buah zakar besar sebelah

Kondisi Yang Sebabkan Buah Zakar Besar Sebelah

Kondisi buah zakar besar sebelah memang akan membuat kalangan pria khawatir. Ukuran testis yang tidak sama merupakan hal normal dan dialami berbagai jenis kalangan pria. Pada umumnya ukuran testis memang tidak sama secara persis.

Namun jika buah zakar atau skrotum yakni kulit yang membungkus testis Anda mempunyai ukuran satu sama lainnya berbeda, tandanya ada beberapa kondisi kesehatan yang mendasarinya. Mari simak ulasan selengkapnya bersama kami dibawah ini.

Baca juga: BPH Adalah Pembesaran Prostat Jinak

konsultasi

Apa saja Kondisi Yang Sebabkan Buah Zakar Besar Sebelah?

1.Torsio testis

Torsio testis merupakan sebuah kondisi dimana testis terlilit saluran sperma. Testis merupakan kelenjar reproduksi pria dan tempat penyimpanan sperma, mempunyai pengaruh pada sistem endokrin untuk memproduksi hormone testosterone. Menggantungnya testis disebabkan oleh kondisi buah zakar besar sebelah.

Tidak hanya itu, bundel mengandung pembuluh darah dan saraf ke testis serta saluran endokrin lain seperti sperma. Belitan dari tali-tali Kristal akan memotong suplai darah ke dalam testis. Jika terus terbelit, maka testis akan mengalami luka dan ukuranya tidak sama, maka akan terjadi kondisi dimana testis membesar sebelah.

2.Hidrokel testis

Kondisi dimana salah satu buah zakar besar sebelah disebabkan oleh hidrokel testis. Apa yang dinamakan hidrokel testis? Yakni sebuah penumpukan cairan yang tidak menimbulkan rasa nyeri, di bagian satu bahkan kedua testis pria yang menyebabkan skrotum atau selangkangan yang bengkak.

Buah zakar besar sebelah ini akan terlihat dan menyebabkan rasa tidak nyaman, namun biasanya tidak menimbulkan rasa sakit atau bahaya. Gejala dari hidrokel testis yang bisa Anda lihat yakni munculnya bengkak, warna kemerahan pada skrotum, bahkan perasaan tertekan pada area penis.

konsultasi

buah zakar besar sebelah

3.Varikokel

Varikokel merupakan sebuah kondisi pelebaran pembuluh vena dalam buah zakar, kondisi ini mirip dengan varises pada kaki. Fungsi vena yakni membawa darah dari sel dan jaringan untuk kembali kepada jantung, sehingga sel darah akan memperoleh oksigen. Testis yang mengalami kondisi varikokel harus segera Anda tangani dengan proses pembedahan.

Walaupun varikokel tidak akan berpengaruh pada kegiatan sehari-hari, namun bisa menyebabkan pria tidak subur. Varikokel pada umumnya terjadi hanya pada satu bagian testis saja, biasanya membuat testis pria menjadi lebih besar. Mengapa bagian testis kiri saja? Karena vena lebih sering memperoleh tekanan yang lebih besar di sisi kanan, bahkan bisa menyebabkan skrotum pada testis disebrangnya.

konsultasi

Tips Memeriksa Buah Zakar Secara Mandiri

Tahap awal, copot semua pakaian dan hadapkan diri Anda pada cermin. Raba dan sentuh bagian testis, dengan mencari adanya bengkak atau penebalan pada kulit di area testis tersebut. Anda harus memahami, pada umumnya testis tidak mempunyai ukuran yang selalu sama. Jadi jika tidak sama persis, ini merupakan masalah normal.

Sentuh menggunakan kedua tangan, periksa satu persatu testis Anda dengan teliti. Letakan jari di belakang skrotum dan ibu jari di bagian atas. Lalu tekan lembut tetis menggunakan jari-jari Anda. Apabila Anda merasa urat yang terhubung di sisi atas dan belakang testis, ini disebut dengan epididimis. Organ tersebut memang sedikit sensitif pada rangsangan atau sentuhan. Namun tenang, ini menjadi bagian dari organ pada penis Anda.

Periksakan setiap sisi dan bagian dengan sentuhan yang lembut, apakah terasa nyeri, keras, benjolan pada testis, atau kulit yang menebal. Jika ada salah satu diantaranya, lebih baik segera periksakan ke dokter kelamin untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan lebih lanjut. Kami Klinik Apollo akan memberi penanganan terjamin kepada seluruh pasien. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai buah zakar besar sebelah, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.