penyebab prostat

Faktor Utama Penyebab Prostat, Pria Wajib Tahu!

Penyebab prostat memang sering dialami pria paruh baya, salah satunya adalah prostat bengkak. Lalu sebenarnya, apa penyebab dari prostat bengkak? Jika memahami mengenai anatomi tubuh seorang pria, maka kita bisa melihat uretra atau saluran kencing terletak antara prostat.

Nah jika prostat bengkak, maka otomatis akan menindih uretra, sehingga meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ini merupakan salah satu gejala umum dari pembesaran prostat.

Baca juga: Gejala Pembesaran Penyakit Bph

konsultasi

Apa Saja Faktor Utama Penyebab Prostat?

Seorang pria yang sering mengalami sering buang air kecil, namun setelah di kamar mandi ia hanya mengeluarkan sedikit urin atau aliran seni tiba-tiba melemah. Atau kondisi dimana urin mungkin akan terus menetes walaupun ia sudah berhenti berkemih.

Walaupun tanda termasuk masalah yang normal, penting bagi penderitanya untuk memeriksakan kondisi ke dokter, supaya ia tahu apa yang menyebabkan prostat membesar. Dengan begitu penanganan yang tepat bisa dijalankan dengan tepat. Faktor yang menjadi penyebab prostat membesar diantaranya:

•Bph

•Kanker prostat

•Prostatitis

konsultasi

1.Bph atau benign prostatic hyperplasia

Penyakit prostat ini muncul karena faktor usia atau penuaan seseorang. Mayoritas kaum pria dengan usia 50 tahun akan mengalami bph. Tingginya presentasi ini membuat istilah penyebab prostat membesar sering diartikan sebagai bph.

Jadi bph ini biasa disebut dengan istilah pembesaran prostat jinak dan sesuai dengan namanya, kondisi ini tidak bersifat kanker. Bahkan para ahli menduga jika bhp terjadi karena adanya tetsosteron, namun kondisi ini bisa timbul karena adanya peningkatan jumlah sel kelenjar dan jaringan prostat.

Walaupun bph bersifat jinak dan tidak akan menyebar kebagian tubuh lainnya, namun gangguan ini akan menimbulkan masalah. Jika ukuran prostat terlalu besar, maka aluran urin menjadi terhambat. Jika proses buang air keciil menjadi kurang lancar, maka kemungkinan besar penderitanya mengalami kerusakan ginjal.

Karena gejala bph tidak jauh berbeda dengan kanker prostat, maka dokter harus menjalankan serangkaian tes untuk memastikan diagnosis yang tepat. Tes tambahan seperti USG, biopsy, tes darah dan urinalisis pun harus dijalankan semua pasien.

Jadi biasanya pengobatan akan mengurangi pembengkakan penyebab prostat akibat bph, sehingga proses buang air kecil bisa berjalan normal. Namun jika pengobatan yang diberikan tidak berhasil dan menimbulkan kerusakan yang semakin parah, maka jalan yang harus Anda jalankan yakni operasi.

konsultasi

2.Kanker prostat

Jika dibandingkan dengan bph, penyebab prostat bengkak satu ini jarang terjadi. Namun karena tanda dan gejalanya sama dengan bph, maka dokter harus melakukan tes yang kami sebutkan di atas untuk memperoleh diagnosa yang tepat.

Jika diagnose dijalankan sedini mungkin, bukan tidak mungkin apabila kanker prostat bisa disembuhkan. Bahkan setelah sembuh, kemampuan pria untuk buang air kecil menjadi lebih baik, karena ukuran penyebab prostat jauh berkurang atau sudah tidak ada, karena prosedur pengangkatan.

3.Prostatitis

Prostatitis merupakan peradangan yang bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya karena infeksi. Prostat yang mengalami radang kemungkinan besar akan membengkak sementara waktu, sehingga akan mengganggu kelancaran proses buang air kecil.

Sama halnya dengan kanker prostat, perawatan prostatitis seringkali meperbaiki kemampuan seorang pria ketika buang air kecil. Untuk mengatasi penyakit ini, dokter biasanya akan memberi obat antibiotic. Karena gangguan buang air kecil bisa mengganggu kegiatan Anda sehari-hari, maka penting bagi Anda untuk memeriksakan kondisi ke dokter.

Untuk memperoleh penanganan lebih lanjut Anda bisa lakukan konsultasi bersama kami segera di Klinik Apollo. Reservasikan terlebih dahulu dengan mudah di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyebab prostat, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.