penyakit bph

Ini Dia Sebab Penyakit Bph Secara Umum

Benign prostatic hyperplasia atau penyakit bph merupakan pembesaran prostat, yakni sebuah kondisi yang menyebabkan kelenjar membesar, namun tidak bersifat kanker. Kelenjar prostat mempunyai fungsi untuk produksi air mani dan terdapat di bagian rongga panggul antara penis dan kandung kemih.

Baca juga: Tanda Dan Penyebab Orkitis Pada Pria

konsultasi

Penyebab Penyakit Bph Terjadi?

Penyebabnya sampai sekarang belum diketahui, namun kemungkinan karena adanya perubahan hormonal yang terjadi karena proses penuaan. Kelenjar prostat mengelilingi saluran yang membawa air kemih keluar tubuh, sehingga pertumbuhan kelenjar secara bertahap akan mempersempit uretra.

Pada akhirnya aliran air kemih mengalami penyumbatan. Akibatnya otot-otot pada kandung kemih tumbuh menjadi semakin besar dan lebih kuat untuk mendorong air kemih untuk keluar.

Jika seseorang penderita penyakit bph berkemih, kandung kemihnya tidak akan sepenuhnya kosong. Air kemih akan tertahan dalam kandung kemih tersebut, sehingga penderita mudah mengalami infeksi dan berbentuk batu.

Penyumbatan jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan di bagian ginjal. Pada penderita penyakit bph, pemakaian obat yang mengganggu aliran air kemih bisa menyebabkan penyumbatan.

Apa Saja Tanda Gejala Penyakit Bph

Tanda dan gejala timbulnya prostat membesar dimulai dari menyumbat aliran air kemih. Pada mulanya, penderita mempunyai kesulitan untuk buang air kecil. Penderita juga akan merasakan proses buang air kecil tidak tuntas.

Bahkan penderita menjadi lebih sering buang air kecil dimalam hari dan jika berkemih harus mengejan lebih kuat dari biasanya. Kekuatan dan volume pancaran kemih menjadi berkurang dan pada akhirnya air kencing masih menetes. Akibatnya kandung kemih menjadi penuh, sehingga terjadilah inkontinensia urin.

Ketika penderita mengejan untuk berkemih, vena-vena kecil pada uretra dan kandung kemih bisa pecah, sehingga air kemih timbul dengan bercak darah. Penyumbatan total menyebabkan penderita tidak berkemih, sehingga penderita merasakan kandung kemihnya penuh dan timbul nyeri yang hebat di area bagian bawah.

Jika ditemukan infeksi kandung kemih, akan timbul sensasi terbakar ketika berkemih dan demam. Air kemih yang tertahan di kandung kemih bisa menyebabkan bertambahnya tekanan pada ginjal, namun tidak akan menyebabkan kerusakan ginjal yang menetap.

konsultasi

penyakit bph

Bagaimana Cara Diagnosa Penyakit Bph

Diagnose akan dilakukan berdasarkan tanda dan gejala dari hasil pemeriksaan fisik. Dilakukan pemeriksaan colok dubur bertujuan untuk merasakan atau meraba kelenjar prostat. Dengan pemeriksaan ini dapat diketahui adanya pembesaran prostat, benjolan keras menunjukan adanya kanker, dan nyeri yang menunjukan infeksi.

Pada umumnya akan dilakukan pemeriksaan darah untuk ketahui fungsi ginjal dan jaringan kanker, pada penderita penyakit bph sendiri, kadar psa akan meningkat kurang lebih hingga 50%.

Untuk mengukur jumlah air kemih yang tersisa dalam kandung kemuh setelah penderita buang air kecil, akan dilakukan pemasangan kateter atau penderita akan diminta untuk berkemih dalam sebuah alat yang digunakan untuk mengukur laju aliran kencing.

Dengan dilakukan USG, bisa diketahui ukuran kelenjar dan ditentukan penyebab terjadinya bph. Kadang dilakukan pemeriksaan dengan alat endoskopi yang dimasukan kedalam uretra untuk mengetahui penyebab lain dari penyumbatan aliran air kemih.

konsultasi

Bagaimana Proses Pengobatan Penyakit Bph

Penanganan pembesaran prostat jinak dikelompokan menjadi dua, yakni penanganan bph dengan gejala ringan dan bph dengan gejala menengah hingga parah.

Untuk kasus bph ringan, biasanya cukup ditangani dengan konsumsi obat-obatan, terapi menahan kemih dan perubahan gaya hidup. Perubahan yang kami maksud, diantaranya:

•Mulai menjalankan olahraga secara teratur, misalnya berjalan kaki hingga satu jam

•Mulai kurangi atau berhenti konsumsi kafein dan minuman beralkoholJika Anda merasa terganggu lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta untuk memperoleh penanganan yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi nomor 081233881616. Demikian mengenai penyakit bph, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.