1 2 3 4 5

Phimosis

Phimosis merupakan suatu penyakit atau gangguan pada penis pria berupa penyempitan atau perlengketan kulup penis sehingga kepala penis tidak bisa terbuka sepenuhnya. Akibat dari phimosis ini akan dapat menyebabkan penumpukan smegma (kotoran hasil sekresi kelenjar kulup) di sekitar kepala penis. Penumpukan smegma tersebut akan mendukung penyebaran berbagai bakteri penyebab peradangan, dan bila tidak segera diatasi maka akan menyebabkan kanker penis. Jika phimosis tersebut menyebabkan kesulitan buang air kecil sehingga urin tertahan di saluran kencing (uretra), maka akan dapat menyebabkan terjadinya infeksi uretra.

sms button simpati+62813-1518-6262

Biasanya anak laki-laki yang baru lahir akan menderita phimosis fisiologis. Namun, biasanya akan menghilang sendiri ketika anak sudah berusia tiga tahun. Apabila di usia enam atau tujuh tahun phimosis masih ada sehingga menyebabkan masalah penis pada anak, maka dibutuhkan penanganan untuk mencegah hal yang lebih parah terjadi yaitu dengan melakukan sunat anak.

PENYEBAB PHIMOSIS

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab muncul atau timbulnya penyakit phimosis ini. Namun beberapa yang umum menjadi penyebab phimosis adalah:

  • Kegagalan kulup untuk melonggar selama proses pertumbuhan.
  • Infeksi seperti balinitis.
  • Cacat yang disebabkan oleh trauma.
  • Penyakit pada alat kelamin.

  • Infeksi pada penis yang terjadi kemungkinan timbul dari ketidakmampuan melakukan pembersihan yang efektif sehingga menyebabkan pembengkakan, kemerahan dan rasa sakit di daerah tersebut. Selain rasa nyeri dan sakit saat buang air kecil, phimosis ini juga sering disertai dengan gejala:

  • Bagian depan penis yang menggelembung.
  • Anak menangis saat buang air kecil karena timbul rasa sakit.
  • Urine yang keluar tidak lancar.
  • Kadang disertai dengan demam tinggi atau iritasi pada penis.

  • MENGOBATI PHIMOSIS

    Ada tiga cara untuk mengobati Phimosis, yaitu sebagai berikut:

    "Para dokter sepakat dengan menyarankan khitan anak sebagai solusi utama untuk menghilangkan masalah phimosis secara permanen. Rekomendasi ini diberikan terutama bila phimosis menimbulkan kesulitan buang air kecil atau peradangan di kepala penis (balanitis). Selain untuk mengatasi phimosis juga banyak manfaat lain yang didapat dari sunat".

    "Biasanya pemberian obat yang digunakan berupa salep untuk meningkatkan elastisitas kulup. Pemberian salep ini harus dilakukan secara teratur dalam jangka waktu tertentu agar diperoleh hasil yang efektif".

    "Proses peregangan dilakukan dengan mereggangkan secara bertahap kulup setelah mandi dengan menggunakan air hangat selama lima sampai sepuluh menit setiap hari. Peregangan ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari timbulnya luka".


    Berapa Biaya Pengobatan Phimosis ? Konsultasi
    Apakah Harus Perawatan Yang Khusus ? Konsultasi
    Berapa Lama Waktu Penyembuhannya ? Konsultasi
    Apakah Setelah Berobat Dapat Kambuh Lagi ? Konsultasi

    Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730