gejala sipilis

Kegiatan Seksual Yang Disebabkan Gejala Sipilis

Raja singa atau gejala sifilis merupakan penyakit menular seksual yang menakutkan bagi seluruh kalangan, baik pria dan wanita. Sipilis menjadi infeksi kelamin yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum yang akan menyerang kelamin, mulut, kulit dan sistem saraf pada tubuh. Penyebab tertularnya penyakit ini pada umumnya akibat kegiatan seksual.

Gejala sipilis mudah menular dan pada umumnya karena adanya kontak dengan luka terbuka di permukaan kulit atau mukosa penderita. Sayanyanya luka terbuka tersebut tidak terasa dan terlihat. Sehingga penderita sulit mendeteksi penyakit, bahkan lesi tersebut akan segera menghilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu.

Baca juga: Kenali Beberapa Tanda Umum Sipilis Pada Pria

konsultasi

Apa Saja Kegiatan Seksual Yang Disebabkan Gejala Sipilis?

Selain itu tanda dan gejala infeksi awal sipilis berupa gejala lainnya seperti masuk angin yakni, flu atau demam. Sehingga sering kali penderita yang terserang infeksi bakteri dari sipilis tak menyadari bahwa ia telah terjangkit penyakit tersebut.

1.Penetrasi vagina

Proses seks penetrasi penis dan vagina menjadi salah satu penyebab umum penularan gejala sipilis. Ketika berhubungan seksual, bakteri jenis pallidum yang ada di area kalamin yakni penis atau vagina akan menyebar pada sentuhan atau gesekan tersebut. Apalagi jika cairan orgasme salah satu penderita mempunyai banyak infeksi, pada akhirnya akan menyebar keseluruh tubuh.

2.Anal seks

Kegiatan seksual yang menjadi penyebab penularan sipilis bisa disebabkan Anda yang ingin memperoleh sensasi berbeda, selain seks vagina atau oral. Pada umumnya, seks yang melakukan penetrasi ke anus akan menyebarkan bakteri dan virus penyakit seksual lainnya dengan cepat.

Apalagi anus manusia menjadi tempat bakteri, tidak heran jika virus dan bakteri penyebab tertularnya gejala sipilis bisa disebabkan oleh proses anal seks yang sering dijalankan penderitanya.

konsultasi
 gejala sipilis

3.Oral seks

Oral seks menjadi hubungan intim dengan memberi rangsangan pada penis pria, alat kelamin wanita yang terdiri dari vulva, klitoris, serta vagina, atau anus dari kalangan lain menggunakan bibir, lidah, dan mulut. Kini semakin banyak kalangan yang tertarik untuk mempelajari dan menjalankan kegiatan seks jenis ini.

Beberapa kalangan menyangka jika seks oral aman dari berbagai jenis infeksi menular seksual, terutama pada penis. Padahal seks ini merupakan salah satu cara tertinggi penyebab seseorang terserang sifilis.

konsultasi

Tahapan Seseorang Tertular Penyakit Sipilis

Pada tahapan awal, akan timbul luka pada kelamin yang mempunyai sifat khusus yakni luka yang keras, tidak akan menimbulkan rasa nyeri, dasar luka bersih, mempunyai warna terang, dan hanya akan tumbuh beberapa luka saja.

Pada tahapan kedua akan ada tanda pada kulit yang muncul kurang lebih selama 10 minggu, diantaranya bercak kemerahan pada telapak tangan, kaki. Wajar, jika sembuh akan meninggalkan bekas berupa bercak keputihan di kulit.

Bahkan beberapa penderita akan timbulkan kutil dikelamin, lalu pada dasar lidah muncul bercak keputihan tebal namun tidak nyeri. Selain itu di rambut atau kepala terdapat pitak akibat rontoknya sebagian rambut yang menyebabkan kebotakan khas, yakni tepinya seperti digigit serangga. Pada fase ini, sipilis akan menyerang tulang, jantung, jaringan otot dan saraf.

Bagi Anda penderita yang mengalami tanda dan gejala dengan resiko berbahaya, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Terbaik Jakarta. Untuk dapatkan banyak informasi lainnya segera hubungi kontak person 081233881616. Demikian mengenai gejala sipilis, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.