penyakit bph

Gejala Pembesaran Penyakit Bph

Penyakit BPH jinak atau benign prostatic hyperplasia merupakan pembesaran prostat bukan kanker yang menghalangi aliran urin melalui uretra. Pada kalangan pria, urin mengalir dari kandung kemih melalui uretra. Sel-sel prostat pada umumnya akan berkembang biak, membentuk suatu pembesaran yang menyebabkan tekanan darah pada uretra, jalur dimana urin dan sperma keluar dari tubuh.

Karena uretra yang menyempit, kandung kemih harus berkontraksi lebih kuat untuk mendorong urin keluar melalui tubuh. Seiring berjalannya waktu, otot kandung kemih secara bertahap menjadi lebih kuat, terlalu sensitif, dan lebih tebal.

konsultasi

Gejala Pembesaran Penyakit Bph

Sehingga menjadi semakin mudah berkontraksi bahkan ketika hanya mengandung sejumlah urin, dimana hal tersebut menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil. Pada akhirnya otot kandung kemih tidak bisa mengatasi efek dari uretra yang menyempit, sehingga urin tetap berada pada kandung, jadi kandung kemih tidak sepenuhnya kosong.

Munculnya tanda dan gejala Penyakit bph disebabkan oleh tekanan pada kandung kemih dan uretra ketika kelenjar prostat mengalami pembesaran. Berikut beberapa gejala pembesaran prostat diantaranya:

•Aliran urin menjadi lambat dan lemah

•Buang air kecil tidak tuntas

•Kesulitan ketika buang air kecil

•Sering buang air kecil

Saat kandung kemih tidak Anda kosongkan sepenuhnya, penderita Penyakit bph resiko untuk terserang infeksi saluran kemih. Masalah serius lainnya juga terjadi dari waktu ke waktu seperti batu kandung kemih, retensi urin akut, darah dalam urin, dan ketidakmampuan untuk buang air kecil.

Sementara itu, ketidakmampuan mendadak untuk buang air kecil merupakan keadaan yang cukup darurat, sehingga Anda harus segera kunjungi dokter untuk dipasangkan sebuah selang untuk membuang urin.

konsultasi

penyakit bph

Penanganan Pembesaran Prostat Jinak

Berbagai jenis perawatan menggunakan obat, prosedur invasif minimal, dan pembedahan bisa meredakan gejala pembesaran prostat. Setiap individu mempunyai cara yang berbeda untuk atasi pembesaran prostat jinak, tergantung pada gejalanya, seberapa parah dan apakah ada penyakit medis jenis lainnya.

Pria yang lebih tua mungkin ingin hilangkan gejala segera melalui obat atau operasi, sedangkan pria yang lebih muda akan bersandar pada pengobatan minimal invasig. Menurut beberapa sumber, operasi menjadi upaya terbaik untuk hilangkan berbagai jenis gejala, namun mempunyai resiko yang lebih tinggi dari pengobatan jenis lainnya.

Apabila Anda mengalami gejala yang benar-benar mengganggu atau penderita mempunyai kompilasikan seperti urin tidak dapat keluar, mungkin perawatan dengan konsumsi obat tidak cukup. Perawatan invasif minimal mempunyai manfaat lebih daripada operasi dan waktu pemulihannya cepat.

Namun kemungkinan penderita membutuhkan prosedur selanjutnya, ada resiko efek samping dari perawatan invasif minimal yang serius seperti inkontinensia atau terjadinya ereksi jangka panjang, walaupun begitu kasus tersebut jarang terjadi ketika prostat dioperasi.

Selain itu, dokter pada umumnya akan menggunakan indeks Penyakit bph untuk mengukur bagaimana pasien merespon obat. Jika ukuran prostat mengecil, berarti konsumsi obat akan memberi respon yang baik kepada penyakitnya.

konsultasi

Pengobatan Pembesaran Prostat Jinak

Penanganan pada umumnya tidak diperlukan kecuali pembesaran prostat jinak menyebabkan gejala terutama ketika mengganggu atau adanya komplikasi seperti gangguan fungsi ginjal, darah dalam urin, adanya kerikil dalam kandung kemih.

Kemungkinan efek samping dari obat-obatan tersebut yakni masalah ereksi, penurunan gairah seksual dan jumlah sperma yang menurun, efek samping ini pada umumnya ringan dan bisa hilang ketika pasien berhenti konsumsi obat.

Kami Klinik Apollo akan membantu semua masalah yang Anda alami dengan baik dan benar, lakukan reservasi dengan mudah di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit bph, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.