penyakit herpes kelamin

Penyebab Dan Diagnosis Penyakit Herpes Kelamin

Penyakit herpes kelamin merupakan sebuah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus simpleks. Cara utama penyebaran virus yakni melalui kontak seksual. Setelah pertama kali Anda memperoleh infeksi, virus akan menetap secara dorman dalam tubuh dan bisa terjadi masalah berulang hingga beberapa kali dalam setahun.

Penyakit herpes kelamin bisa menyebabkan rasa nyeri, menimbulkan luka di area genital, dan gatal. Namun seseorang yang terinfeksi kadang tak menunjukan gejala dan tanda sama sekali. Jika penderita telah terinfeksi, peradangan tersebut dengan mudah ditularkan walaupun tak ditemukan luka yang tampak atau kasat mata.

Baca juga: Herpes Genitalis Apakah Bisa Disembuhkan Dengan Cepat?

konsultasi

Penyebab Penyakit Herpes Kelamin

Herpes genital disebabkan oleh virus HSV. Virus tersebut mempunyai beberapa type, yakni HSV 1, jadi pada umumnya akan menyebabkan luka atau lecet di area sekitar mulut. HSV type satu ini pada umumnya menular melalui kontak kulit, walaupun dapat dengan mudah menyebar ke area genital ketika melakukan seks oral.

Hsv type 2 yakni pada umumnya menyebabkan penyakit herpes kelamin. Bakteri tersebut menular melalui kontak seksual atau kulit. HSV tipe kedua ini cukup umum ditemukan dan mudah menular, walaupun seseorang tidak mempunyai jenis luka yang terbuka. Kedua tipe tersebut mudah menular dan akan berpindah dari satu kalangan ke orang lain melalui kontak secara langsung.

Jadi herpes genital pada umumnya ditularkan melalui hubungan seksual seperti anal, oral atau vagina dengan kalangan yang sudah terinfeksi. Walaupun kalangan yang mempunyai gejala herpes genital tak akan menunjukan gejala namun mereka bisa menularkan kondisi tersebut kepada kalangan lainnya.

konsultasi

 penyakit herpes kelamin

Gejala Penyakit Herpes Kelamin

Dapatkah tanda dan gejala penyakit herpes kelamin dikenali? Sebagian besar kalangan yang terinfeksi oleh HSV tidak mengetahui status infeksi mereka, karena pada umumnya tak akan menunjukan tanda dan gejala, atau hanya menunjukan tanda yang ringan. Jika terdapat beberapa gejala, hal tersebut pada umumnya hanya timbul selama 12 hari setelah ekspos terhadap virus. Tanda dan gejala dari herpes genital dapat mencakup:

•Rasa nyeri atau gatal timbul di area genital Anda

•Bintik merah kecil atau lecet berwarna putih yang bisa timbul beberapa waktu hingga minggu setelah terinfeksi

•Luka di area genital yang bisa menyebabkan kesulitan ketika berkemih

•Keropeng disebabkan oleh krusta dari kulit ketika luka masuk pada fase penyembuhan

•Ketika keluhan pertama timbul, hal tersebut disertai dengan gejala dan tanda menyerupai nyeri kepala, flu, demam, dan badan pegal.

•Luka bisa timbul ketika seseorang terinfeksi dan virus bisa ditularkan jika seseorang menyentuh luka atau menggaruk tangan ke bagian tubuh lainnya, contohnya mata.

konsultasi

Diagnosis Penyakit Herpes Kelamin

Menentukan sebuah diagnosis dari herpes genital pada umumnya dilakukan berdasarkan konsultasi medis, pemeriksaan fisik secara langsung dan jenis lainnya. Ada beberapa pemeriksana yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

•Yang pertama yakni kultur virus yang dilakukan dengan cara mengambil sampel jaringan atau bagian kecil dari luka yang ada untuk diamati secara saksama di Lab.

•Polymerase chain reaction merupakan sebuah proses untuk menyalin deoxyribonucleic acid seseorang yang mengandung informasi genetic dalam tubuh dari jaringan atau darah.

Jika Anda tidak merasa nyaman dengan berbagai tanda dan gejala tersebut, bisa lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk memperoleh penanganan yang tepat. Lakukan reservasi dengan mudah melalui 081233881616. Demikian mengenai penyakit herpes kelamin, semoga berikan banyak manfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.