balanitis adalah

Faktor Dan Resiko Balanitis Adalah

Balanitis adalah peradangan yang terjadi di ujung kepala penis yang disebabkan oleh infeksi, atau penyebab lainnya. Balanitis merupakan penyakit umum yang dijumpai pada masalah sehari-hari, dapat terjadi kepada kalangan pria dari berbagai jenis usia. Balanitis pun bisa terjadi pada wanita yang ditandai dengan peradangan klitoris, namun kondisi ini jarang ditemukan.

Baca juga: Proses Dan Manfaat Khitan Dewasa

konsultasi

Penyebab Dan Faktor Risiko Balanitis Adalah

Balanitis pada umumnya disebabkan oleh infeksi, baik karena perilaku seksual yang kurang baik atau infeksi yang ditularkan secara non seksual. Balanitis pun kerap disebabkan karena kebersihan kelamin yang tidak terjaga, terutama pada kalangan pria yang belum disunat.

Kotoran yang biasa disebut sebagai smegma biasanya akan terbentuk di bawah kulup ujung penis yang tidak disunat. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab penyakit balanitis timbul. Selain itu, penyebab balanitis lainnya yakni berupa reaksi iritasi atau alergi serta kondisi lainnya, seperti contohnya fimosis.

Faktor resiko utama penyebab balanitis adalah alat kelamin yang tidak disunat. Setidaknya ada beberapa pria yang belum disunat mengalami masalah tersebut. Faktor risiko lainnya yakni kurang menjaga area intim Anda, beberapa jenis sabun atau bahan kimia yang bisa mengiritasi kulit penis.

Menjalankan perilaku seksual yang tidak baik juga meningkatkan resiko terjadinya infeksi menular seksual, adanya kelainan seperti fimosis, serta keadaan yang membuat sistem imun Anda menjadi rendah, pasien yang menggunakan steroid jangka panjang dan pasien yang sedang menjalankan kemoterapi.

konsultasi

 balanitis adalah

Bagaimana Gejala balanitis

Gejala dari balanitis yakni kemerahan di ujung penis yang disertai dengan lepuhan. Selain itu pengidap pada umumnya akan mengeluhkan rasa gatal, nyeri, bengkak di kepala penis, keluarnya cairan berbau tidak sedap, nyeri ketika buang air kecil, hingga munculnya tanda sistemik seperti pembengkakan kelenjar getah bening, demam, dan beberapa lainnya.

Proses pemeriksaan fisik secara detail akan membantu menemukan diagnosis balanitis Anda. Namun jika tersedia fasilitas kultur mikroba, bisa dilakukan pemeriksaan bakteri, jamur, virus, dan pemeriksaan penunjang untuk mencari faktor resiko yang ada.

konsultasi

Bagaimana Penanganan Dan Pengobatan Balanitis

Pada pasien dengan balanitis, menjaga kebersihan secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan. Kebersihan pada umumnya dilakukan dengan air saja, tanpa menggunakan produk yang mengandung zat lainnya dan dikeringkan dengan cara yang benar. Pada pria yang tidak disunat, sebaiknya tarik kulit yang menutupi penis ketika membersihkan alat kelamin.

Penanganan lainnya dilakukan berdasarkan sebab terjadinya peradangan balanitis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, pasien akan memperoleh antibiotic krim atau jenis minum jika penyebabnya alergi atau iritasi. Jika balanitis terjadi berulang, maka sunat merupakan jalan terbaik yang harus Anda lakukan.

Bagaimana Menjalankan Pencegahan Balanitis

Pencegahan terbaik dengan melakukan sunat di area kelamin, jika khitan tidak bisa dilakukan, maka sebaiknya rutin menjaga kebersihan untuk mencegah adanya penumpukan kotoran atau smegma. Pencegahan infeksi menular seksual sekaligus penyakit balanitis.

Apabila balanitis adalah infeksi yang berhubungan dengan reaksi iritasi atau adanya alergi, ingat jangan menggunakan produk yang menimbulkan penyakit tersebut. Balanitis adalah infeksi yang berhubungan dengan penyakit lain dan dapat dicegah dengan pengobatan teratur atau rajin kontrol kepada dokter berpengalaman.

Jika Anda menemukan gejala kemerahan di ujung kepala penis hingga menimbulkan rasa nyeri ketika buang air kecil, segera lakukan pemeriksaan bersama kami Klinik Apollo yang akan mengatasi masalah Anda. Untuk reservasi bisa menghubungi nomor 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai balanitis adalah penyakit seksual, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.artikel.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.