mandul

Penyebab Seseorang Menjadi Mandul?

Apakah Anda belum mempunyai keturunan setelah bertahun-tahun menjalani bahtera rumah tangga? Apakah Anda mengalami mandul atau tidak subur?. Tidak hanya itu, beberapa kalangan mayoritas mengira bahwa mandul dan tidak subur mempunyai makna yang sama. Namun ternyata berbeda, lalu dimana letak perbedaanya?

Mandul artinya anda tidak bisa mempunyai anak. Pria dikatakan mandul, jika ia tidak menghasilkan sperma atau sperma yang dihasilkan buruk. Sehingga tidak mampu membuahi sel telur dari wanita.

Hal ini disebabkan karena adanya kerusakan permanen pada testis untuk memproduksi sperma Anda. Sedangkan wanita dikatakan mandul ketika indung telurnya tidak bisa melepaskan telur, sehingga sulit terjadi proses pembuahan. Walaupun begitu, fungsi seksual tetap bekerja normal.

Namun sayangnya Anda sulit mendapatkan keturunan. Kondisi ini sulit diatasi dengan berbagai cara sekalipun, berbeda dengan ketidaksuburan. Namun banyak kalangan yang menyangka ia mandul, padahal hanya tidak subur. Kondisi ini akan membuat putus asa karena tidak bisa hasilkan keturunan.

Maka jika Anda belum mempunyai anak walau sudah beberapa tahun menikah, sebaiknya jangan terburu-buru asumsikan diri Anda mandul. Pastikan dulu kondisi dengan melakukan pemeriksaan ke dokter. Perlu Anda pahami, mandul tidak hanya terjadi pada kalangan wanita, namun pria juga bisa alami kemandulan.

konsultasi

Apa Penyebab Seseorang Menjadi Mandul?

Kemandulan bisa terjadi ketika sperma pada pria atau telur wanita tidak dapat diproduksi, sehingga pembuahan tidak dapat terjadi. Salah satu penyebab kemandulan yakni pengobatan kanker serta kemoterapi.

Selain itu, kemandulan pada wanita bisa terjadi karena menopause diri, di mana indung telur tidak bisa lepaskan telur sebelum menginjak usia 40 tahun. Kelainan genetic ini bisa menyebabkan kemandulan.

Kemoterapi pada kalangan pria bisa menyebabkan kerusakan pada testis, sehingga tidak bisa hasilkan sperma. Kemoterapi bisa membuat jumlah produksi sperma pria menjadi menurun, bahkan tidak ada sama sekali. Kondisi ini bisa terjadi dalam beberapa waktu yang panjang bahkan permanen.

konsultasi

mandul

Apa Itu Tidak Subur?

Banyak kalangan yang berasumsi bahwa tidak subur merupakan mandul. Namun kabar baiknya, jika Anda tidak subur, Anda masih bisa mempunyai keturunan. Dengan usaha yang lebih dari biasanya.

Tidak perlu khawatir, tidak suburnya seorang pria dan wanita masih bisa ditangani, salah satunya dengan operasi atau obat. Bahkan Anda bisa mencoba inseminasi buatan atau program bayi tabung sebagai salah satu metode untuk mempunyai anak.

Tidak subur merupakan sebuah kondisi Anda telah berhubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan pengaman dalam jangka panjang, namun belum mampu hamil atau mempunyai anak.

konsultasi

Anda dikatakan tidak subur, jika kesulitan melakukan pembuahan yakni sperma bertemu dengan sel telur untuk mencapai kehamilan. Ada juga kondisi dimana Anda sudah hamil namun tidak mampu mempertahankan kehamilan Anda sampai bayi lahir, hal ini dapat disebut dengan tidak subur.

Ketidaksuburan bisa terjadi karena adanya gangguan di produksi sperma seorang pria, atau adanya gangguan ketika telur berjalan ke rahim. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa proses untuk mencapai masa kehamilan. Jika salah satu dari keempat tersebut tidak bisa terpenuhi, maka bisa dikatakan Anda tidak subur.

Jika Anda mengalami tanda dan gejala mandul atau tidak subur, bisa lakukan konsultasi bersama kami Klinik Apollo Jakarta untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Mengenai reservasi Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan uraian perbedaan antara mandul dan tidak subur, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.