1 2 3 4 5

Sakit Saat Buang Air Kecil

Mengapa sakit saat buang air kecil?

Resiko seseorang terkena sakit saat buang air kecil cukup tinggi sepanjanng hidupnya mencapai 50%, kebanyakan menurut survey perempuan lebih berisiko mengidap penyakit ini hingga berulang kali. Sakit saat buang air kecil sering didefinisikan sebagai infeksi saluran kemih (ISK) atau banyak diikenal lebih dimasyarakat umum anyang-anyangan

sms button simpati+62813-1518-6262

Definisi infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih atau ISK merupakan kondisi dimana ketika organ yang termasuk system kemih yaitu ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra mengalami suatu infeksi. Infeksi pada saluran kemih dapat terjadi pada siapa saja, akan tetapi lebih sering dialami oleh seorang wanita dikarenakan pada wanita saluran uretranya lebih pendek dari pada pria, maka wanita lebih rentan untuk mengalami infeksi saluran kemih. Yang mulanya berawal dari ginjal kotoran didalam darah disaring dan dikeluarkan dalam bentuk urine, kemudian urine dialirkan dari ginjal melalui saluran ureter menuju ketempat penampungan kandung kemih, setelah ditampung kemudian urinr dibuang dari dalam tubuh melalui uretra.

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan istilah yang menunjukan adanya keberadaan mikroorganisme dalam urine, berdasarkan gejalanya biasanya ISK dibagi menjadi dua yaitu ISK bagian atas dan bawah, ISK pada bagian bawah meliputi uretra dan kandung kemih(sistitis), biasanya pada kondidi ini mengalami gejala rasa selalu ingin buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urine menjadi lebih keruh, dan bau urine tidak seda. dan ISK bagian atas meliputi infeksi yang umumnya terjadi pada ureter dan ginjal, gejala kondisi ini meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam.

Penyebab infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E-coli, pada umumnya bakteri ini hidup pada saluran cerna dan diperkirakan bakteri ini masuk kedalam saluran uretra karena kurang baik melakukan pembersihan setelah buang air besar dan buang air kecil, misalnya kertas toilet yang digunakan membersihkan anus turut menyentuh organ kelaminnnya, maka bakteri e.coli akan masuk pada saluran kemih.

Dalam kasus ISK wanita lebih rentan untuk terkena penyakit ini karena jarak uretra dengan anus pada wanita lebih dekat dengan pintu uretra yang dekat dengan kandung kemih. Selain itu ISKjuga disebabkan oleh iritasi pada saat setelah berhubungan seksual dan akibat terganggunya kinerja pengosongan urine misal pada sumbatan saluran kemih akibat batu ginjal.


Berapa Biaya Pengobatan Erosi Serviks ? Konsultasi
Apakah Butuh Rawat Inap ? Konsultasi
Berapa Lamakah Waktu Penyembuhannya ? Konsultasi
Apakah Setelah Berobat Dapat Kambuh Lagi ? Konsultasi

Tanda gejala Infeksi saat buang air kecil

  • Memiliki hasrat yang berlebihan untuk buang air kecil.
  • Sering buang air kecil tetapi dengan volume yang sedikit.
  • Nyeri panggul jika terjadi pada wanita.
  • Nyeri pada daerah anus jika terjadi pada pria.
  • Rasa perih saat buang air kecil.
  • Urine lebih pekat, berbau menyegat dan kadang-kadang mengandung darah.
  • Sering merasa Lelah dan kurang sehat.
  • Demam

  • Komplikasi infeksi saluran kemih

    Jika anda mengalami infeksi saluran kemih (ISK) atau mulai merasakan gejalanya segera datang kepada dokter jangan dibarkan berlarut larut tanpa diobati karena ISK merupakan penyakit yang tegolong serius, karena dapat menimbulkan gangguan ginjal dan sepsis.

    Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730