1 2 3 4 5

Cervistis

Pengertian Cervicitis (Endocervicitis) ialah radang dari selaput lender kanalis cervicalis.Karena epitel selaput lender canalis cervikalis hanya terdiri dari satu lapisan sel silindris maka lebih mudah terkena infeksi dibandingkan dengan selaput lendir vagina. Walaupun begitu canalis cervicalis terlindung dari infeksi oleh adanya lender yang kental yang merupakan barier terhadap kuman – kuman yang ada dalam vagina dan terjadinya cervicitis dipermudah oleh adanya robekan cervik terutama yang menimbulkan ectropion.

sms button simpati+62813-1518-6262

KLASIFIKASI

  • Cervicitis Akut
  • Cervicitis akuta dalam pengertian yang lazim ialah infeksi yang diawali di endoservik dan ditemukan pada gonorea dan pada infeksi post abortum atau post partum, yang disebabkan oleh streptococcus,stafilococcus dan lain - lain.

  • Cervicitis Kronika
  • Penyakit ini dijumpai pada sebagian besar wanita yang pernah melahirkan. Luka – luka kecil atau besar pada servik karena partus atau abortus memudahkan masuknya kuman - kuman kedalam endoservik dan kelenjar – kelenjarnya, lalu menyebabkan infeksi menahun.

    TANDA DAN GEJALA

  • Cervicitis Akut
  • Servik merah dan membengkak dengan mengeluarkan Fluor hebat biasanya kental atau purulent dan kadang bau. Akan tetapi gejala – gejala pada servik biasanya tidak seberapa tampak ditengah gejala – gejala lain dari infeksi yang bersangkutan.Pengobatan dilakukan dalam rangka pengobatan infeksi tersebut yakni penyakitnya bisa sembuh tanpa bekas atau menjadi servicitis kronika.


    Berapa Biaya Pengobatan Balanitis ? Konsultasi
    Apakah Harus Perawatan Yang Khusus ? Konsultasi
    Berapa Lama Waktu Penyembuhannya ? Konsultasi
    Apakah Setelah Berobat Dapat Kambuh Lagi ? Konsultasi

  • Cervicitis Kronika

  • Servik kelihatan normal : hanya pada pemeriksaan mikroskopis ditemukan infiltrasi leukosit dalam stroma endoservik. Servicitis ini tidak menimbulkan gejala kecuali pengeluaran skret yang agak putih kekuningan.

    Pada portio uteri disekitar ostium uteri eksternum tampak daerah kemerah – merahan yang tidak dipisahkan secara jelas dari epitel porsio disekitarnya, skret yang dikeluarkan terdiri atas mucus bercampur nanah.

    Sobekan pada servik uteri disini lebih luas dan mukosa endoservik lebih kelihatan dari luar (ektropion). Mukosa dalam keadaan demikian mudah terkena infeksi dari vagina, karena radang menahun, servik bisa menjadi hipertrofis dan mengeras, skret mukopurulent bertambah banyak.

    Kadang – kadang dapat dilihat bintik putih dalam daerah selaput lender yang merah karena infeksi. Bintik – bintik ini disebut Ovula Nabothii dan disebabkan oleh retensi kelenjar – kelenjar servik karena saluran keluarnya tertutup oleh pengisutan dari luka servik atau karena radang.

    Pada cervisitis kronika sering terdapat erosio pada permukaan porsio sekitar ostium uteri externum, Oleh kerena rangsangan luar maka epitel gepeng berlapis banyak dari portio mati dan diganti dengan epitel silindris canalis cervikalis.erosio ini nampak sebagai tempat yang merah menyala malahan dapat bergranulasi sehingga mudah berdarah dan menimbulkan perdarahan kontak atau Metrorrhagia.

    Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730