1 2 3 4 5

Telat Datang Bulan

Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat bermacam-macam. Ada yg cuma hambatan hormon ringan ada juga yg layak diwaspadai sebab bisa jadi pertanda adanya penyakit serius.

sms button simpati+62813-1518-6262

  1. Penurunan Berat Tubuh yg Drastis
  2. Berat tubuh yg turun drastis dalam tempo singkat bisa berakibat telatnya menstruasi. Rintangan pola makan serius seperti anoreksia & bulimia merupakan penyebab orang mengalami penurunan berat tubuh drastis & terlambat datang bln.

  3. Stres
  4. Dokter spesialis kandungan Alyssa Dweck, M.D seperti dikutip dari Women's Health menuturkan bahwa hypothalamus, salah satu bidang dari otak teramat terpengaruh oleh stres. Hypothalamus merupakan ruangan bernaungnya hormon yg mengatur masa haid. Stres mengganggu kinerja hypothalamus sehingga produksi hormon menjadi tidak seimbang.

  5. Kendala Kepada Kelenjar Tiroid
  6. Kelenjar tiroid yg terdapat dileher berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Kelenjar ini pun berinteraksi bersama system badan lainnya supaya berfungsi dgn seharusnya. Namun diwaktu ketidakseimbangan terhadap tiroid, baik itu hipotiroid ataupun hipertiroid, bakal berpengaruh pada kelancaran siklus haid.



    Berapa Biaya Pengobatan Haid Tidak Teratur ? Konsultasi
    Apakah Butuh Perawatan Khusus ? Konsultasi
    Berapa Lamakah Waktu Penyembuhannya ? Konsultasi
    Apakah Setelah Berobat Dapat Kambuh Lagi ? Konsultasi


  7. Hormon Tidak Seimbang
  8. Menurut dokter spesialis kandungan, penyebab penting menstruasi tak rutin yakni hormon yg tak stabil. Keseimbangan hormon adalah hasil dari sebuah kerja sama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Ganjalan dalam peredaran hormon tersebut bisa menyebabkan siklus menstruasi perempuan terganggu. "Gangguan hormon ini bisa timbul karena berbagai faktor, seperti kelelahan, tugas, atau stres. Beban pikiran yg berat dapat mempengaruhi hormon estrogen & progesteron yang berdampak terhadap siklus menstruasi wanita.

  9. Pil Kontrasepsi
  10. Siklus menstruasi dapat terganggu sebab fasilitas pengontrol kehamilan. Sekian Banyak kategori pil kontrasepsi dosis rendah dapat menyebabkan haid tidak lancar. Menurut Alyssa, hal tersebut ialah efek dari mengkonsumsi pil KB. Fasilitas yang lain seperti IUD, spiral atau suntik KB pun bisa saja jadi penyebab haid tak rutin.

  11. Jamur atau Penyakit
  12. Dokter mengatakan jadwal mens yg berantakan dapat dikarenakan adanya penyakit seperti jamur. "Kalau contohnya dirinya seseorang olahragawan, fikiran stres, haidnya jarang, kalau ada penyakit bisa jadi lantaran adanya tumor.


Kami menyarankan pada para perempuan yg memiliki siklus menstruasi tak normal sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter kandungan. Rata Rata, permasalahannya dikarenakan hormon yang diberikan pil penyeimbang. Tapi jika ada hambatan penyakit, seringkali ditindaklanjuti dgn obat atau operasi. Anda bisa melakukan pemeriksaan di klinik Apollo.


Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730