1 2 3 4 5

Gejala Sakit Panggul

Gejala sakit panggul biasanya tanda bahwa anda mengalami penyakit radang panggul atau juga disebut dengan PID. Penyakit ini merupakan suatu kondisi medis yamg ditandai dengan adanya infeksi bakteri pada organ genital wanita bagian atas meliputi rahim (kandungan), tuba falopii serta ovarium.

sms button simpati+62813-1518-6262

Pada sebagian kasus PID disebabkan oleh infeksi yang awalnya berasal dari vagina kemudian menyebar hingga ke rahim (uterus). Radan panggul atau pelvic inflammatory (PID) merupakan suatu infeksi yang menyebar hingga ke tuba fallopi, rahim, ovarium, leher rahim ataupun panggul perempuan. Penyakit PID ini adalah penyebab utama timbulnya infertilitas yang dapat dicegah, dan kasus ini sering ditemukan pada seseorang wanita yang aktif melakukan hubungan seksual.

Penyebab radang panggul

Penyebab dari radang panggul adalah infeksi menular seksual, bakteri pada penyakit menular seksul seperti klamidia dan gonore (kencing nanah) adalah suatu bakteri yang dapat meneybabkan leher rahim terinfeksi. Bakteri ini biasanya dapat menyebar dari vagina hingga ke organ kelamin bagian atas.

" Klinik Apollo bukan hanya mengobati penyakit yang diderita tetapi juga membunuh virus penyebab penyakit hingga ke akar-akarnya."

Tanda gejala terjadinya PID

  • Biasanya penyakit ini tidak begitu menunjukan gejala sehingga pada sebagian kasus sulit dikenali.
  • Gejala yang dialami dapat berupa sakit pada panggul.
  • Sakit pada perut bagian bawah.
  • Sakit saat buang air kecil.
  • Nyeri atau sakit saat buang air kecil.
  • Sakit pada saat berhubungan seksual.
  • Dapat pula terjadi demam, mual, dan muntah-muntah.
  • Keputihan berubah warna menjadi kuning atau hijau merupakan suatu pertanda terjadi infeksi pada organ reproduksi.
  • Periode menstruasi lebih lama dan terkadang terjadi perdarahan diantara menstruasi atau setelah berhubungan seksual.


  • Berapa Biaya Pengobatan Radang Panggul ? Konsultasi
    Apakah Butuh Rawat Inap ? Konsultasi
    Berapa Lamakah Waktu Penyembuhannya ? Konsultasi
    Apakah Setelah Berobat Dapat Kambuh Lagi ? Konsultasi

    Komplikasi yang ditimbulkan PID

  • Komplikasi yang ditimbulkan oleh PID biasanya sakit pinggul jangka panjang, munculnya abses dan berulangnya penyakit radang panggul pada penderita.
  • Dapat terjadinya infertilitas dan terjadinya kehamilan ektopik.
  • Radang panggul bisa kembali dan menginfeksi area yang sama dan membuat kondisi organ reproduksi lebih rentan terhadap bakteri, maka inilah penyabab mengapa pasien yang menderita radang panggul harus mengobati nya hiingga tuntas demi mengurangi resiko terjadinya infertilitas dan sakit panggul yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

  • Bagaimana cara mencegah radang panggul?

    Pencegahan radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) lebih mudah dilakukan bersama pasangan seperti saling mengetahui riwayat seksual, mengupdate informasi menular seksual terkini, dan pemeriksaan atau konsultasi dokter yang rutin

    Silahkan hubungi dan konsultasikan masalah penyakit yang anda derita, niscaya penyakit yang anda derita dapat sembuh bersama Klinik Apollo dalam waktu yang relative singkat.

    Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730