1 2 3 4 5

Kutil Kelamin

Penularan dari penyakit ini terjadi melalui kontak virus melalui kulit dengan kulit ketika aktivitas seksual terjadi. Seseorang terserang penyakit ini apabila didalam aktivitas seksual tersebut salah satunya sudah terjangkit penyakit kutil kelamin ini.

Karena penyakit ini menular, maka penyakit ini sangat rentan menyerang siapa saja. Faktor-faktor yang menyebabkan penyakit tersebut adalah melakukan hubungan seksual tanpa pengaman, melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang tidak jelas riwayat seksualnya seperti apa, apakah dia suka gonta ganti pasangan atau tidak, dan juga sudah melakukan aktivitas seksual sejak usia remaja. Penularan dari penyakit kutil kelamin ini juga terjadi melalui sex toys yang sudah tertular virus kutil kelamin.

sms button simpati+62813-1518-6262

Apa Gejala Penyakit Kutil Kelamin?

Ukuran dari kutil kelamin ini sebagian besar berukuran kecil, oleh karena itu bentuk fisiknya tidak terlihat secara kasat mata. Orang-orang yang memiliki atau mengalami kondisi ini merasakan gatal-gatal pada bagian genitalnya. Ukuran-ukuran dari kutil ini tumbuh satu persatu, berdekatan letaknya, atau bisa juga membentuk kelompok sehingga bentuknya terlihat lebih besar. Kutil yang tumbuh pada bagian genital pria berada di bagian batang dan ujung penis, bagian anus, serta bagian kantung zakar.

Sedangkan kutil yang tumbuh pada bagian genital wanita berada di bagian dinding vagina, bagian leher rahim, bagian vulva, dan kulit yang berada diantara lubang vagina dan juga lubang anus. Tidak hanya itu, kutil kelamin dapat tumbuh dibagian lain selain bagian genital pria dan wanita yaitu pada bagian dalam tubuh seperti mulut atau tenggorokan. Hal ini terjadi ketika seseorang melakukan seks oral dengan penderita kutil kelamin. Walaupun kelihatannya berbahaya untuk kehamilan, namun bagi wanita penyakit kutil kelamin ini tidak menyebabkan kesuburan seseorang.

Bagaimana Cara Pengobatan Kutil Kelamin?

Untuk seorang dokter, cukup mudah untuk mengenali seorang pasien yang menderita penyakit kutil kelamin. Namun jika letak dari kutil tersebut berada di bagian yang sulit terjangkau dengan kasat mata seperti di bagian vagina, uretra, atau bahkan anus, ada beberapa alat khusus yang harus dipakai oleh dokter seperti spekulum dan juga proktoskop.

Selain dilihat secara kasat mata, dokter juga bisa melihat kutil kelamin melalui kaca pembesar. Pemeriksaan dengan menggunakan kaca pembesar tergantung pada lokasi dimana kutil tersebut tumbuh. Kalau tumbuhnya berada dibagian anus, maka dokter menggunakan alat proktoskop. Apabila kutil tumbuh dibagian dalam vagina, dokter menggunakan alat speculum. Tujuan dari penggunaan alat speculum adalah untuk melihat keadaan dinding vagina dan leher rahim dari pasien.


Berapa Biaya Pengobatan kutil Kelamin ? Konsultasi
Apakah Harus Perawatan Yang Khusus ? Konsultasi
Berapa Lama Waktu Penyembuhannya ? Konsultasi
Apakah Setelah Berobat Dapat Kambuh Lagi ? Konsultasi

Lalu bagaimana cara mengobati kutil kelamin? Ada dua jenis pengobatan yang berkaitan dengan penyakit kutil kelamin yaitu pengobatan topikal dan prosedur ablasi. Bagi yang memilih pengobatan topical, pengobatan ini dilakukan ketika bagian-bagian kutil dioleskan dengan menggunakan obat yang berbentuk cair seperti salep, krim, atau cairan obat yang mengandung zat tertentu pada kutil. Pengobatan topikal adalah pengobatan yang dilakukan kepada pasien yang menderita kutil kelamin ringan.

Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730