1 2 3 4 5

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih biasanya terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di dalam kandung kemih. Meskipun sistem kemih dirancang untuk mencegah penjajah seperti mikroskopis, pertahanan ini kadang-kadang gagal. Ketika itu terjadi, bakteri dapat berkembang dan tumbuh menjadi infeksi penuh di saluran kemih.

ISK yang paling umum terjadi pada wanita dan mempengaruhi kandung kemih dan uretra. Infeksi kandung kemih (sistitis). Jenis ISK biasanya disebabkan oleh Escherichia coli (E. coli), jenis bakteri yang biasa ditemukan di saluran pencernaan (GI). Namun, terkadang bakteri lain juga ikut serta bertanggung jawab. Hubungan seksual dapat menyebabkan sistitis, tetapi Anda tidak perlu menjadi aktif secara seksual untuk mengembangkannya. Semua wanita berisiko terinfeksi cystitis karena anatomi mereka. Khususnya jarak pendek dari uretra ke anus dan pembukaan uretra ke kandung kemih.

sms button simpati+62813-1518-6262


Infeksi pada uretra (uretritis). Jenis ISK dapat terjadi ketika bakteri GI menyebar dari anus ke uretra. Juga, karena uretra perempuan dekat dengan vagina, infeksi menular seksual, seperti herpes, gonorrhea, klamidia dan mycoplasma, dapat menyebabkan uretritis.

Infeksi saluran kemih yang sering terjadi pada wanita, dan banyak wanita mengalami lebih dari satu infeksi selama hidup mereka. Faktor risiko khusus untuk perempuan untuk UTI meliputi :

  • Perempuan anatomi. Seorang wanita memiliki uretra lebih pendek dari seorang pria, yang memperpendek jarak bakteri harus melakukan perjalanan untuk mencapai kandung kemih.

  • aktivitas seksual. wanita aktif secara seksual cenderung memiliki lebih UTI daripada wanita yang tidak aktif secara seksual. Memiliki pasangan seksual yang baru juga meningkatkan risiko Anda.

  • Beberapa jenis kontrol kelahiran. Wanita yang menggunakan diafragma untuk pengendalian kelahiran mungkin beresiko tinggi untuk terinfeksi, serta wanita yang menggunakan agen spermisida. Mati haid. Setelah menopause, penurunan estrogen menyebabkan perubahan pada saluran kemih yang membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.


    Berapa Biaya Pengobatan Infeksi Saluran Kemih ? Konsultasi
    Apakah Harus Perawatan Yang Khusus ? Konsultasi
    Berapa Lama Waktu Penyembuhannya ? Konsultasi
    Apakah Setelah Berobat Dapat Kambuh Lagi ? Konsultasi

    Faktor risiko lain :

  • kelainan saluran kemih. Bayi yang lahir dengan kelainan saluran kemih yang tidak memungkinkan urin untuk meninggalkan tubuh secara normal atau menyebabkan urine cadangan di uretra memiliki peningkatan risiko ISK.

  • Penyumbatan pada saluran kemih. Batu ginjal atau prostat dapat menyebabkan urine membesar di kandung kemih dan meningkatkan risiko ISK.

  • Sistem kekebalan tubuh tertekan. Diabetes dan penyakit lain yang merusak sistem kekebalan tubuh - pertahanan tubuh terhadap kuman dapat meningkatkan risiko ISK.

  • Penggunaan kateter. Orang yang tidak bisa buang air kecil sendiri dan menggunakan tabung (kateter) untuk buang air kecil memiliki peningkatan risiko ISK. Ini mungkin termasuk orang-orang yang dirawat di rumah sakit, orang dengan masalah neurologis yang membuatnya sulit untuk mengontrol kemampuan mereka untuk buang air kecil dan orang-orang yang lumpuh.

    Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730