fimosis adalah

Fimosis Adalah Kondisi Kulup Penis Pria Melekat Kencang

Fimosis adalah kondisi pria dengan kulup yang melekat pada ujung penis. Fimosis adalah kondisi yang terjadi ketika bekas luka muncul di kulit khatan dan mencegah kulit khatan agar tidak tertarik. Biasa fimosis dapat diobati dengan steroid topikal selama 4 minggu hingga 6 minggu. Terkadang jika steroid tidak bekerja atau jaringan parut sunat terlalu berlebihan diperlukan.

Pengertian Umum Fimosis Adalah

Fimosis adalah ketidakmampuan untuk menarik kembali kulup kepala penis. Fimosis dapat muncul sebagai cincin yang ketat pada kulit di sekitar ujung penis yang mencegah penarikan secara penuh. Gengguan penis ini biasanya dibagi menjadi fimosis fisiologis dan fimosis patologis, diantaranya:

• Fimosis Fisiologis
Kondisi normal dimana anak-anak dilahirkan dengan kulit khatan yang ketat dan terjadi selama masa kanak-kanan dan awal remaja.

• Fimosis Patologis
Terjadi karena infeksi, peradangan atau jaringan parut dan biasanya ditemukan pada pria dewasa yang tidak disunat.

konsultasi

Penyebab Utama Fimosis Adalah

Fimosis fisiologis muncul saat lahir dan sembuh tanpa intervensi. Sebagian besar anak-anak tidak akan memiliki kulit khatan yang sepenuhnya dapat ditarik saat lahir, akan tetapi bisa terjadi saat telah dewasa dengan kulit khatan yang sepenuhnya dapat ditarik pada masa remaja awal. Fimosis patologis disebabkan oleh jaringan parut, balanitis dan faktor risiko medis yang mendasarinya.

Fimosis adalah ketika kulup tidak bisa ditarik dari ujung penis. Sebagian besar anak laki-laki memiliki fimosis fisiologis yang berarti variasi normal. Ketika anak laki-laki lahir, kulit khatan sebagian melekat pada bagian atas penis. Memerlukan waktu untuk melepaskan dan untuk kelenjar penis menjadi terlihat.

Sebagian besar anak laki-laki akan mulai menemukan kulit khatannya dapat ditarik dan pada saat remaja sebagian besar anak laki-laki memiliki kulit khatan yang sepenuhnya dapat ditarik. Namun fimosis dapat terjadi ketika kulit telah ditarik kembali. Terjadi ketika jaringan menjadi rusak dan berserat serta menghentikan kulup agar tidak tertarik dengan benar.

Baca Juga : Phimosis Adalah Infeksi Karena Tidak Sunat?

konsultasi

Tanda-Tanda Pria Dengan Fimosis

Sebagian besar anak-anak dengan fimosis dapat menggelembungkan kulit khatannya atau tidak dapat menarik kulit khatannya dan beberapa bengkak di ujung kulit khatan ketika telah ditarik. Ketidaknyamanan dan rasa sakit bisa muncul. Kulup akan bisa ditarik sebagian tetapi tidak seluruh kulit khatan. Kulup dapat memiliki perubahan warna pada kelenjar dan penis ketika sebagian ditarik. Gejala utama fimosis adalah penampilan fisik kulit khatan yang tidak dapat sepenuhnya ditarik dari kepala (glans) penis). Gejala lain kemungkinan termasuk:

• Perdarahan atau infeksi di sekitar kulup.
• Nyeri saat kencing.
• Bengkak di sekitar kulup.

Ketidakmampuan kulit khatan untuk menarik dapat menyebabkan kesulitan membersihkan area yang dapat menyebabkan balanitis. Gejala lain termasuk:

• Kesulitan kencing.
• Kencing menyakitkan.
• Ereksi yang menyakitkan.
• Paraphimosis.

konsultasi

Apakah Fimosis Bisa Didiagnosis?

Dokter dapat mendiagnosis fimosis berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisik yang menyeluruh. Tes atau pengujian tambahan biasanya tidak diperlukan. Pengobatan tergantung pada usia pria, tingkat keparahan dan gejala yang dihasilkan. Pemilihan pengobatan pertama biasanya adalah yang diterapkan secara lokal.

Pengobatan ini telah menunjukkan tingkat keberhasilan lebih. Pengobatan ini dapat melembutkan kulit khatan selama 4 minggu hingga 6 minggu. Setelah pencabutan secara penuh kemungkinan pengobatan dihentikan. Jika pengobatan tidak berhasil, sunat kemungkinan bermanfaat. Tergantung pada gejala yang mendasarinya.

fimosis adalah

Bagaimana Fimosis Diobati?

Sebagian besar anak-anak tidak memerlukan pengobatan untuk fimosis. Beberapa anak diobati dengan pengobatan hidrokortison jika tidak ada jaringan parut yang dignifikan atau yang lainnya. Sejumlah kecil anak akan memerlukan intervensi bedah. Operasi adalah pemilihan sayatan kecil untuk melepaskan bekas luka fibrotik dan yang lainnya dengan sunat.

Secara keseluruhan direkomendasikan sunat formal karena sayatan pelepas dorsal dapat memiliki hasil yang tidak memuaskan dan kemungkinan memerlukan sunat formal untuk menyelesaikan penampilan penisnya. Pengobatan kemungkinan dapat termasuk (tergantung pada usia anak):

• Pengobatan steroid pada kulit khatan.
• Penyunatan.

Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter di Klinik Apollo. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau melalui layanan hotline dibawah ini. Sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan sembuh. Karena pengobatannya dilakukan secara langsung oleh dokter ahli yang bersangkutan dan sudah berpengalaman banyak di dalam bidangnya.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.