impotensi

Impotensi Ditakuti Seorang Pria, Karena Sebabkan Mandul?

Banyak orang yang sulit membedakan antara impotensi dan mandul pada kalangan pria. Padahal dua penyakit tersebut berbeda, lalu dimana letak perbedaannya? Jadi impotensi dan mandul memang mempunyai hubungan. Sebab kemandulan adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh berbagai jenis faktor, salah satunya impotensi.

Mengapa Impotensi Ditakuti Seorang Pria

Jadi impotensi atau disfungsi ereksi merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan kondisi ketika seorang pria tidak mampu atau tidak bisa pertahankan ereksi. Impotensi tidak harus berhubungan dengan masalah ejakulasi dini, karena kegagalan mempertahankan ereksi tidak selalu disebabkan oleh ejakulasi dini yang cepat.

Bahkan sebelum ejakulasi terjadi, seorang pria telah kehilangan atau tak mampu mempertahankan ereksinya. Disamping itu, jika sejak awal memang tidak mampu mengeluarkan ejeksi, jelas akan sulit untuk sampai pada ejakulasi.

Dengan kondisi impotensi, maka penis tidak akan bisa melakukan penetrasi yang baik kedalam vagina, jadi sel sperma yang dihantarkan oleh penis menjadi lebih sulit membuahi sel ovum yang dihasilkan oleh kaum wanita. Gangguan fungsi seksual ini yang akan membuat impotensi biasanya berujung pada kesulitan mempunyai keturunan.

Mandul adalah sebuah kondisi dimana Anda tidak akan mempunyai keturunan. Seseorang dikatakan mandul jika tidak mampu hasilkan sperma, atau sperma yang dihasilkan mempunyai kualitas buruk, sehingga tak mampu membuahi sel ovum. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh kerusakan yang terjadi pada testis ketika memproduksi sperma.

Sementara itu, wanita akan dikatakan mandul ketika ovarium tidak bisa melepaskan sel telur, sehingga tidak ada yang bisa dibuahi oleh sel sperma pada pria. Namun, walaupun sulit bahkan tidak bisa mendapatkan keturunan, fungsi seksual pasangan yang mengalami kemandulan tetap berfungsi dengan normal.

Baca juga: Ketahui Metode Dan Cara Mengatasi Impotensi Dengan Benar

konsultasi

Penyebab Kemandulan Pada Seorang Pria?

Faktor yang paling sering menyebabkan kemandulan yakni pengobatan kanker atau proses kemoterapi. Sebab, kemoterapi pada kalangan pria bisa menyebabkan kerusakan fatal di bagian testis.

Jika sampai terjadi kerusakan pada testis, maka hal tersebut akan membuat jumlah produksi sperma mengalami penurunan atau tidak bisa memproduksi sama sekali. Kondisi ini bisa terjadi dalam beberapa periode waktu yang cukup panjang, bahkan permanen.

Sementara pada kalangan wanita, kemandulan bisa terjadi karena menopause yang berlangsung lebih cepat dari usia biasanya, dimana indung telur tidak bisa melepaskan telur lagi sebelum usia 40 tahun. Selain beberapa faktor yang sudah kami uraikan diatas, kelainan genetic juga bisa menyebabkan kemandulan atau kelainan ini.

konsultasi

impotensi

Mandul Berbeda Dengan Tidak Subur?

Satu hal penting yang harus Anda ketahui yakni kemandulan berbeda dengan tidak subur. Kemandulan pasti tidak akan mempunyai keturunan dengan cara apapun, namun ketidaksuburan bisa diatasi dengan berbagai metode yang dipercaya bisa meningkatkan kesuburan. Banyak kalangan yang mengira dirinya mandul, padahal hanya tidak subur.

Faktor lingkungan, seperti mengkonsumsi alkohol, radiasi, merokok, dan konsumsi obat-obatan jenis tertentu. Terserang paparan suhu tinggi dari lingkungan sekitar bisa mengganggu testis dalam memproduksi sperma.

Adanya kelainan pada produksi sperma atau kelainan anatomis, seperti cacar secara genetic, infeksi, dan masalah kesehatan. Jadi pembesaran pembuluh darah atau varikokel pembuluh darah pada testis bisa mempengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan.

konsultasi

Masalah pengeluaran sperma yang disebabkan oleh infeksi seksual seperti disfungsi ereksi, penyakit genetic, masalah struktural misalnya adanya penyumbatan pada testis, atau kerusakan pada organ reproduksi.

Bagi Anda yang mengalami tanda dan gejala disfungsi seksual, sekarang saatnya melakukan konsultasi bersama kami Klinik Apollo Jakarta untuk mendapatkan penanganan terjamin. Lakukan reservasi sekarang juga di nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai impotensi, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.