bph adalah

BPH Adalah Pembesaran Prostat Jinak

BPH adalah hiperplasia prostat jinak atau hipertrofi prostat jinak dan didiagnosis secara histologis dan ditandai dengan proliferasi prosrat. Obstruksi kandung kemih kronis sekunder akibat BPH dapat menyebabkan retensi urine, insufisiensi ginjal, infeksi saluran kemih berulang (kekambuhan), hematuria yang kotor dan batu kandung kemih.

Pengertian BPH Adalah

BPH adalah kondisi yang juga disebut dengan pembesaran kelenjar prostat atau kondisi umum ketika seorang pria semakin tua. Kelenjar prostat yang membesar dapat menyebabkan gejala kemih yang tidak nyaman seperti menghalangi aliran urine keluar dari kandung kemih. Kondisi ini juga dapat menyebabkan masalah kandung kemih, saluran kemih atau ginjal.

Ada beberapa pengobatan yang efektif untuk pembesaran kelenjar prostat termasuk obat-obatan, terapi invasif yang minim dan operasi. Untuk memilih pengobatan terbaik, dokter biasanya mempertimbangakan gejalanya, ukuran prostat, kondisi kesehatan lainnya yang kemungkinan dimiliki dan semua preferensinya.

konsultasi

Penyebab Umum BPH Adalah

Kelenjar prostat terletak dibawah kandung kemih. Tabung yang mengangkut urine dari kandung kemih keluar dari penis (uretra) melewati pusat prostat. Ketika prostat membesar, maka mulai menghalangi aliran urine. Pada kebanyakan pria mengalami pertumbuhan prostat selama hidupnya. Pada kebanyakan pria, pertumbuhan yang berkelanjutan dapat memperbesar prostat untuk menyebabkan gejala-gejala kemih atau secara signifikan dapat menghalangi aliran urine. Terkadang tidak diketahui dengan jelas apa yang menyebabkan prostat membesar. Kemungkinan disebabkan oleh perubahan keseimbangan hormon seks seiring dengan bertambahnya usia.

konsultasi

Apa Saja Gejala Pada BPH

Tingkat keparahan gejala pada seseorang yang memiliki pembesaran kelenjar prostat bervariasi, akan tetapi gejalanya cenderung bertahap memburuk dari waktu ke waktu. Tanda dan gejala BPH adalah:

• Kebutuhan yang sering atau mendesak untuk kencing.
• Peningkatan frekuensi kencing di malam hari (nocturia).
• Kesulitan dalam memulai kencing.
• Aliran air seni yang lemah atau aliran yang berhenti.
• Ketidakmampuan untuk mengosongkan kandung kemih.
• Infeksi saluran kemih (ISK).
• Ketidakmampuan untuk kencing.
• Adanya darah dalam urine.

Ukuran prostat belum tentu dapat menentukan keparahan gejala. Beberapa pria denagn prostat yang sedikit membesar dapat memiliki gejala yang signifikan sementara pada pria yang lain dengan prostat yang sangat besar hanya memiliki gejala kemih yang kecil. Pada beberapa pria, gejala akhirnya stabil dan bahkan membaik seiring waktu.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis BPH?

Dokter biasanya menanyakan secara terperinci mengenai gejala dan melakukan pemeriksaan secara fisik. Tes atau pengujian awal ini kemungkinan termasuk:

• Pemeriksaan Colok Dubur
Dengan memasukkan jari ke dalam dubur untuk memeriksa pembesaran prostat.

• Tes Atau Pengujian Urine
Dengan menganalisis sampel urine dapat membantu menyingkirkan infeksi atau kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala serupa.

• Tes Atau Pengujian Darah
Hasilnya dapat mengindikasikan masalah ginjal.

• Tes Atau Pengujian Darah Spesifik Prostat (PSA)
PSA adalah zat yang diproduksi di prostat. Tingkat PSA juga meningkat ketika memiliki pembesaran prostat. Namun peningkatan kadar PSA juga dapat disebabkan oleh prosedur, infeksi, operasi atau kanker prostat yang baru.

bph adalah

Bagaimana Cara Mengobati BPH

Berbagai macam pengobatan tersedia untuk pembesaran prostat termasuk obat-obatan, terapi invasif yang minim dan operasi. Pemilihan pengobatan terbaik tergantung pada beberapa faktor termasuk ukuran prostat, usia, kesehatan secara keseluruhan, jumlah ketidaknyamanan atau gangguan yang dialami.

BPH adalah kondisi yang bisa ditangani, dan untuk penanganannya bisa dilakukan di Klinik Apollo. Pengobatan yang dilakukan ditangani secara langsung oleh dokter ahli yang sudah banyak berpengalaman didalam bidangnya. Selain itu dibantu dengan peralatan medis canggih dan modern. Sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh.

Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo. Selain pengobatannya cepat, pelayananya juga sangat baik karena mementingkan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya. BPH adalah kondisi yang tidak boleh diabaikan, karena jika diabaikan dikhawatirkan akan menjadi lebih parah lagi kondisinya. Untuk info lebih lanjut mengenai pengobatannya bisa secara langsung menghubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dengan melakukan konsultasi online seperti dibawah ini. Anda tidak perlu khawatir, biaya pengobatan di Klinik Apollo ini sangat terjangkau.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website artikel.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.