotoran serta penyebab penyakit yang melekat pada ujung penis, phimosis adalah salah satunya. Ketika Anda disunat, kulup yang menutupi jalan keluar urin akan dibuang, sehingga penis menjadi semakin mudah dibersihkan dan kemungkinan kotoran yang menempel di ujung menjadi berkurang.

Tidak hanya itu, sunat mempunyai banyak manfaat, diantaranya:

•Mengurangi kemungkinan terserang penyakit kanker pada penis ketika sudah dewasa

•Mengurangi risiko infeksi kandung kemih

•Mengurangi resiko terserang infeksi menular seksual

Jadi sebenarnya banyak manfaat seorang anak-anak menjalani sunat, khitan dewasa pun merupakan salah satu prosedur yang dijalankan pria ketika menginjak usia dewasa, namun resiko menjadi semakin besar. Phimosis adalah salah satu penyakit yang menyerang alat vital yang tidak dipotong, Anda dapat hindari dengan melakukan sunat.

Kami Klinik Apollo akan membantu semua masalah yang dialami, salah satunya phimosis adalah penyakit yang cukup mengganggu. Lakukan reservasi bersama kami di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai phimosis adalah infeksi karena tidak sunat?, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.